Memberikan ASI Ekslusif Bagi Ibu Pekerja Ialah Tantangan Tersendiri

www.erycorners.com

Kelahiran buah hati bagi saya ialah hal yang paling ditunggu-tunggu. Karena saya hamil setelah usia pernikahan dua tahun. Kebahagiaan tak terkira saat itu ketika saya melakukan test pack dan hasilnya dua garis. Tak pikir panjang saya langsung ke bidan terdekat untuk mengontrol kandungan yang ternyata sudah enam minggu. Dan selanjutnya saya kontrol kehamilan sebulan sekali baik di bidan maupun di rumah sakit untuk USG.


Alhamdulillah pada akhir Maret 2020, buah hati kami lahir. Memang lebih cepat dari perkiraan, karena kalau menurut hari perkiraan lahir itu tanggal belasan April 2020. Tapi, tidak apa-apa, yang penting bayi dan saya sehat. Bahagia yang tak terhingga, kami dikaruniai bayi laki-laki yang kami beri nama Emir.


Selanjutnya berproses dan belajar terus untuk menjadi seorang ibu yang bahagia. Selama dua bulan saya bisa memberikan yang terbaik untuk anak saya, karena saat itu belum terpikirkan cuti saya segera berakhir. Tetapi memasuki usia anak ke tiga bulan, saya mulai bingung, ini anak nantinya bagaimana? Selama saya kerja ASInya nanti bagaimana? Maukah dia minum melalui dot? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mulai muncul terus sampai kurang dua minggu saya masuk kerja. 


Drama baru dimulai. Saya melatih Emir untuk meminum ASI yang sudah diperah menggunakan dot. Tapi dia tidak mau, mungkin belum terbiasa dengan dot. Saya sampai googling dan tanya ke beberapa teman tips agar anak mau minum menggunakan dot, tapi semua itu tidak berhasil. Sampai-sampai saya beli beberapa dot dengan type yang berbeda-beda. Perlahan akhirnya Emir mau meminum ASI melalui dot. Rasanya lega tapi saya merasa bersalah juga padanya.


www.erycorners.com

Iya, ini adalah kesalahan saya yang tidak melatihnya menggunakan dot dari usia 0 atau 1 bulan. Saya terlena memberikan ASI secara langsung, padahal usia 3 bulan saya harus kembali masuk kerja.


Ketika mulai masuk kerja saya bersyukur, karena di perusahaan tempat saya bekerja, saya bisa memerah ASI. Waktu yang diberikan juga cukup, karena 2 x 30 menit. Yaitu 30 menit antara jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Dan 30 menit kedua antara jam 1 siang sampai 4 sore. Sehingga dalam sehari saya bisa menghasilkan ASI Perah sebanyak 300 - 400 ml. Untuk kebutuhan Emir di hari berikutnya. Dan kalau saya lagi enggak ngantuk, malam hari saya juga melanjutkan untuk memerah lagi. Semua itu saya lakukan agar Emir bisa minum ASI Ekslusif selama enam bulan.


Makanan yang tepat untuk bayi usia 0 - 6 bulan memang ASI. Sebisa mungkin saya sebagai seorang ibu yang bekerja di luar rumah, berusaha sepenuhnya agar ASI cukup dan bayinya sehat. Memang tidak mudah untuk memenuhi pemberian ASI dengan dot. Terlebih yang mengurus bayi ketika saya bekerja ialah mama saya, yang mana belum terbiasa dan paham akan pemberian ASI perah melalui dot. Jelang masuk kerja saya dengan mama sampai berdebat panjang tentang ASI perah. Alhamdulillah, mama saya mau berusaha untuk membantu saya memberikan ASI perah. Karena dukungan dari keluarga merupakan faktor terpenting juga dalam pemberian ASI Ekslusif bagi buah hati.


Kenapa saya repot-repot harus memerah ASI? Karena ASI sendiri merupakan nutrisi yang paling baik untuk bayi bayi sampai usia 6 bulan. Dan agar hasil memerahnya banyak, sekaligus ASI berkualitas bagus, tentunya saya juga mengkonsumi makanan yang bernutrisi tinggi.


www.erycorners.com

Dan berikut merupakan tips agar lancar menyusui meskipun bekerja di luar rumah:


1. Mengonsumsi makanan yang bisa membantu memperlancar ASI

Makan makanan yang mampu memperlancar ASI, seperti: daun katuk, daun singkong, daun bayam dan wortel. Tak lupa juga mengonsumsi protein hewani maupun nabati. Semua itu agar nutrisi yang terkandung dalam ASI bagus untuk tumbah kembang bayi, karena setiap tetes ASI itu penting dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk buah hati.


2. Banyak minum air putih atau jus

Dengan rajin mengonsumsi air putih juga bisa membantu untuk memperlancar produksi ASI. Bisa minum jus buah atau sayuran untuk meningkatkan produksi ASI.


3. Rutin memberikan ASI atau memompanya

Agar produksi ASI lancar, tentunya kita juga harus rajin memberikan ASI selama 2 atau 3 jam sekali. Dan bagi working mom seperti saya, bisa dengan cara rajin memompa ASI di waktu yang telah ditentukan, atau pas jam istirahat.


4. Jangan stress

Ini adalah kendala bagi kita. Mau makan makanan pelancar ASI sebanyak apapun, ketika pikiran kita stress tentunya produksi ASI juga akan terpengaruh. Sudah saatnya memang perlu memanage pikiran agar tidak stress meski kalau di kantor itu seperti terus menerus diburu kerjaan. Usahakan kita happy.


5. Mengonsumsi suplemen pelancar ASI

Kalau memang perlu, kita bisa mengonsumsi suplemen untuk memperlancar ASI. Tapi, perlu diingat, suplemen yang kita konsumsi juga bukan hanya untuk memperlancar ASI saja, tetapi merupakan suplemen dengan kandungan lengkap yang membuat ASI Bernutrisi. Sepertinya halnya Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang cocok diminum oleh ibu hamil dan menyusui.


www.erycorners.com

Review Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold


Memiliki ASI lancar ketika menyusui ialah hal terindah seorang ibu yang sedang menyusui. Untuk itu perlu dipersiapkan sejak masa kehamilan asupan nutrisinya. Selain mengonsumi makanan yang bergizi juga perlu meminum tambahan suplemen yang tepat dan terpercaya. Nah, saya sendiri saat ini minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang merupakan produk andalan dari Kalbe Blackmores Nutrition yang cocok untuk diminum oleh ibu hamil dan menyusui.


Kandungan lengkap dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold terdapat 17 Nutrisi Esensial yang penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu yang menyusui.


www.erycorners.com

Apa saja isi dari 17 Nutrisi Esensial? Yuk, simak di bawah ini:


1. Tinggi Asam Folat

Bagi ibu hamil dan menyusui tentunya memerlukan asam folat yang tinggi agar tidak terkena anemia, sehingga kondisi badan tetap sehat dan fit.


2. Tinggi Kalsium

Kalsium merupakan kebutuhan yang penting bagi bayi karena diperlukan untuk membantu pertumbahan tulang dan gigi, serta untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.


3. Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit.


4. Omega 3/DHA

Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.


5. Vitamin dan Mineral Lainnya

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold juga mengandung vitamin dan mineral lainnya yang tentunya dibutuhkan oleh ibu menyusui.


Dengan kandungan 17 Nutrisi Esensial tersebut, diharapkan bisa bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati.


www.erycorners.com

Dan sebagai bentuk wujud pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold turut mendukung World Breastfeeding Week yang jatuh pada bulan Agustus. dan sudah bekerja sama dengan Bumi Sehat Foundation. Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation ini sudah berjalan sejak tahun 2017 untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui dengan cara membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold di setiap tahunnya di klinik Bumi Sehat. Yang nantinya dibagikan kepada ibu hamil dan menyusui. Dan saat ini Klinik Bumi Sehat sudah tersebar di tiga kota, yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.


www.erycorners.com

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa menjadi teman kehamilan yang tepat, karena memiliki seorang buah hati harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, serta bagus untuk ibu menyusui agar ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Untuk mendapatkan produk ini juga cukup mudah, tersedia di berbagai E-Commerce, seperti: Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.


Untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses https://www.blackmores.co.id/mom-and-baby/ atau langsung ke akun instagram @blackmoresid .


Jadi, mari berbahagia karena saat ini sudah ada suplemen untuk ibu hamil dan menyusui. Sehingga kekhawatiran kita tentang tumbuh kembang anak bisa berkurang.


Dan terima kasih sudah berkunjung di tulisan ini, semoga bermanfaat khususnya bagi ibu hamil dan yang sedang menyusui seperti saya.

38 comments

  1. senangnya ya mbak kalau tempat kerja mendukung ibu menyusui, jadi bisa secara maksimal memberikan ASI untuk anak sampai batas usia yang ditentukan. nah agar ASI berkualitas dan ibu tetep sehat, nutrisi juga harus diperhatikan nih, termasuk salah satunya bisa didukung dengan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bersyukur banget di tempatku bekerja ada waktu untuk memerah ASI. Jadi bisa buat nambah-nambah stock ASIP di rumah. Iya, untungnya juga sekarang ada Blackmores, jadi nutrisi ASInya tercukupi.

      Delete
  2. Wah penantian yang cukup lama juga, 2 tahun baru punya buah hati. Congratulations ya. Selain kandungan nutrisi yang perlu diperhatikan, ASI juga butuh perhatian khusus, untung ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding, semua jadi terbantu

    ReplyDelete
  3. Melihat kandungan yg ada di dlm produk Blackmores, tentu kualitasnya sangat bagus ya, untuk menunjang kualitas ASI. Aniway, semoga buah hatinya sehat selalu

    ReplyDelete
  4. ini penting banget, apalagi untuk ibu muda yang baru melahirkan pertama, sangat penting memaksimalkan ASI, karena asi tak lancar. mantap infonya kak

    ReplyDelete
  5. Melahirkan dan menyusui adalah momen-momen bahagia bagi seorang Ibu ya, Mbak. Apalagi sampai bisa memberikan ASI Ekslusif, itu luar biasa sekali. Dan agar Asi semakin bernutrisi, perlu skeali dibantu dengan meminum supleme blackmores.

    ReplyDelete
  6. Aku ingat dulu istri pas lahiran anak pertama lewat operasi caesar, sempat dua hari terpaksa minum sufor. Syukurlah kemudian ASI lancar dan si sulung mau menyusu. Kalau dulu masih sulit cari bahan booster ASI. Paling daun katuk, beli sampe banyak hehe. Sekarang enak ada Blackmores ya, isinya tuh loh lengkap banget. Terutama ada asam folat dan Omega 3, ga ribet buat teman busui. Semoga sehat selalu ya bayi dan ibunya, Mbak.

    ReplyDelete
  7. Semangaaattt para busui!
    Memang perjuangan banget untuk bisa meng-ASI-hi buah hati ya
    Apalagi buat emak2 yg meniti karir
    Semogaaaa ALLAH mudahkan ya

    ReplyDelete
  8. Blackmores ya kak.nnto aku rekomen Din buat org kantor yg baru masuk.kerja pasca melahirkan ah.

    Warbiasa deh ibuk2 yang masih beraktivitas diluar rumah ini..sehat2 ya mbak dan debaynyaa

    ReplyDelete
  9. Thanks to Blackmores, membantu banget para busui yang berikan ASI ekslusif.
    Semangat ASI ekslusif ya mbak 🤗

    ReplyDelete
  10. Selalu salut sama ibu bekerja yang tetap semangat menyusui...
    Didukung blackmores juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga waktu menyusui minum blackmores, supaya ASInya lebih bernutrisi :)

      Delete
  11. Wah si dedek kaya aku nih lahirnya. Diperkirakan April, bulan Maret udah lahir. Senangnya sekarang udah ada blackmores ya.. jadi semakin terbantu untuk memenuhi ASI eksklusif.

    ReplyDelete
  12. wow ada produk keren ini cocok buat ibu yg menyusui apalagi sangat di anjurkan memilliki produk Blackmores

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat suplemen saya waktu hamil anak kedua dan masih menyusui anak pertama ya blackmores ini. Yang pasti kandungannya bagus ya Mbak untuk bumil dan busui.

    ReplyDelete
  14. Buat Ibu Pekerja kalau mau ngasih ASI eksklusif memang kudu lewati banyak tantangan ya. Mulai dari merah dan lainnya. Makanya butuh suplemen biar ASI lancar

    ReplyDelete
  15. Hubungan mengaASIhi kerap dimulai dengan drama. Alhamdulillah ya ada cara untuk terus memberikan ASI, plus Blackmores menjadi suplemen.

    ReplyDelete
  16. Tosss
    Saya juga pakai Blackmores
    ASInya lancar dan anak tumbuh dengan baik pastinya.

    ReplyDelete
  17. Kita saking bahagianya punya bayi pertama kali ingin agar sibuah hati selalu menyusu dengan kita. Kalau kasih susu dengan dot ada rasa bersalah. Tapi ketika harus masuk kerja kita dihadapkan pada kenyataan ya Mbak, anak terpaksa ditinggal di rumah. Untung ada pompa ASI dan dengan bantuan tambahan nutrisi air susu jadi banyak. Anak pun puas sekalipun ditinggal ibu bekerja :)

    ReplyDelete
  18. Dengan semangat tinggi, manajemen yang baik, serta asupan yang cukup gizi akan bisa berhasil juga, ya.

    ReplyDelete
  19. Aku setuju banget ini sama judulnya karena dulu akupun ibu bekerja dan aku keras kepala banget mengharuskan anakku full ASI. Sempat mikir juga sih apakah aku sanggup tapi alhamdulillah Allah kasih kemudahan.

    ReplyDelete
  20. Wah, alhamdulillah yaa, setelah 2 tahun menanti, maret tahun ini berarti yaa. Kbayang deh rasa bahagia menyelimuti.
    Ditambah lagi menyusui ekskusif yang didukung oleh Blackmores, makin happy iniii. Suplemen buat Busui.

    ReplyDelete
  21. wah inspiratif banget mbak kisahnya perjuagan menyusuinya. memang tak mudah menyusui ya mbak, apalagi sambil bekerja. Alhamdulillah lancar ya mbak

    ReplyDelete
  22. Semoga lulus sampai ASI 2 tahun ya Mbak. Ah aku jadi ingat perjuangan memerah ASI sampe berdarah-darah dulu itu. Btw aku juga pakai nih Blackmores, bikin ASI tambah ngacir ya

    ReplyDelete
  23. Untuk bumil dan busui emang penting banget suplemen kayak gini. Bisa menambah imunitas dan vitamin di dalamnya bikin sehat juga. Tantangan semua ibu ya mbak masalah ASI ini. Asli baru tau produk Blackmores ini, senang taunya karena bisa membantu Ibu-ibu dalam berjuang untuk mengASIhi.

    ReplyDelete
  24. Dulu waktu anak pertama sy jg gitu mba. Susah dikasih dot. Namanya bingung puting. Akhirnya sy kasih sendok atau cup feeder aja tiap ninggalin. Heu. Black mores ini suplemennya udah gak diragukan lg ya mba

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah Blackmore saya sudah habis. Tinggal beli lagi karena masih dalam kondisi hamil dan selanjutnya melahirkan juga menyusui. Sepertinya harus didampingi oleh blackmore hingga nanti selesai memberikan ASI eksklusif.

    ReplyDelete
  26. Selamat mba... semoga proses nga_ASI nya lancar hingga akhir... dengan dukungan nutrisi yang cukup semoga sehat selalu ibu dan dedek bayinya ya Mba...

    ReplyDelete
  27. emiiiirrrr, sehat sehat terus ya naaaak.. Blackmores emang multivitin yang oke banget untuk bumil dan busui yaaaa.. Semangat terus mengASIhinya ya maaaaak

    ReplyDelete
  28. Memang memberi asi merupakan tantangan utk ibu pekerja ya mbak? Butuh semangat dan tekad kuat utk terus menyusui si kecil. Apalagi bagian pumping di kantor, kdng gak mudah, beruntung ya diperbolehkan dan dipermudah pumping di kantor :D

    ReplyDelete
  29. Selamat atas kelahirannya yaa, kak..
    Semoga bisa terus mengASIhi dengan bahagia dan sukses ditemani Blackmores yang luar biasa kandungannya sangat cocok untuk bumil dan busui.

    ReplyDelete
  30. Suplemen ini penting banget ya mba untuk bumil dan busui. Demi bayi juga.

    Btw aku jd ingat temenku yg kerja kantoran jg lupa ga ajarin pake dot, akhirnya anaknya bisa minum asip pake sendok dan sippy cup. Walau awalnya tumpah2 sih.

    ReplyDelete
  31. Selamat dan semangat mengASIhi ya mbak. Untung udah ada suplemen yang bagus untuk ibu menyusui. Kalau jaman aku menyusui dulu nggak familiar ama suplemen gini, jadi hanya bergantung pada asupan makanan.

    ReplyDelete
  32. Suka takjub sama ibu bekerja tapi masih bisa care sama anak dengan ASI. Karena di sini kebanyakan langsung dikasih sufor

    ReplyDelete
  33. Salut banget sama perusahaan yang bisa kasih keringanan memerah ASI untuk ibu menyusui. Lumayan ya mbk waktunya, 30 menit. Selain makan makanan yang bergizi, ibu menyusui juga harus konsumsi suplemen vitamin seperti Blackmores

    ReplyDelete
  34. Bagi ibu bekerja, memberi asi eksklusif adalah tantangan tersendiri. Untungnya sekarang banyak kantor yang menyediakan ruang laktasi ya. Jadi kita bisa memerah ASI dengan mudah dan nyaman. Apalagi didukung suplemen yang berkualitas. Semoga lancar ya mb, proses memberi ASInya ..

    ReplyDelete
  35. Blackmores ini membantu memenuhi nutrisi saya waktu nyusuin adik twins.
    Selain itu bikin badan jadi fit, ngga gampang sakit.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)