Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Inovatif

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentu saja Anda harus pintar mengelola keuangan di rumah. Namun apa jadinya jika penghasilan suami tidak bisa mencukup kebutuhan rumah tangga Anda? Tentu disaat seperti inil seorang ibu rumah tangga harus mencari pekerjaan sampingan ibu rumah tangga. Karena pekerjaan sampingan ini tentu saja bisa membantu suami Anda untuk menafkahi keluarga Anda. Bahkan bagi Anda yang tidak punya kegiatan bisa terbantu mengisi waktu luang dengan adanya pekerjaan sampingan ini. Apa saja pekerjaan yang bisa seorang ibu rumah tangga lakukan? Berikut ini kami berikan daftar beberapa pekerjaan sampingan yang mudah, tidak banyak modal, terbaru, dan paling inovatif.

Daftar Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga 2018

1. Membuka jasa katering
Seorang ibu rumah tangga pasti bisa memasak. Nah, gunakan kemampuan Anda untuk membuka jasa katering. Anda bisa membuka jasa katering konvensional yang fokus pada kelezatan makanan atau jasa katering inovatif dimana Anda bukan hanya menjual makanan dengan rasa yang enak, namun juga dengan menu yang unik dan kekinian serta tampilan yang menarik. Saat ini sudah cukup banyak jasa katering yang berjualan makanan dengan inovasi yang berbeda-beda. Sambal matah, geprek, dan mozzarella masih populer hingga sekarang. Jika di tempat Anda belum ada jasa katering tersebut, maka Anda bisa membuka jasa katering dengan ketiga menu tersebut. Anda juga bisa menjual menu katering masakan Jepang. Dengan menu yang unik, lucu, dan kreatif, maka pasti Anda akan mendapatkan konsumen untuk mencicipi makanan Anda.

2. Menjadi ojek online
Siapa bilang bahwa ojek online hanya laki-laki saja? Perempuan pun juga bisa. Menjadi ojek online adalah pekerjaan sampingan ibu rumah tangga terbaru yang bisa Anda pilih. Anda bisa melakukannya setelah Anda mengantar anak Anda ke sekolah atau setelah Anda selesai beres-beres rumah. Ojek online wanita ini masih terus dicari-cari oleh sesama wanita karena mereka akan merasa lebih aman untuk naik ojek online jika driver-nya adalah wanita. Anda bisa mendaftarkan diri ke pihak ojek online yang tersedia di tempat Anda. Modal yang harus Anda butuhkan tentu saja adalah smartphone dan juga kendaraan bermotor. Lalu jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada konsumen. Ojek online sering memberikan Anda bonus, lho.

3. Membuka order jahitan

Jika Anda pintar menjahit, mengapa Anda tidak buka order jahitan saja? Banyak ibu rumah tangga yang menjadikan menjahit sebagai hobi untuk mengisi waktu luang mereka. Jadi, skill Anda akan sangat mubadzir jika tidak dimanfaatkan. Pastikan Anda mempunyai mesin jahit juga jika ingin menjadi tukang jahit. Sebaiknya mulailah mempromosikan jasa menjahit Anda ke para tetangga ataupun teman. Anda juga bisa mempromosikan usaha Anda leawat media sosial pula. Dengan lebih banyak promosi, maka bisnis Anda akan berkembang pesat. Apalagi pada saat tahun ajaran baru order jahitan justru bisa membludak karena banyak yang membutuhkan jasa penjahit untuk menjahit seragam baru.

4. Membuka jasa laundry
Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya adalah membuka jasa laundry. Jika rumah Anda dekat dengan daerah kampus atau perkantoran, maka sebaiknya Anda manfaatkan mesin cuci di rumah Anda untuk membuka jasa laundry. Jasa ini pasti akan selalu dicari oleh banyak orang yang sibuk sehingga tidak sempat mencuci. Anda juga bisa menawarkan jasa laundry Anda kepada tetangga.


Itu dia 4 pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang inovatif. 

9 comments

  1. Menjalani pekerjaan sampingan sesuai hobi pasti menyenangkan ya mba.

    ReplyDelete
  2. pengen banget buka jaitan tapi udah lama banget ga ngejait mb Er hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata Mba Herva bisa jahit tooh.. Kereen.. Sekarang sibuk ya, enggak sempet lagi megang mesin jahitan

      Delete
  3. Kalau istri paman gua buka usaha kue gitu, Alhamdulillah lumayanlah buat bantu-bantu suami hehe

    ReplyDelete
  4. Duh kapan nih aku jd ibu rumah tangga? Hahaha
    Kl aku sih lebih milih buka jasa katering mbak

    ReplyDelete
  5. Kok tidak ada yang sesuai dengan kemampuan saya ya, hehehe. Tetapi kalau harus memilih, saya pilih ojek online aja deh biar bisa jalan-jalan, eh...

    ReplyDelete
  6. Melakukan kegiatan yg menghasilkan uang di samping peran sbg IRT, nggak melulu ttg uang, tapi juga bisa untuk menyalurkan hobi dan siapa tau biar ga bosan dg rutinitas rumah-tangga. Catering by order juga bisa menjadi pilihan.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)