5 Hal Unik yang Bisa Kita Temukan di Pasar Lodra Jaya

by - 1:27:00 PM

www.erycorners.com
Hallo, Februari 2019. Semangat menulis terus ya. Dan kali ini saya akan melanjutkan kisah perjalanan untuk mengexplore Banjarnegara, Jawa Tengah.

Banjarnegara saat ini memiliki salah satu destinasi yang ngehits di dunia maya. Sebuah destinasi yang kekinian namun dengan konsep dan latar belakang yang dibuat zaman dulu banget. Terus, tempat wisata ini cuma dibuka setiap hari Minggu. Nah loh? Tempat wisata dibuka hanya hari Minggu saja?

Penasaran, kan?

www.erycorners.com
Banyak pengunjung yang datang, ramai abis.

Destinasi terseut merupakan Destinasi Digital Pasar Lodra Jaya presented by GenPI (Generasi Pesona Indonesia) Banjarnegara dan Pokdarwis setempat. Lokasinya terletak di Desa Winong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara.

www.erycorners.com
Tampak jelas pasar tempo dulu.

Ke Pasar Lodra Jaya saya sudah tiga kali berkunjung. Pertama ketika Soft Launching, saya yang memang masih tergabung di GenPI Purbalingga mendapat undangan untuk menghadiri acara tersebut. Saya datang berdua dengan Mba Neli, salah satu GenPI Jateng yang selalu minggat untuk liburan ke mana-mana. Hehehe.

Kemudian yang kedua saya datang dalam acara Famtrip Blogger dan Media Explore Banjarnegara. Kami datang ke sini ketika Grand Launching yang dihadiri oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Kan pas banget gitu, banyak Blogger dan Media yang juga hadir.


Dan yang ketiga, baru-baru kemarin saya datang hanya berdua dengan suami. Iya, rencananya sama Mba Neli lagi, tapi Mba Neli lagi sibuk di Jombong, Jawa Timur, huhuhuhu. Jadi ya sudah, saya pergi berdua saja.

www.erycorners.com
Okay, action deh.. hehee

Mungkin di dalam benak teman-teman bertanya-tanya ya? Kenapa saya sampai tiga kali berkunjung ke Pasar Lodra Jaya. Alasannya banyak buat saya berkunjung ke sana, kalau dekat, bisa jadi saya setiap Minggu menyempatkan waktu ke sana.

Karena di sana banyak sesuatu yang unik dan langka. Apalagi yang sudah terbiasa hidup bergaya modern, sungguh akan menemukan hal yang menarik di Pasar Lodra Jaya.

Hal yang bisa ditemukan di Pasar Lodra Jaya :

1. Pasar Ala Zaman Dulu
www.erycorners.com
Salah satu gazebo untuk berjualan

Salah satu hal terunik ialah karena pasarnya berbentuk pasar di era tahun-tahun lampau. Meskipun bernama 'Pasar Digital', bukan berarti pasarnya menjual aneka gadget atau smarthpone, melainkan pasar yang mengusung tradisisonal dan kearifan lokal. Disebut sebagai pasar digital karena trend pasar yang terkenal dan booming di dunia digital seperti media sosial Instagram, Twitter maupun Facebook.


2. Banyaka Makanan Khas Tempo Dulu
www.erycorners.com
Tempat minum terbuat dari bambu

Jujur saja, saya suka sekali ketika di sini bisa berwisata kuliner yang enak, unik dan tentunya khas. Di sini ada Cimplung, ada Soto Gobyos, Sate, Sega Jengkol, Es Dawet khas Banjarnegara dan aneka jajan pasar tradisional lainnya. Dan juaranya bagi saya tentu Sega Jengkol berpadu dengan Buntil Goreng. Sedap mantap.

www.erycorners.com
Soto Gobyos with ceker.. sedaaap.

www.erycorners.com
Sega Jengkol, enak pisan.

3. Menggunakan Ketip Sebagai Nilai Tukar/Pembelian
www.erycorners.com
Penukaran ketip.

Bagi pengunjung yang datang ke Pasar Lodra Jaya, sebelum membeli beraneka macam makanan/lainnya, kita wajib menukarkan uang terlebih dulu. Mata uang yang digunakna di sini ialah 'Ketip'. Terbuat dari kayu dan bercapkan 'Lodra Jaya', salah satu tokoh Pahlawan yang dulu berjasa bersama Pangeran Diponegoro.

www.erycorners.com
Ketip lama.


Tempat menukarkan uang menjadi ketip terdapat di bagian kiri setelah pintu masuk pasar. Di sini ada petugasnya yang melayani penukaran uang. Oh ya, 1 (satu) ketip nilainya sama dengan Rp 2.500,00. Setelah mendapatkan ketip, mari kita belanja dan makan. Hehehe.

www.erycorners.com
Ketip baru.

Oh ya, for your information juga nih, kalau kita sudah menukarkan uang menjadi ketip, kemudian ketip kita masih tersisa, bisa ditukarkan kembali menjadi uang loh. Dan ketipnya mau dibawa pulang sebagai kenang-kenangan juga boleh.

4. Ada Permainan Zaman Dulu
Anak zaman sekarang pahamnya sama gadget gitu ya, jarang yang bisa bermain Egrang dan permainan lainnya dari tempo dulu. Nah, kalau berkunjung ke Pasar Lodra Jaya. Kita juga bisa menjajal permainan Egrang. Yang mana kita butuh keseimbangan biar bisa berjalan dan tidak jatuh.

Kamu bisa?

5. Mengangkat Tema Kearifan Lokal
Sudah jelas ya, dari tempatnya yang di kebun, gazebo yang terbuat dari bambu/kayu, tempat makan dan minum juga terbuat dari batok kelapa/bambu serta daun pisang. Tentunya pasar ini merupakan pasar yang sangat menjujung kearifan lokal daerah setempat. Selain itu, Hari Minggu, 03 Februari 2019 juga menggelar lomba meluksi keramik. Sehingga para pengunjung yang masih anak-anak bisa mengikutinya.

Asyik banget, kan?

Itu dia 5 hal yang bisa kita temukan ketika datang ke Pasar Lodra Jaya. Dijamin tidak menyesal, malah bikin ketagihan. Saya sendiri sudah 3 kali berkunjung, masih ingin lagi dan lagi.

Bagi yang belum berkunjung, bisa nih, Minggu, 10 Februari 2019 datang ke Pasar Lodra Jaya di Winong, Banjarnegara.

You May Also Like

28 comments

  1. Mbak Ery asli mana? Aku asli Kesesi Pekalongan. Pengen banget sih ke Lodra Jaya. Tp blm kesampaian sampe skrg. Setiap hari minggu ngikutin postingannya Idah Ceris jadi mupeng banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Purbalingga, Mbak.. Ayo main ke Pasar Lodra Jaya.. Kali aja saya pas bisa main ke situ juga hehe

      Delete
  2. pasar kayak begini makin banyak dan memang seru yaaa mba. Itu cekernya asli manteeeep bangeeet

    ReplyDelete
  3. Soto gobyos-nya bikin ngiler...

    ReplyDelete
  4. Ini pernah diliput TV ya mba!? Kayanya pernah liat di TV pasar jaman dulu ...unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, waktu itu pas saya datang juga lihat beberapa wartawan yang datang juga.

      Delete
  5. Jadi ingin berkunjung ke sana deh

    ReplyDelete
  6. kayane enak temen lik ... nek kang SMK BAWANG kae arah ngendi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari SMK 2 Bawang (jejer Polsek Bawang) ke arah selatan. Masuk pertigaan, lurus terus ke arah Winong. Nanti ada plang, ikuti.. Lurus dan sampai.

      Delete
  7. Mba Ery ini pasarnya kok asyik bgt. Dan model kayak foodcourt ya. Nuker uang gituu hihii.. bisa main egrang..
    Sega jengkol duh duh.. kok bikin mauuu ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Bisa dibilang foodcourt jaman dulu tapi ngehits sekarang hahaha

      Delete
  8. Seru ya ke Pasar Lodra Jaya ini tempatnya unik dan bisa belanja makanan tempo dulu. Sego jengkol enak juga Mbk, di rumah juga sama menunya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe sego jengkol memang favorit bagi sebagian besar orang-orang..

      Delete
  9. Wah, pasar wisata ini mah.Cakep, banyak yang unik dan sangat tradisional.Bisa mengangkat tradisi lokal. Jadi pengin euy. Tapi jauhnya ya,harus ke Banjarnegara dulu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. Ke Banjarnegara sambil liburan, hehee..

      Karena keunikannya jadi di sini ramai terus.

      Delete
  10. wah seru pasar ala jaman dulu. berasa lagi syuting tutur tinular ya (ketahuan umurnya :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya, jadi ingat tutur tinular.. Wah jangan-jangan kita seumuran hehehe

      Delete
  11. Pasar yg bikin ketagihan datang ini...asik kuliner plus produk daerah

    ReplyDelete
  12. Seneng deh ketemu pasar kayak gini ya mbak. Berasa kembali ke masa ke cil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, meskipun udah jaman teknologi, tapi tetep ada pasar unik begini.

      Delete
  13. Di jawa timur nasi nyebutnya sego kalau di jawa tengah bisa sega yah

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of