Aktivitas di Hari Minggu : Praktek Membuat Kue Ondol

www.erycorners.com
Sumber : Google Image
Hari Minggu kemarin, 23 Juni 2013 bener-bener menjenuhkan untukku, bagaimana gak membosankan, biasanya kalau hari libur itu kan online seharian. Echh... kemarin malah koneksi bener-bener leled, lelednya melebihi koneksi siput -_-. Dah gitu di rumah sama-sama adik-adik, bapak kerja, mama arisan, dll. Mau makan dan tidur gak enak rasanya, ya udahlah, akhirnya dan adik-adik putuskan untuk memasak sebuah cemilan yang cukup enak dan bahannya murah meriah.

Akhirnya kemarin kita buat Ondol, nah..  pada penasaran kan? Ayo kita cek aja bahan-bahannya dan cara buatnya. ;)

 
Bahan :
  1. Singkong 1 kg
  2. Gula Jawa/merah ¼ kg
  3. Tepung terigu / tepung tapioka 1 ons
  4. Bumbu (Garam, Ketumbar, Bawang Putih) secukupnya
  5. Minyak Goreng sekucupnya
     
    Cara Membuat :
    Singkong diparut, setelah itu diperas dan airnya dibuang (karena air dari singkong terasa pait). Kemudian parutan singkong yg sudah diperas itu diberi tepung terigu atau tepung tapioka agar adonan tidak terlalu kering, setelah itu diberi bumbu yg telah dihaluskan (bumbu sedikit saja). Setelah adonan rata dengan bumbu, adonan tersebut dibuat bulat seperti bakso / sesuai selera dan di dalam adonan tersebut diberi gula merah. Kemudian digoreng dengan minyak yg sudah panas (digoreng dalam minyak yg dalam), agar adonan tersebut matang sampai ke dalam.
Nah, itulah cara singkat untuk membuat ondol, hampir mirip dengan kue klepon ya, isinya gula merah. hanya saja bahan dan cara pembuatannya berbeda.

Okay, terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Jangan lupa juga mampir di tulisan sebelumnya tentang kue wajik. Sampai jumpa.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)