Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia, 5 Cara Memilih Pinjol yang Tepat Agar Tak Tersesat

Mau memulai usaha tapi kekurangan modal? Ada hal yang harus dibayarkan tapi tabungan belum cukup? Atau ada keperluan mendesak? Jika jawabannya iya, pinjaman online (pinjol) bisa jadi sebuah solusi.

Saat ini sangat banyak penyedia jasa pinjol yang terdaftar resmi di OJK. Lalu bagaimana cara memilih jasa pinjol yang tepat untuk mengatasi masalah keuangan?

Hati-hati dengan Pinjaman Online Ilegal


Hati-hati dengan Pinjaman Online Ilegal

Banyaknya jumlah penyedia jasa pinjaman online sayangnya diiringi dengan sejumlah penipuan dan penyedia jasa pinjol secara ilegal. Salah-salah memilih pinjol, data pribadi dan keselamatan kita bisa jadi taruhan.

Bunga serta denda keterlambatan pembayaran yang ditetapkan pinjaman online ilegal juga biasanya tinggi. Debt collector yang menagih juga tidak jarang menggunakan kata-kasar, pelecehan, hingga kekerasan untuk menagih uang pinjaman.

Beberapa ciri-ciri yang sering ditemukan pada pinjaman online ilegal

  1. Menawarkan pinjaman lewat SMS
  2. Tidak memiliki izin resmi
  3. Alamat kantor berpindah-pindah
  4. Informasi pinjaman tidak jelas
  5. Tidak ada layanan pengaduan
  6. Proses pinjaman sangat mudah, biasanya hanya membutuhkan data diri dan rekening


Jika kamu menemukan hal tersebut pada penyedia pinjaman online yang akan kamu ajukan, sebaiknya cepat-cepat ganti haluan dan pinjam ke tempat lain yang terpercaya!

Tips Memilih Penyedia Pinjol yang tepat


1. Terdaftar OJK


Yang pertama dan paling utama, kamu harus memastikan bahwa penyedia pinjol tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Meski keadaannya sudah mendesak, kamu tetap harus memperhatikan dan mencari tahu secara dalam soal penyedia pinjol.

Terdaftarnya penyedia pinjol di OJK secara langsung memperlihatkan kualitas perusahaan tersebut.

2. Informasi Perusahaan dan Pinjaman yang Ditawarkan


Selain terdaftar di OJK, kamu juga harus memastikan mengetahui soal informasi mengenai layanan pengaduan serta layanan pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut

Cari tahu apakah pinjaman yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan saat itu.

3. Transparan Mengenai Biaya dan Bunga


Pastikan perusahaan pinjol memberikan transparansi biaya dan bunga yang ditetapkan. Adanya transparansi menjamin sangat penting untuk mencegah terjadinnya penipuan.

Selain itu, besaran suku bunga yang ditetapkan juga harus menjadi pertimbangan saat meminjam. Alih-alih untung atau masalah terselesaikan, kamu bisa saja boncos.

Usahakan cari pinjol yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang wajar dan sesuai dengan proses pengajuan serta tenor yang diberikan.


4. Bandingkan Pinjaman Online


Ada baiknya kamu membandingkan beberapa penyedia jasa pinjaman online ketika akan meminjam uang.

Lihatlah review dari orang-orang yang pernah meminjang uang di perusahaan tersebut. Bandingkan pula besaran bunga yang ditetapkan serta jangka waktu tenor yang diberikan.

Dengan begini kamu dapat mengetahui mana yang memiliki penawaran paling menguntungkan.

5. Perhatikan syarat dan ketentuan peminjaman


Biasakan untuk melihat secara teliti seluruh persyaratan yang diberikan perusahaan untuk peminjam.

Walaupun biasanya syarat dan ketentuan memiliki bacaan yang banyak dan sangat panjang, syarat dan ketentuan sangat penting untuk dibaca. Kamu juga dapat mengetahui hak serta kewajiban yang kamu dapatkan

Dengan membaca seluruh syarat dan ketentuan yang dituliskan, kamu bisa mengetahui poin-poin yang memberatkan dan terhindar dari kesalahpahaman yang dapat merugikan kamu.

Pinjaman Online mudah lewat CekAja.com


Melalui CekAja.com, kamu dapat dengan mudah melihat pinjaman online yang sesuai dengan kebutuhanmu! Sebelum meminjam, kamu dapat melihat simulasi pinjaman dengan Kalkulator KTA.

Kamu juga dapat membandingkan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Selain itu, perusahaan mitra CekAja.com tentunya sudah terdaftar dan diawasi OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Penutup


Akhir kata, mari kita sama-sama teliti sebelum mengujkan pinjaman online.  Kalau memang harus melakukannya, salah satu pilihan yang tepat ialah melalui CekAja.com yang transparan dan tentunya sudah terdaftar di OJK.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Ini Dia, 5 Cara Memilih Pinjol yang Tepat Agar Tak Tersesat"