Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Kehamilan di Trimester Kedua

Sebelumnya saya pernah menceritakan awal kehamilan yang tak terduga. Setelah beberapa drama terlewati dan tetap aktif, menginjak kehamilan trimester kedua, Alhamdulillah merasa baik-baik saja. Mungkin yang terasa badan mulai mudah lelah, capek dan ditambah lagi suka megap-megap untuk bernapas kalau terlalu capek. Mungkin pekerjaan saya juga yang pas lagi banyak-banyaknya, karena waktu itu jelang akhir tahun 2019. Ya, sama seperti sekarang ini, kalau sudah memasuki bulan Oktober - Desember, selalu disibukan dengan budget and costing tahunan.


Namun, di fase kehamilan trimester kedua ini memang sesuatu yang menyenangkan, meskipun perubahan badan jelas terlihat.

Perubahan Badan di Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan di trimester kedua

Nampaknya apa yang saya alami juga umum terjadi pada wanit hamil lainnya. Mengalami perubahan bentuk badan yang kentara dan menyiratkan benar-benar seorang wanita yang sedang hamil.

1. Perut Makin Besar dan Bulat

Sudah pasti, orang hamil perutnya makin membesar, makin jelas kentara kalau saya sedang hamil saat itu.

2. Dada Mulai Terasa Sesak

Yo, bukan hanya perut, dada juga mulai terasa sesak karena breast juga mulai mengalami perubahan.

3. Stretch Mark Hadir di Sekitar Perut

Kaget juga nih, karena sebelumnya tidak ada hal-hal aneh di sekitar perut. Saat hamil muncul stretch mark, untungnya gak begitu banyak. Untuk mengurangi stretch mark tersebut, saya menggunakan Mama's Choice Stretch Mark Cream. Meski tidak langsung hilang, setidaknya bisa menyamarkannya.


Beruntung banget saya di trimester kedua ini tidak ada hal-hal aneh atau lainnya. Bahkan napsu makan saya sudah membaik. Yang sebelumnya enggak suka telur di awal kehamilan, di trimester kedua sudah doyan makan telur lagi.


Okay, itu cerita tentang kehamilan saya di trimester kedua. Alhamdulillah bisa melewatinya dengan lancar walaupun digempur terus dengan anggaran tahunan yang harus sudah siap di awal Desember 2019 kala itu.

Buat teman-teman yang sedang hamil, tetap semangat, ya. Jangan lupa makan makanan yang bergizi, dan cek kandungan ke fasilitas kesehatan pilihannya. Sehat selalu.

Terima kasih. :)
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

14 comments for "Cerita Kehamilan di Trimester Kedua"

  1. Kemarin sempet ngikutin dengan intens bagaimana perubahan kondisi tubuh pada istri ketika hamil. Dan yang paling kentara adalah stretch mark yang muncul di bagian samping perut. Menarik banget artikelnya, Makasih.

    ReplyDelete
  2. kisah yang menarik dan salah satu bentuk support untuk para ibu muda juga. barangkali selain perubahan bentuk tubuh juga harus dijaga kesehatan mental pada saat mengandung ya kak.

    ReplyDelete
  3. Semoga sesat terus ya mba. Waktu hamil anak kedua di trimester 2 juga saya rasakan udah mulai sesak. Saya msh ngajar waktu itu bawaannya ngantuuuk tp tetap harus kerja

    ReplyDelete
  4. Wah aku jadi de javu pas kena gerd di kehamilan anak kedua. Sesaknya beda, lebih wow huhu. Semoga sehat terus ya kak, dan segalanya dilancarkan aamiin ;)

    ReplyDelete
  5. Dulu pas saya hamil, perut kelihatan membesar di trimester kedua juga kak. Awalnya enggak kelihatan dan banyak yang ragu kalau saya lagi isi, hehe. Mulai di trisemester ini juga mulai rada bingung kalau tidur, enggak bisa telentang sesuka hati.

    ReplyDelete
  6. Wah, selamat mba atas kehamilannya. Semoga selalu sehat, mengingat sekarang masih suasana pandemi covid, dan lancar hingga persalinan, aamiin.

    ReplyDelete
  7. Jadi keingat kakakku yang sekarang jga hamil yang kurang lebih juga sama seperti mba... Dan nantinya kalau aku berumah tangga jadi lebih tau seperti apa drama kehamilan itu, pastinya dinikmati dan akan terlewati juga ya mba...

    ReplyDelete
  8. Semoga kehamilannya lancar hingga tiba saat melahirkan. Sehat-sehat selalu untuk bunda dan dek bayinya. Mbak mengalami ngidam aneh-aneh, nggak? Sebenarnya ngidam itu bisa dikendalikan gak ya?

    ReplyDelete
  9. Perubahan itu pasti ada ya mbak, tapi alhamdulillah napsu makannya sudah membaik. Sehat-sehat terus sampai lahiran ya mbak

    ReplyDelete
  10. Dada terasa semakin sesak itu maksudnya sesak nafas, atau karena terjadi pembesaran area dada ya mba?

    ReplyDelete
  11. kehamilan di trimester kedua emang gak seberat pertama ya, tapi emang jadi lebih sesak dan mulai deh susah gerak, hehehe. aku jadi inget masa-masah hamil kedua anak-anakku, hehe

    ReplyDelete
  12. semangat menjalani masa kehamilan Mba, semoga kandungannya sehat-sehat selalu yaa.. gak sabar dengerin ceritanya di Trisemester berikutnya..

    ReplyDelete
  13. Alhamdulilah sejauh ini baik baik aja ya mbak, kondisi badan juga nggak rewel juga
    sehat-sehat terus debay nya dan mba ery

    ReplyDelete
  14. saat meamsuki trimester kedua biasanya aku baru bisa makan dan parah sih pas kehamilan kedua serius baru masuk bulan ke 5 aku bisa makan nasi ..

    tapi emang seneng karena si janin sudah gerak2 ya . aku doain yang lagi hamil sehat2 ya

    ReplyDelete