Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 5 Penyebab Migrain Sebelah Kiri & Cara Mengatasinya, Catat!

Migrain sebelah kiri adalah gangguan medis yang ditandai rasa sakit di kepala. Namun, apa penyebab migrain sebelah kiri? Perlu diketahui, migrain sebelah kiri merupakan salah satu gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bahkan, gangguan ini bisa diikuti muntah-muntah hingga mati rasa pada wajah kalau tidak segera diatasi. Untuk mengatasinya, penderita sebaiknya mencari tahu apa penyebab migrain sebelah kiri. Dengan begitu, penyebabnya dapat dihindari dan gangguan akan lebih mudah diobati.

Agar mengetahui apa penyebab migrain sebelah kiri secara lengkap, yuk, simak terus tulisan ini sampai akhir.



Penyebab Migrain Sebelah Kiri


penyebab migrain sebelah kiri

Jadi, kenapa sering migrain sebelah kiri? Pada dasarnya, sakit kepala sebelah kiri disebabkan gaya hidup tidak sehat.

Adapun gaya hidup yang menjadi penyebab migrain sebelah kiri bisa ditelisik melalui konsumsi makanan dan minuman hingga kebiasaan tidur.

Selengkapnya, berikut ini adalah beberapa penyebab migrain sebelah kiri.

1. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Tertentu


Pertama, makanan atau minuman yang dikonsumsi dapat menjadi salah satu penyebab migrain sebelah kiri.

Nyatanya, konsumsi alkohol, kafein, keju, dan makanan olahan menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Sebab, makanan dan minuman tersebut biasanya mengandung pemanis buatan dan MSG.

Selain itu, alkohol bisa memicu pelebaran pembuluh darah sehingga sakit kepala dialami. Sementara itu, turunnya kadar kafein yang tiba-tiba dalam tubuh dapat menyebabkan migrain.

2. Sedang Stres


Stres juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Adapun stres merupakan gangguan yang bisa disebabkan pekerjaan menumpuk hingga masalah pribadi.


Kalau sedang stres, tubuh akan melepaskan bahan kimia untuk melawannya. Namun, bahan kimia ini menjadi salah satu pemicu migrain sebelah kiri.

3. Waktu Tidur Berubah


Waktu tidur yang berubah merupakan penyebab migrain sebelah kiri selanjutnya. Jika seseorang kurang atau terlalu banyak tidur, maka migrain sebelah kiri dapat diderita.

Pasalnya, tidur mampu memperbarui serta memperbaiki seluruh fungsi tubuh. Kalau waktu tidur berubah, fungsi otak bisa menurun sehingga lebih mungkin menderita migrain.


4. Rangsangan Sensorik


Penyebab sakit kepala sebelah kiri lainnya adalah rangsangan sensorik, mulai dari penglihatan, pendengaran, hingga penciuman. Perlu dipahami, cahaya dari TV, HP, dan senter hingga sinar matahari dapat menyebabkan migrain.


Selain itu, suara yang keras serta bau menyengat, seperti parfum dan asap rokok, dapat menjadi pemicu sakit kepala sebelah kiri lainnya.

5. Gangguan Medis Tertentu


Beberapa gangguan medis juga bisa menjadi penyebab migrain sebelah kiri. Pada umumnya, flu dan demam merupakan salah satu penyebab migrain.

Sebab, respons alerginya dapat memicu sumbatan pada sinus yang menimbulkan tekanan di kepala. Selain itu, gangguan pada saraf di bagian kiri kepala juga bisa menyebabkan migrain.

Cara Mengatasi Migrain Sebelah Kiri


Untuk mengatasi migrain sebelah kiri, ada beberapa pantangan serta tindakan yang bisa dijalankan. Berikut ini adalah cara mengatasi migrain sebelah kiri.

  • Mengonsumsi obat pereda nyeri.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan keju.
  • Merelaksasi pikiran dengan yoga.
  • Tidur sekitar 7–8 jam pada malam hari.
  • Kompres dingin atau hangat pada kepala.
  • Mandi air hangat.
  • Pijat kepala dengan Plossa untuk merelaksasikan otak dan menghilangkan migrain sebelah kiri. Adapun Plossa merupakan minyak aromatherapy multifungsi yang dapat digunakan sebagai alat pijat, roll on, kerok, dan inhaler.

Itulah beberapa penyebab migrain sebelah kiri. Untuk mengatasinya, ikuti saran-saran dan hindari pantangan yang ada di atas.

Kalau tidak kunjung hilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi migrain sebelah kiri!
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

19 comments for " 5 Penyebab Migrain Sebelah Kiri & Cara Mengatasinya, Catat!"

  1. mba makasi loh buat artikelnya, jadi paham gimana mengatasi migrain sebelah kiri setelah baca artikel ini

    ReplyDelete
  2. Mbaaa, kok kamu tahu banget sih, aku sering migrain sebelah kiri lho. betul banget, langkah langkah itu sering aku lakukan. terimakasih ya sudah sharing ^_^

    ReplyDelete
  3. Kalau aku biasanya minum Paracetamol lalu tidur
    Bangun alhamdulillah sudah baikan
    Cuma harus koordinasi sama suami dan anak supaya anak bungsuku yang batita ada yang jaga saat saya tidur

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak ya penyebab kita bisa kena migrain. Salah satunya tidur yang kurang dari 7-8 jam. Wowh apa kabar aku nih, si pengejar deadline hingga si paling ide keluar kalau suasana sunyi malam hari.

    ReplyDelete
  5. Ternyata ada banyak yang harus diwaspadai agar tidak memicu migrain.
    Aku kalau sedang migrain memang berasaaaa banget gak nyamannya. Biasanya malah aku minumin kopi. Ternyata justru itu juga bisa jadi pencetus yaa..

    Nuhun, ka Ery..
    Jadi perlu memerhatikan beberapa hal di atas agar bisa sehat selalu.

    ReplyDelete
  6. Wah iya kyknya beberapa kali mengalami mbak apalagi pas jam tidur kek kurang gitu, langsung pusing sebelah. Ternyata penyebabnya bisa macam2 yaa.
    Kalau aku krn yakin penyebabnya waktu bobo yang berantakan biasanya kupakai makan dan minum banyak trus bobo udah enakan.

    ReplyDelete
  7. Dulu pas aku SMP, aku sering sakit kepala mba, sakit kepala sebelah. Lupa sih sebelah mana. Aku waktu itu masuk siang, kayaknya perubahan jadwal gitu kali ya. Alhamdulillah saat dewasa nggak ada apa2. Tapi aku ingat dulu sering sakit kepala sebelah. Makasih ya sharingnya mba

    ReplyDelete
  8. molly kalo beberapa hari telat bobo, pasti langsung migrain dan vertigo. hahaa.. solusinya ya tidur berkualitas. kalo gak tahan juga, pakein plossa biar adem.

    ReplyDelete
  9. MIgrain itu yang pusingnya cuma sbelah ya Mbak? Kayaknya pernah dengar, lama-lama penderita migrain bisa beresiko kepada penyakit yang lebih serem. Ya Allah lindungilah kami semua..

    ReplyDelete
  10. Kayaknya pilihan sementara buat tidur tuh jadi rekomendasi juga nih kalau mengalami migren sebelah kiri. Apalagi saat stres. Harus lebih rileks juga

    ReplyDelete
  11. Kalo ngomongin migrain langsung inget ibu mertuaku mbk, kalo udah stres dan kecapekan langsung kumat sakit migrannya. Biasanya nggak bisa ngapa2in karena sakit banget katanya

    ReplyDelete
  12. Wah, lengkap banget ini informasinya Mak. Dulu saya pikir sakit kepala sebelah, baik kiri atau kanan penyebabnya sama saja dan namanya migren juga. Atau memanh sama yah?

    ReplyDelete
  13. Berusia jelita aku berteman dengan Plossa dengan minyak aromaterapi multifungsi yang ga cuma bantu merelaksasikan otak dan menghilangkan migrain sebelah kiri tapi juga alat pijat, roll on, kerok, dan inhaler.

    ReplyDelete
  14. Aku dulu sering migrain, tapi gak terlalu ngeh yang sebelah mana. Biasanya karena stres sih. Pertama dibuat tidur, pakai roll on atau minyak kayu putih. Kalau gak ilang, baru deh minum obat

    ReplyDelete
  15. Migrain sebelah kiri ini apa sama dengan vertigo ya mbak?
    Saya punya temen, sering banget ngeluh sakit kepala sebelah kalau sedang mikirin banyak kerjaan kantor.
    Ternyata keju pun bisa jadi pemicu migrain sebelah kiri ya, bukan cuma kafein sama alkohol saja. Noted!

    ReplyDelete
  16. Aku juga suka migrain sebelah doang nih, ternyata migrain bisa karena stress juga ya mak? Huhuhuhuhu

    ReplyDelete
  17. belum pernah migrain nih saya kayaknya pernahnya sakit kepala aja. jadi migrain apakah berbeda kalau sebelah kiri dengan sebela kanan penyebabnya?

    ReplyDelete
  18. Dulu punya temen kantor punya migran kambuhnya suka tiba2 katanya sampai pernah lagi di jalan naik motor harimus berhenti karena tiba-tiba migrennya kambuh.

    ReplyDelete
  19. Jadi beda2 antara migrain sebelah kiri dan kanan ya mba.... Lah aku seringnya di kanan 😅. Harus cari tahu lagi nih penyebabnya apa. Tapi kalo diperhatiin, biasanya krn kurang tidur sih. Atau terlalu capek. Kayak kemarin pas ngetrip di Belarus, dan Georgia, anginnya kenceeeng dan suhu minus. Itu tiap sampe apartemen, pasti kepala kanan sakiiit. Feeling kunya krn angin kuat, ditambah kurang istirahat.

    Cuma memang hrs dicek ke dokter kalo mau yakin 😁

    ReplyDelete