Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahlawan UMKM dan Sahabat Wong Cilik itu BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau yang sering kita kenal dengan nama BRI merupakan sahabat sejati bagi wong cilik. Loh kok bisa begitu? Bukankah nasabah BRI juga banyak orang-orang yang punya banyak uang? Ya, memang betul, tapi lihatlah secara nyata dan gamblang, BRI itu menelusuri pelosok negeri. Membantu pelaku usaha kecil mendapatkan modal dengan mudah. Seperti halnya bapak saya. Hehehe.

Sebagai anak yang orangtuanya memiliki usaha dan mendapatkan bantuan pinjaman dari BRI, tentu saja saya paham betul bagaimana bapak saya mendapatkan tambahan modal dari BRI. Syarat yang diajukan juga mudah dan tidak berbelit-belit. Karena dari pengalaman pribadi inilah saya bisa mengatakan bahwa BRI adalah pahlawan UMKM dan sahabat sejati wong cilik.



BRI Tak Segan Memberikan Pinjaman Kepada Pelaku UMKM


Pahlawan UMKM

Usaha bapak saya merupakan tukang kayu yang mana membuat perabot rumah dengan bahan dasar kayu, juga membuat kusen, jendela, dan kursi dari kayu. Kadang-kadang usahanya ramai, kadang sepi. Ya, namanya juga usaha, pasti ada naik turunnya. Yang membuat sering mengelus dada adalah ketika orderan lagi banyak, tapi modal tak cukup. Hal itu terjadi karena harga bahan baku kayu yang sudah melonjak tinggi.

Mencari suntikan dana dari keluarga juga tidak mungkin karena sama-sama usaha kecil yang sama-sama untuk menjalankan roda kehidupan. Akhirnya dengan berani bapak saya mengajukan pinjaman/kredit usaha rakyat ke BRI. Awalnya ragu sebab omzetnya tak menentu.

Setelah mendaftar ke BRI, kemudian disurvey/pengecekan data dan lainnya, Alhamdulillah, pinjaman itu cair juga. Sehingga bisa menambah modal usaha yang sedang dijalankan oleh bapak saya.

Selain mudah dan cepat proses pencairannya, meminjam dana ke BRI juga dimudahkan pada saat proses membayar angsuran. Pasalnya, kita tidak perlu repot-repot mengantri di teller bank, melainkan bisa dilakukan dari BRILink yang ada di desa masing-masing.

Di desa saya, Cipaku, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah, sedikitnya ada 4 agen BRILink yang aktif. Mereka bisa melayani pembayaran angsuran, tarik tunai, menabung, dan lain sebagainya. Bahkan bantuan dari pemerintah juga tak sedikit yang mengambil dana dari BRILink.

Itulah mengapa saya menyebutkan bahwa BRI merupakan sahabat sejati wong cilik. Tak pernah pandang bulu dalam melayani masyarakat. Bahkan, sebagian besar nasabah BRI adalah orang-orang di desa sebagai pelaku UMKM.

Tak heran ya, kalau BRI menjadi bank terbaik di Indonesia, bahkan menempati posisi ke 109 peringkat dunia pada 1000 Top World Bank Tahun 2023.

Peranan Penting BRILink


Agen BRILink di mana saja

Untuk menjangkau dan memudahkan setiap nasabah, BRILink hadir di tengah-tengah masyarakat. Setiap orang yang memiliki rekening BRI dan terdapat saldo 3 juta rupiah sebagai jaminan, sudah bisa mendaftarkan diri sebagai Agen BRILink ke kantor cabang BRI terdekat.

BRILink merupakan kerja sama antara BRI dengan nasabah yang menjadi agennya untuk melakukan pelayanan kepada semua nasabah BRI di mana saja. Pelayanan perbankan ini dilakukan tanpa harus ke kantor BRI, melainkan transaksi bisa dilakukan dengan mesin EDC (mini ATM), dan juga bisa melalui aplikasi aplikasi BRILink mobile.

Dampak adanya BRILink ini semakin menunjang perekonomian masyarakat dan perputaran uang juga makin cepat.

Berikut manfaat adanya BRILink dari sudut pandang saya.

1. Memudahkan Transaksi Perbankan


Tak perlu jauh-jauh ke BRI kantor cabang, cukup beberapa langkah juga bisa ke BRILink. Transaksi perbankan dari setor tunai, penarikan uang, pembayaran angsuran pinjaman, pengisian uang elektronik, dan lainnya, bisa dilakukan.

Hal ini sangat disukai oleh masyarakat desa yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari di ladang, pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. Dengan begini, BRILink mendapatkan tempat tersendiri di hati nasabah BRI.

2. Bisa Melakukan Pembayaran Berbagai Macam Tagihan


Saat ini, tiap Agen BRILink harus menginstall aplikasi BRILink mobile. Pada aplikasi ini, bisa melayani nasabah untuk melakukan pembayaran-pembayaran tagihan seperti BPJS, PLN, Top Up dompet digital, pembelian tiket kereta api, dan lain sebagainya.

3. Layanan ke Nasabah Tak Mengenal Hari dan Jam Kerja


Ini yang paling disenangi oleh para nasabah BRI. Karena ketika ke kantor BRI terdekat pasti dibatasi jam layanan dari 8 pagi hingga jam kerja tutup selama 5 hari dalam seminggu. Akan tetapi, di BRILink tidak begitu, bisa kapan saja datang (tapi jangan datang di malam hari saat Agen BRILink istirahat). Harinya pun tak dibatasi, dari Senin hingga Minggu nasabah bisa datang.

Dengan semua itu, wajar dan sangat pantas bahwa BRI menjadi pahlawan UMKM yang tak pernah menyerah.

Lalu, apakah BRI hanya cocok untuk kalangan orang-orang yang di desa? Tentu saja tidak, BRI merupakan bank yang bisa menjadi wadah semua orang, kalangan dan golongan, bahkan termasuk Gen-Z sekalipun. Baik itu di pelosok negeri maupun di tengah-tengah kota. Karena BRI untuk Indonesia, tidak pilah-pilih siapa yang akan dilayani.

Digitalisasi BRI untuk Para Gen-Z


Aplikasi BRIMO

Nah, buat para Gen-Z atau anak zaman now yang suka sesuatu dengan instan, cepat, tidak ribet, dan akurat, tenang saja, selain aplikasi BRILink Mobile, juga terdapat BRImo.

BRImo merupakan aplikasi mobile banking BRI yang bisa diakses menggunakan jaringan internet. Di dalamnya terdapat berbagai fitur yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan tanpa perlu datang ke bank.

Aplikasi BRImo ini juga bisa untuk pembukaan rekening baru tanpa kartu. Registrasinya sangat mudah, hanya dengan menginstall aplikasi BRImo, kemudian isi data-data diri yang diperlukan, jangan lupa untuk membuat username, password dan PIN yang unik, serta ganti PIN secara berkala.

Selain pembukaan rekening tanpa kartu, di BRImo juga bisa membuka tabungan Simpedes Bisa. Caranya pun sama, isi data-data yang diperlukan. Setelah diverifikasi nantinya kartu ATM akan dikirim ke alamat yang terdaftar.

Dengan konsep Digitalisasi BRI, bisa menyasar ke semua elemen. Bahkan Gen-Z pun akan dimudahkan layanan dari BRI.

Penutup


BRI memang pantas mendapatkan penghargaan menjadi bank terbaik di Indonesia. Karena pelayanannya yang luar biasa baik, juga turut serta mengembangkan para UMKM di seluruh wilayah Indonesia.

Kemajuan teknologinya pun semakin canggih, hal ini dibuktikan adanya digitalisasi BRI yang kian baik dan maju. Selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman, agar layanan selalu optimal.

Tak ayal, BRI untuk Indonesia semakin maju. Menopang perekonomian rakyat, dan menjadi pahlawan UMKM. Semoga manfaat BRI semakin banyak dirasakan oleh mereka yang sedang berjuang merintis usaha. Aamiin.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

14 comments for "Pahlawan UMKM dan Sahabat Wong Cilik itu BRI"

  1. memang membantu sekali bener bener membantu pokoke membantu membantu mbantu mbantu banget bangeten sampe

    ReplyDelete
  2. Waaah, Alhamdulillah yaa, peranan BRI yang menyenangkan dan membantu banget langsung dari pengalaman Ayahnya sendiri yaa. Suntikan dana dari BRI buat usaha yang ga pake ribet bener2 pahlawan UMKM.
    Btw, aku suka sama BRILink, dimana-mana ada sampe ke pelosok, temenku yg menjadi agen BRILink ini juga banyak keuntungan banget.

    ReplyDelete
  3. Mamah aku masih pakai BRI, aamiin smoga makin maju baik segi keuntungan maupun pelayanannya dan memajukan perekonomian rakyat kecil ya mba. .

    ReplyDelete
  4. Kehadiran BRI di berbagai pelosok desa di Indonesia memberikan kebahagiaan tersendiri bagi rakyat, ya sesuai namanya :) Banyak agen BRI tersebar di mana-mana. Kini aplikasi BRImo juga sudah banyak digunakan oleh nasabahnya. UMKM pun terbantu dengan pinjaman dari BRI. Begitu pula pembayaran cicilannya bisa online dengan BRI link.

    ReplyDelete
  5. Emang pantas jika BRI dijuluki sebagai pahlawan UMKM ya mbak
    Track record BRI selama 128 tahun sudah membuktikan, banyak program untuk membantu umkm

    ReplyDelete
  6. Indonesia sebesar ini, masih banyak masyarakatnya yang tidak bankable alias belum terjamah produk bank. BRI ini nih yang aku salut karena cabangnya sampai ke kota kecil hingga desa. Urusan menabung, kirim uang, atau bayar listrik kan jadi mudah.

    ReplyDelete
  7. Dari dulu dan dari namanya aja BRI itu udah identik dengan banknya rakyat... Keren nih ada agen BRILink yang bisa memudahkan semua nasabah BRI...

    ReplyDelete
  8. Padahal sebenarnya kantor unit BRI tuh ada di tiap kecamatan ya, tapi keberadaan BRILink ini makin memudahkan aja, apalagi di saru desa bisa ada beberapa agen BRILink

    ReplyDelete
  9. Masku juga ngajuin pinjaman ke BRI buat usahanya. Ngerasa lebih terjamin sih kalau ke bank. Bunganya juga flat. Terus kantor cabangnya tersedia di desa-desa. Ini sih yang paling penting

    ReplyDelete
  10. Alhamudlillah baca ini bersyukur pinjaman yang diajukan ayah bisa terkabul ya mba. Jadi punya kesempatan juga mengembangkan usahanya. Moga usahanya makin laris ya mba. Ayah juga sehat dan aktif berkarya. Salut dengan BRI

    ReplyDelete
  11. Merasakan sekali bahwa BRI adalah Bank yang dekat dengan segala kalangan.
    Kalau dulu BRI dekat dengan para lansia untuk menerima uang pensiun, kini mulai menyentuh sektor UMKM yang dekat dengan anak muda. Salut dengan BRI dan program-programnya.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah ya sekarang UMKM di Indonesia bisa berkembang, apalagi sekarang dengan program yang dimiliki BRI ini ya mak.

    ReplyDelete
  13. Setuju, pelayanan BRI luar biasa baik, peran sertanya dalam mengembangkan UMKM di wilayah Indonesia juga jempolan. Orang tua saya juga nasabah BRI dan mendapat bantuan dari BRI

    ReplyDelete
  14. Dari dulu ya BRI ini konsisten meraih UMKM dalam pembantu modal usahanya, aku dulu suka lihat di pasar-pasar para UMKM direngkuh BRI untuk maju bersama

    ReplyDelete