Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengasah Otak dengan Bermain Catur

Mengasah Otak dengan Bermain Catur

Masih dalam menghadapi kejenuhan, eh bukan ding, saat ini sedang memasuki fase di mana untuk bernapas lega rasanya susah. Bukan karena suatu penyakit, tapi rentetan deadline yang sedang luar biasa. Alhamdulillah, setelah di Januari 24 seperti kehabisan ide dan semangat, di Februari 24 rezeki offline datang bertubi-tubi. Semoga di Maret 24 rezeki offline dan online makin lancar, ya. Teman-teman juga makin lancar rezekinya dan selalu sehat. Aamiin.

Kembali menjadi seorang yang gila kerja, mungkin efek dari nonton Drama My Boss yang bikin saya gagal move on. Di mana Qian Heng dan Cheng Yao menjadi karakter yang kuat dan memiliki integritas yang luar biasa. Haa, iya, mereka gila kerja. Uang, uang, dan uang adalah hal yang terus dipikirkannya. Dengan semangat itulah, saya berangsur membaik dari rasa yang entah dan bikin ingin menepi begitu.

Semangat kerja kembali menghampiri. Ya, meskipun pada akhirnya harus rela juga ketika kehilangan waktu untuk menulis di blog karena sedang fokus di kerjaan lain (alibi sih sebenernya). Padahal masih ada lho waktu senggang, tapi saya malah kembali hobi bermain catur.



Catur, Permainan Klasik yang Bisa Membuat Kita Lebih Kritis


Catur, Permainan Klasik yang membuat kita berpikir kritis

Permainan klasik yang tak pernah lekang oleh zaman adalah catur. Dimainkan oleh dua orang, masing-masing memiliki bidak catur yang terdiri dari raja, ratu, dua benteng, dua kuda, dua peluncur, dan delapan pion. Bidak catur hanya terdiri dua warna, biasanya hitam dan putih. Siapa yang menang apakah yang putih atau yang hitam? Itu tergantung pemainnya. Keduanya memiliki kesempatan untuk menang.

Papan catur terdiri dari 64 kotak yang bisa menjadi langkah untuk memenangkan permainan. Permainan catur ini bertujuan untuk membuat lawan ‘skakmat’ alias rajanya mati langkah. Bidak catur paling idola adalah ratu, dia bebas meluncur/diagonal, lurus, bergerak maju dan mundur. Hanya satu kelemahannya dia, tidak bisa melangkah seperti kuda atau membentuk huruf L. Bidak catur kuda memang unik sih, langkahnya membentuk huruf L dan suka mengecoh lawannya.

Sekilas permain catur itu tampak mudah, tinggal mainkan saja bidaknya. Nyatanya harus memiliki strategi agar permainan seru dan mudah mengalahkan lawan. Selain itu, jangan sampai terjebak sendiri. Sering kali kita fokus untuk mengalahkan lawan, tetapi lupa kalau raja kita juga sedang diserang. Ini sungguh berbahaya.

Karena permainan catur ini cukup menguras otak, tak heran dari game ini membuat pikiran kita semakin terbuka dan lebih jeli. Berikut merupakan manfaat game catur yang bisa kita rasakan.

1. Membuat Berpikir Lebih Kritis


Dalam game catur, seseorang harus mengamati segala bidak catur dari raja hingga pionnya. Memperhatikan papan catur, harus melangkah ke mana. Ini harus dipikirkan matang-matang biar bisa menang. Terkadang kita mesti memberi umpan pion kecil terlebih dahulu untuk mendapatkan target. Namun, jangan terlena juga, kalau pion habis kita juga bisa kalah. Jangan meremehkan peran pion yang meski kecil dan seolah tak berarti.

Tarik ulur bidak catur sudah biasa, adakalanya harus menyerang, adakalanya harus mundur untuk mengatur strategi, tapi jangan terlalu lama juga, bisa-bisa lawan sudah mengatur strategi dan membuat kita skakmat dulu.

Oleh karena itu, bermain catur bisa membuat pikiran kita lebih kritis, tajam, dan lebih luas dalam memperhatikan suatu masalah. Bisa memandang dari segala sudut pandang yang berbeda.

2. Melatih Konsentrasi dan Fokus


Siapa nih yang akhir-akhir ini kurang fokus? Selain dehidrasi, kurang fokus juga berasal dari kurangnya kita berkreasi dan belajar tentang hal-hal yang menantang. Bermain catur bisa menjadi salah satu ajang latihan untuk membuat kita lebih fokus dan konsentrasi. Permainan klasik ini memang semenarik ini sih.


3. Tentu Saja Bisa Mengurangi Stres


Ingat ya, permainan catur ini juga bisa menjadi hiburan lho. Jangan sampai kalau main catur malah kita yang pusing dan frustasi karena kalah terus. It’s okay, toh permainan catur ini tujuannya untuk have fun, kecuali dalam ajang pertandingan lomba ya, Guys, ya.

Di waktu senggang, bisa banget lho, bermain catur. Ketika sudah bosan dan jenuh melanda, tidak ada salahnya untuk refreshing sambil mengasah otak dengan bermain catur.


Untuk bermain catur saat ini juga sangatlah mudah, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Mau sendirian atau ada lawannya, kita bisa bermain. Karena saat ini sudah ada game catur online, salah satunya di Chess.com

Chess.com, Tempat Bermain Catur yang Menyenangkan


Chess.com, tempat bermain catur online
Chess.com, tempat menyenangkan untuk bermain catur

Awal mula mengenal website chess.com ini secara tak sengaja, jadi kala itu enggak tahu kenapa Google Chrome di komputer saya enggak bisa diakses, mungkin perlu diupdate, jadinya saya membuka Browser Opera. Eh, pas buka kok halaman yang muncul langsung Chess.com. Penasaran dong jadinya, ini permainan catur online.

Ternyata bermain di Chess.com itu sangat mudah caranya. Kita juga tidak perlu repot-repot untuk register. Bisa lho sebagai Guest, dan bermain dengan komputer. Meskipun pada kenyataannya saya juga sering kalah. Bisa dikatakan tingkat kemenangan saya hanya 3/10. It’s okay.

Nah, bagi teman-teman yang ingin bertanding head to head dengan teman online, perlu banget ya register. Jadi, dengan bertanding catur dengan lawan bisa untuk mengasah kemampuan kita. Tapi kalau seperti saya yang hanya untuk meredakan stres dan jenuh, cukup lawannya bot. Menang dari bot itu luar biasa lho. Hahahaha.

Di Chess.com, permainannya tidak hanya hanya menghadirkan game catur klasik, melainkan ada beberapa game puzzle catur. Ini seperti cepet-cepetan menaruh bidak catur yang tepat selama durasi waktu tertentu. Jujur saja, saya angkat tangan kalau game ini, belum cepat mainnya.

Kalau kita register di Chess.com, nantinya juga ada analisis permainan, bonus, dan bisa belajar tentang permainan catur di sini.

Nah, gimana nih, apakah teman-teman tertarik juga untuk bermain catur online seperti saya? Adakah tempat favorit selain di Chess.com? Share di kolom komentar, ya. Terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

29 comments for "Mengasah Otak dengan Bermain Catur"

  1. Melakukan hobi memang ampuh buat keluar dari rasa bosan. Terutama dari kerjaan ya kak.

    Kelihatannya asyik ya main catur. Butuh strategi agar bisa menangin permainan

    ReplyDelete
  2. Saya baru bis bermain catur di usia 22 tahun, Mbak. Padahal punya papan catur itu dari kecil. Hanya bisa main DAM. Apa ya nama Indonesianya.
    Sekarang saya main catur di laptop di sela waktu menulis. Bikin otak jadi fresh lagi.

    ReplyDelete
  3. bermain catur ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Tapi permainan catur ini suka bikin pusing. Karena harus berfikir dan mengatur strategi, Kalau mau main game saya sukanya game yang ringan aja. haha. Oh ternyata ada game catur online ya. Aku baru tau lo mba. makin gampang ya kalau mau main catur.

    ReplyDelete
  4. aku kurang suka sih main catur tapi suka nonton catur, kayak adu strategi antar pemain gitu, merasa mereka tuh pada jenius, udah tau langkah lawan, coba deh nonton queen gambit

    ReplyDelete
  5. catur tuh permainan yang keren menurutku. Cuma memang permainannya terlalu rumit. Cocok banget buat mengasah otak memang. Paling aku cuma asyik nontonnya doang. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Dulu pas masih kecil diajarin main catur sama Bapak. Sekarang cuma inget langkah-langkahnya aja, untuk taktik dah lupa sama sekali hehe

    ReplyDelete
  7. Dari dulu pengen bisa maen catur tapi ga kesampaian terus. Sempat belajar tapi jarang praktek, jadinya tumpul lagi dah ilmunya. Kalau di chess.com bisa kali ya belajar lagi dari dasar

    ReplyDelete
  8. Permainan asah otak ini memang menantang.. aku pertama kali belajar catur kayak main ludo wkkw. Tapi memang banyak manfaat yg didapatkan dr permainan catur

    ReplyDelete
  9. Saya gak bisa main catur. Kalau cara jalannya ya, dikit-dikit tau, seperti bidak kuda yang geraknya L atau bidak ratu yang geraknya lebih bebas. Tapi kalau strategi untuk bisa menangnya, gak ngerti hehehe

    ReplyDelete
  10. Biasanya bermain catur begini disukai oleh kaum adam nggak sih? Seringnya dilakukan saat berkumpul bersama tetangga atau keluarga. Sekarang ruanya bisa dilakukan juga bersama teman online lewat chess.com ya.

    ReplyDelete
  11. Sampai sekarang, saya tuh penasaran, cara main catur itu gimana. Soalnya ternyata ini permainan yang mengasah otak banget, ya. Juga mengandalkan strategi. Suka takjub sih sama yang mahir main catur ini.

    ReplyDelete
  12. Main catur memang bikin otak terasah dan seru banget, apalagi sekarang udah bisa main online di Chess.com. Bisa jadi alternatif buat ngilangin jenuh dan nambah skill juga 🚀♟️

    ReplyDelete
  13. Wah, main catur ini keren banget sii..
    Karena ga bisa ngasal juga yaa.. ada aturan yang harus diikuti untuk menjalankan masing-masing bidak. Dan main secara online di Chess.com, lebih kerasa tantagannya. Dimana biasanya kalau sistem ini rada beda levelnya yaa...

    Kalau di dunia nyata kan, kita semacam bisa melihat ciri khas dan kebiasaan bermain seseorang.

    ReplyDelete
  14. Permainan catur, satu-satunya permainan yang tidak saya kuasai. belum memaham betul masing-masing pionnya, Jadinya cuma lihat doang kalau ada yang main catur, meskipun dalam hati pengen banget nyobain. hiks

    ReplyDelete
  15. dulu saya juga suka bermain catur, pernah juga dapat juara pas waktu ada lomba di kantor. memang dengan bermain catur ini kita jadi lebih teliti, detail dan kritis pastinya dalam menyusun strategi agar menang, tapi sayang sudah lama tidak bermain catur lagi

    ReplyDelete
  16. Catur dikenal sebagai permainan olahraga yang mengasah otak ya mbak
    Asik banget sekarang bisa main catur di game online seperti ini

    ReplyDelete
  17. Main catur lewat online seru banget sih.
    Soalnya tuh strateginya kudu jitu, dan ya agak bikin puyeng kepala juga buat bisa menang hehe.

    ReplyDelete
  18. Aku juga lagi pengen menepi dulu nih kak rasanya lagi meleyot akhir-akhir ini, hehe. Aamiin semoga rezeki offline dan online lancar ya kak. Bermain catur bisa jadi pilihan bagi yg ingin mengembalikan fokusnya ya. Menarik banget sekarang bisa bermain catur secara online.Aku masih belum bisa nih main catur yang manual nggak paham😂 tapi aku tertarik sih liat yg online ini jadi pengen nyoba juga nih apalagi cukup dari browser aja yaa.

    ReplyDelete
  19. Wah bener sih, jujur aku baru belajar catur sekitar 5 tahun yang lalu dan habis itu langsung download game catur di HP. Bener2 bikin otak mikir setiap main hahaha

    ReplyDelete
  20. duuuuh maafkan saya kurang suka mai catur karena cape mikir, hahahaha. tapi emang catur bagus buat perkembangan otak anak, kebetulan anak pertama saya suka banget mai catur padahal saya gak pernah ngenalin atau ngajak. ooh rupanya diajak temannya. jadi kalau temannya main kerumah, selain main PS pasti main catur

    ReplyDelete
  21. duuuuh maafkan saya kurang suka mai catur karena cape mikir, hahahaha. tapi emang catur bagus buat perkembangan otak anak, kebetulan anak pertama saya suka banget mai catur padahal saya gak pernah ngenalin atau ngajak. ooh rupanya diajak temannya. jadi kalau temannya main kerumah, selain main PS pasti main catur

    ReplyDelete
  22. Aku pernah coba main catur pakai PC kayak gini waktu SMP, hahahah tapi udah lama banget sekarang kayaknya sudah lupa caranya, kalau tidak salah bisa otomatis ya kan mainnya.

    ReplyDelete
  23. Bener Mbak kayak Ngelihat orang catur tuh kayak yang gampang tapi pas nyobain Buset susah. Kalau saya sih ngerasanya main catur malah bikin saya tambah stres karena emang gak bisa main ya. Tapi jadi pengen nyobain main catur secara online di chessh.com sih

    ReplyDelete
  24. Bisa dicoba inih, secara saya sendiri belum pernah main catur. Eh sapa tau kan ya, yang tadinya belum bisa, jadi bisa.

    ReplyDelete
  25. Bener banget sih main catur tuh berasa kayak otak tuh terasa dan jadi bikin cepet mikir walopun kalah teruss main sama komputer ahhaha

    ReplyDelete
  26. seru sih main game catur di pc, tingkat kesulitannya serasa main dengan pemain catur pro. cuma ya gitu, kalo kalah terus ya bosen, hahaha tapi tetap juga menantang.

    ReplyDelete
  27. Manfaat bermain catur memang banyak banget ya. Terutama buat mengasah otak. Btw seru juga ya bermain catur secara online. Jadi lebih praktis juga sih karena gak harus punya alat caturnya.

    ReplyDelete
  28. Sampe sekarnag aku gabisa nih main catur, masih sulit memahami aturannya.. Tapi pernah nonton film tentang pemain catur dan ternyata main catur tuh seseru itu yaaa

    ReplyDelete
  29. dulu waktu masih SD kalau melihat orang bermain catur, aku mikir, gimana caranya
    pas udah gede, tetep aja nggak begitu pinter mainnya, perlu strategi dan memang perlu konsentrasi tinggi ya
    pantesan aku ga bisa-bisa, kalau main catur kayak separuh hati gitu

    ReplyDelete