Kue Wajik

www.erycorners.com
Ini hidangan Kue Wajik yang sudah siap untuk dimakan

Hallo, Guys, setelah sebelumnya saya menuliskan tentang resep kue klepon. Kali ini saya akan berbagi resep tentang Kue Wajik. Btw, sudah tahuku kue wajik itu apa?

Mungkin masih ada yang belum familier dengan Kue Wajik. Kalau di daerah saya, kue wajik bisa ditemukan di tempat orang yang sedang punya hajat, seperti Khitanan atau Pernikahan. Kue Wajik ini terkenal dengan makanan khas di daerah Jawa. Dan merupakan hidangan wajib di kala orang sedang  punya hajat. Kue Wajik ini bisa beraneka ragam rasa, tapi kali ini saya akan share sedikit resep kue wajik yang standard, yaitu rasa manis gula Jawa/Merah :).

Berikut merupakan resep sederhana pembuatan Kue Wajik, ala keluarga saya :

Bahan :
  1. Beras Ketan  1 kg
  2. Kelapa 1 buah
  3. Gula jawa/gula merah 1 kg
  4. Pandan wangi secukupnya

Cara Memasak :
Beras ketan yang telah dicuci bersih direndam selama 4 jam, kemudian ditiriskan. Kemudian dikukus sampai hampir matang (± ¾ matang). Kalau terlalu kering diciprati dengan air (agar tidak keras).

Kelapa diparut, dan parutan kelapanya dicampur dengan gula merah untuk direbus sampai setengah kental. Kemudian masukan pandan wangi dan diberi garam sangat sedikit. Kalau gulanya sudah mengental, kukusan beras ketan tadi dimasukan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Diaduk sampai ± 30 menit.

Catatan : pada saat memasak gula sampai mencampurkan kukusan beras ketannya apinya harus kecil.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)