Dari Desa di Purbalingga untuk Pesonamu Jawa Tengah

by - 12:51:00 PM

Purbalingga, masih adakah yang belum mengenalnya? Seperti apa sih Purbalingga? Entah bagaimana, Purbalingga belum setenar kota lainnya. Tapi saya masih memaklumi, karena letak geografis Purbalingga sedikit rumit seperti kisah hidup saya. #Ehh

Dari pandangan mata saya, Purbalingga belum terkenal karena jarak yang harus ditempuh, terlebih tidak stasiun di Purbalingga. Sehingga, menjadikan pelancong yang suka naik kereta api kesulitan untuk menujunya. Tetapi, di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, harusnya sudah mudah untuk mengakses jalan menuju Kota Perwira.

Lalu, setelah sampai di Purbalingga, mau ngapain? Ngabisin mendoan saja?

Tentu tidak dong, karena sesungguhnya Purbalingga menyimpan banyak 'senjata' wisata yang mampu mendobrak pasaran. Jadi, tidak hanya terkenal dengan mendoan yang khas saja. Atau terkenal dengan produk bulumata palsunya yang sudah merambah ke berbagai wilayah di belahan dunia ini. Atau, produk knalpotnya yang sangat mentereng, bahkan mobil Eropa pun menggunakan knalpot produk Purbalingga.
Mendoan yang yummy banget (dok. pribadi)

Meski banyak berdiri bangunan factory eyelashes dan knalpot, kondisi lingkungan masih aman dan terkendali. Itulah yang membuatku bangga pada tanah kelahiranku ini. Pohon yang rindang sering kita jumpai, terlebih ketika masuk ke wilayah pedesaan. Dan dari desa juga, Purbalingga makin Grengseng.

Berhubung tempat dan udara di pedesaan begitu asri dan nyaman, tak jarang saat ini banyak destinasi wisata dari desa. Beberapa desa telah membangun menjadi desa wisata, dari situlah Purbalingga memberikan warna tersendiri dalam Pesona Jawa Tengah.

Jadi, visit Jateng, wilayah Purbalingga mampu memberikan warna yang berbeda dalam dunia pariwisata. Nah, penasaran kan, seperti apa destinasi desa wisata di Purbalingga? Berikut ini merupakan Pesona Jawa tengah dari Purbalingga.

1. Desa Wisata Siwarak, Karangreja
Pintu masuk ke Goa Lawa (dok. pribadi)
Destinasi wisata ini sudah lama, namun pernah tenggelam dan kabar pun nyaris tak pernah terdengar. Tetapi, saat ini Desa Wisata Siwarak dengan andalan Goa Lawa kembali naik daun. Selain wisata tertua di Purbalingga, wisata di sini juga memberikan pengalaman yang berbeda. Karena kita bisa menyusuri ke dalam goa dan melihat stalakmit dan stalaktit. Sebuah ornamen yang terbentuk secara alami di dinding-dinding goa. Hal itu mampu menyuguhkan kesan yang mendalam bagi wisatawan.
Mereka temen sekaligus guide-ku, tapi pas aku mau foto di di sini, mereka pergi.
Ini denah wisata yang ada di kawasan  Goa Lawa (dok. pribadi)
Suasana di dalam Goa Lawa (dok. kabarebralink.com) 

Di tambah lagi area sekitar gua lawa sangat luas dengan udara yang begitu sejuk membuat kita damai dan tenang. Fasilitas yang tersedia juga kimplit, dari mushola, tolilet, kantin dan lainnya mudah untuk dijangkau. Dan, untuk oleh-oleh khasnya, kalian bisa borong buah nanas dengan harga murah. Sepuluh ribu rupiah bisa dapat tiga buah nanas, guys... Murah meriah kan? So, jangan lupa untuk main ke Goa Lawa, Desa Wisata Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.
Masih di kawawsan Goa Lawa, kita bisa bersantai di bawah pohon rindang sambil menikmati gado-gado dan mendoan (dok. pribadi)

2. Desa Wisata Serang, Karangreja
Kawasan Kebun Strawberry, Serang (dok. pribadi)
Desa serang yang merupakan wilayah di kaki Gunung Slamet tentunya sangat tepat menjadi destinasi pilihan bagi turis. Selain pesona petualangan yang ingin mendaki puncak Gunung Slamet, di sini juga bisa menikmati berbagai tempat wisata yang ada. Bagi pecinta kegiatan yang memacu adrenalin, bisa banget memilih out bond dan flying fox di Serang. Untuk turis yang menikmati kesegaran buah strawberry, tentunya langsung bisa berwisata di Kebun Strawberry. Di sini, para pelancong bebas memetik Strawberry dan memakannya di lokasi. Hmmm, pasti sangat segar buahnya.
Punya nyali tinggi? Coba yang ini (dok. pribadi)

Selain itu, ada juga tempat untuk bersantai dan nyaman. Terlebih ada spot menarik untuk wefie atau selfie, yaitu Lokasi Rest Area Lembah Asri Serang. Tempatnya yang luas tentunya sangat memanjakan pengunjung, karena mereka bebas mau menghabiskan waktu di sisi mana. Atau hanya sekedar untuk makan dan minum. Karena di Rest Area ini, tersedia warung-warung yang akan memanjakan lidah dan mengenyangkan perut kita.
Kawasan Kampung Kurcaci di Serang (dok. kabarebralink.com)

Kalau belum puas juga akan wisata tersebut, tenang saja, di Serang ada tempat wisata yang baru dan ngehitz juga loh. Dibilang ngehitz karena saat ini banyak pengunjung yang berdatangan, dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Mereka penasaran dengan konsep wisata baru yang ada di Serang. Tak lain tak bukan adalah Kampung Kurcaci. Sebuah tempat yang menyerupai tempat tinggal para manusia Hobbit seperti film yang diperankan oleh Elijah Wood. Dengan daya pesona itulah, Kampung Kurcaci tidak pernah sepi.

Dan, jika masih belum puas untuk menikmati wisata Desa Serang, masih ada satu lagi nih. Khusus bagi mereka yang tidak pobia dengan ketinggian. Karena letaknya terdapat di Gunung Lompong, dan dibuat sebuah jembatan dengan bambu. So, dari atas sini, bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari ketinggian.

3. Desa Wisata Panusupan, Kecamatan Rembang
Pohon Kenangan, Puncak Batur (dok. pribadi, photo take by Robby Wardana)
Sebelumnya, Desa Panusupan yang terletak di Kecamatan Rembang, Purbalingga, hanya terkenal dengan wisata religi. Sebuah tempat untuk berziarah makam Syeikh Jambu Karang yang terletak di Ardi Lawet. Namun dengan berkembangnya zaman, mereka berusaha untuk memberikan warna baru dalam dunia wisata.

Berhubung bentuk geografis Desa Panusupan terletak di ketinggian, sehingga di sini mengusung wisata minat khusus. Yaitu sebuah wisata alam yang mengharuskan kita mendaki. Dan, sampai di atas bukit, tentunya ada suguhan yang sangat menarik. Puncak-puncak tersebut seperti Rumah Pohon di Puncak Igir Wringin, Pohon Kenangan di Puncak Batur, Jembatan Selfie di Puncak Sendaren, dan Taman Bunga di Puncak Srimbar Jaya. Dari ke semua bukit tersebut memberikan nuansa dan suasana berbeda. Jadi, meski sama-sama di atas bukit, pemandangannya berbeda.
View dari Jembatan Selfie itu Okay punya, (dok. pribadi)

Dan, bagi penikmat wisata yang penuh seru dan tantangan, kita bisa banget loh untuk melakukan trip Susur Sungai Watur Mujur yang terletak di Dusun Batur, Desa Panusupan. Dari kegiatan adventure ini, selain bisa memacu adrenalin juga bisa menikmati pemandangan yang aduhai eksotisnya. Karena di sisi kanan kiri sungai terdapat tebing bebatuan hitam yang menjulang tinggi. Dan karena itu juga, Sungai Watur Mujur dianggap sebagai Black Canyon Purbalingga. Disempurnakan dengan arus deras serta air yang begitu jernih. Sehingga siapa saja yang datang ke sini akan betah. Merasa tertantang? Coba dan rasakan petualangannya di Sungai Watur Mujur, hehehehee...
Serunya Susur Sungai, Dusun Batur, Panusupan (dok. pribadi, photo take by Mr. Cupe)

Wow, rasanya seru banget ya? Tapi kok wisata yang bikin capek semua ya? Apakah ada wisata di Desa Panusupan yang langsung masuk tanpa bikin capek?
Tenang aja, ada kok...
Indahnya pemandangan alam di Jembatan Cinta (dok. pribadi)

Bagi traveller yang tidak ingin berusah payah baik mendaki atau nyebur ke sungai, kita bisa loh ke Wisata Pring Wulung dan Taman Pingit Kembar. Wisata Pring Wulung, ada sebuah Jembatan Cinta yang dibangun dengan menggunakan bambu wulung (warna ungu), dengan panjang jembatan mencapai 280 meter. Bambu-bambu itu dibentuk sedemikian rupa menyerupai hati sehingga disebut Jembatan Cinta. Selain itu, masih ada wisata edukasi untuk bercocok tanam dengan sistem bioflok.
Suasana di Taman Pingit Kembar, bikin galaumu hanyut, guys.. :D (dok. pribadi)

Sedangkan Taman Pingit Kembar, sebuah lokasi di tepian sungai yang dibentuk taman. Udara di sini tentunya. Sangat sejuk dan menyegarkan. Derasnya air mengalir begitu jelas terdengar. Hingga siapa saja yang datang ke sini, rasa galau dan gundahnya hanyut terbawa gemerciknya air.

So, ingin berwisata yang komplit? Tentunya Desa Wisata Panusupan tempatnya.

4. Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Kecamatan Bojongsari
Kolam renang Owabong ini sangat terkenal, selain air bersih, wahananya juga banyak (dok. kabarebralink.com)
Dari tadi bahas tentang alam, mendaki, dan berkebun. Lalu, bagaimana wisatawan tidak suka akan hal itu? Mereka tentunya mencari tempat wisata lain, bukan? Tapi, tenang saja kawan, di Purbalingga ada kolam renang yang sangat terkenal loh. Bahkan wahananya sudah setaraf kolam renang di kota-kota besar di Indonesia. Adalah Objek Wisata Air Bojongsari atau yang sering kita dengar sebagai 'Owabong'. Terletak di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. Kolam renang ini sangat luas dan memiliki berbagai macam keseruan. Bahkan ada sesuatu yang baru, yaitu Ombak Sagara. Sebuah wahana baru yang dibuat menyerupai ombak di laut. Maka tak heran untuk tempat yang satu ini menjadi incaran utama bagi pelancong.
Kolamnya sangat luas dengan air yang sangat jernih (dok. kabarebralink.com)

Di samping itu, airnya begitu bening dan menyegarkan. Sehingga sangat pantas Owabong ini tidak pernah sepi. Setiap harinya dipadati pengunjung, terlebih di hari libur.

5. Wisata River Tubing Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari
Seru, guys.. petualang di sini (dok. pribadi)
Nah, setelah info kolam renang, ini ada satu lagi tempat wisata bersama air, meski bukan kolam renang. Wisata yang satu ini sangat pantas dan cocok bagi yang mau berpetualang dan menikmati derasnya arus sungai. Yakni Wisata River Tubing di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari. Dengan menaiki 'donat' boat wisatawan menyusuri sungai dengan cara mengikuti arusnya. Menerjang bebatuan dan melaju bersama aliran sungai membuat adrenalin kita semakin terpacu.
River Tubing di Limbasari, seru abis deh (dok. pribadi)

Tetapi, kita masih tetap bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya. Ayo, kita berpetualang, nikmati sensasi dan kegilaannya.

6. Surga Bagi Para Petualang Curug
Curug Sumba yang keren dan airnya jernih banget, Model : Mba Mie (dok. Mba Mie)
Curug atau air terjun memiliki daya tarik sendiri. Di Purbalingga sangat beruntung karena memiliki wilayah yang seperti surga. Hal itu karena masih banyak tempat yang belum terkontaminasi akan polusi dan budaya asing.
Curug Panyatan, Dusun Tanalum, suasana hening dan gemerciknya air membuat siapa saja betah
(dok. Mba Mie)

Dengan begitu, masih banyak desa yang memiliki sungai dengan air jernih dan turun ke dasar jurang. Inilah yang disebut curug. Banyak sekali di Purbalingga, yang akhirnya disebut tempat Seribu Curug. Karena memang hampir setiap desa memiliki air terjun dengan keunikan dan keelokan tersendiri.

Meski cukup sulit untuk menuju ke lokasi, yang memang harus menyusuri jalan setapak, tapi menikmati keindahan air terjun itu menyenangkan.

Itulah keindahan Purbalingga dari desa-desanya. Meski belum modern, tetapi kita bangga karena alam dan budaya kita terjaga. Dan tentunya masih banyak Pesona Jawa Tengah yang bisa dikunjungi di Purbalingga. Seperti museum wayang, taman bermain, pancuran purbasari dengan pesona ikan hias raksasa, dan lainnya.

Mayuh, Dolan Purbalingga.


Demikian, tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @visitjawatengah.

You May Also Like

14 comments

  1. saya pengen ke Desa Panusupan naik pohon dalam ketinggian, uhhh mantap kayanya tuh supaya otak lebih fresh lagi duuh :D
    kalo masalah curug sih saya sudah sering mba hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAyukk sini, dek... nanti saya ajak keliling Purbalingga deh.

      Delete
  2. waa enak banget liat2 fotonya, jadi pengen jalan2 deh... btw, itu mendoannya bikin ngiler bangetttt... ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini, mbak, nanti aku temenin, dan aku masakin mendoan sepiring deh :D

      Delete
  3. Belum pernah ke Purbalingga, Mba. Ternyata wisata alamnya keren-keren ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo main ke Purbalingga, nanti aku temenin jalan-jalan

      Delete
  4. uwooowww... banyak banget tempat wisata yang bagus-bagus di jawa tengah... (penasaran dengan kampung kurcaci.. fotonya kurang banyak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heee.. oke Mba Ade, makasih masukannya, nanti saya buat portal khusus untuk lokasi Kampung Kurcaci :)

      Delete
  5. Bisa nih merencanakan "budget" buat liburan bulan depan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyiik nih, kalau ke Purbalingga kabar-kabar ya, Mbak :)

      Delete
  6. Jadi kepengen makan mendoan mbak :p Aaak pengen kejembatan cinta. Jadi terterik buat ke Purbalingga. Doakan semoga ada kesempatan ya mbak. Makasih sharingnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, sini ke Purbalingga nanti aku ajak jalan dan makan mendoan gratis :D

      Delete
  7. Fokus ke mendoaan..duuh enaknya makan itu...Aku belum pernah ke Purbalingga...kyknya harus kesini deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mendoan emang menu spesial banget.. hayuukk ke sini. Nanti aku buatin mendoan deh..

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of