Indonesia Megah dengan Hutan


Indonesia adalah negeri yang indah, negeri yang kaya akan keindahan alam. Salah satunya adalah Hutan di Indonesia, yang meruapkan paru-paru bagi iklim di dunia. Bayangkan sasja Indonesia tanpa hutan, bukan hanya kita yang tinggal di Indonesia, tetapi seluruh dunia akan merasakan perubahan iklimnya. Akhir-akhir ini sudah kita rasakan begitu panasnya cuaca di negeri ini, hal itu terjadi karena hutan-hutan kita tak megah lagi. Hutan di negeri ini sebagian besar telah rusak, penebangan liar dan penyelundupan kayu ke negara lain masih belum teratasi semua. Belum lagi masalah hutan yang dijadikan sebagai lahan untuk tempat tinggal. Ironis memang, negeri yang kaya ini harus membabat hutan sebagai tempat tinggal.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Instagramable di Bekasi

Semua telah mengetahui, akibat adanya penebangan dan pembabatan hutan secara liar, di negeri ini sering terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Hal itu disebabkan karena tidak ada resapan air hujan, sudah tidak ada akar-akar yang mampu untuk menopang air hujan yang turun. Kita juga telah mengetahui bukan, bahwa di negeri kita ini sebagian besar dalah hutan hujan tropis. Dimana hutan tersebut dapat berfungsi untuk menampung curah hujan yang tinggi, dan mampu menanggulangi bencana alam banjir dan tanah longsor.

Dari dinas Kehutanan Indonesia sudah sering menghimbau untuk melakukan gerakan Penghijauan, lakukan Tebang Pilih, jangan menggundulkan hutan di Indonesia. Akan tetapi, himbauan itu hanya berwujud himbauan. Penebangan liar dan bahkan kebakaran hutan masih sering kerap terjadi. Sudah seharusnya dari pihak pemerintah dan masyarakat untuk menyadari dan bekerja sama untuk menyelamatkan hutan di Indonesia. Melakukan penghijauan kita tidak harus langsung berbondong-bondong ke hutan untuk menanam, tetapi lakukan dari hal terkecil, dari lingkungan kita masing-masing. Kita lakukan penghijauan dari lingkungan kita, marilah kita semua menanam pohon untuk negeri ini. Dengan cara kita melakukan penghijauan, kita sudah membantu untuk mengurangi pemanasan global (Global Warming), dan memperbaiki iklim yang ada di Indonesia serta di dunia.

Baca juga: Hujan yang Ditunggu

Kita tidak ingin cuaca panas yang menyengat, bukan? Cuaca yang membuat kita cepat berkeringat dan gerah. Dan kita juga tidak ingin megahnya hutan di Indonesia hanya akan menjadi cerita untuk generasi bangsa ini, bukan? Jawabannya hanya satu, mari kita lakukan penghijauan, jangan menunggu besok atau kapan, tetapi lakukan saat ini. Ketika kita menyadari bahwa betapa pentingnya hutan Indonesia, pasti tidak akan ada lagi penebangan-penebangan liar di hutan. Dan kita bisa mengembalikan Kemegahan Indonesia dengan Hutan-hutannya. Hutan Indonesia adalah tempat beraneka ragam Flora dan Fauna. Jangan biarkan mereka hilang, mereka adalah kekayaan dan keindahan ngeri tercinta ini. Sudah sepantas dan selayaknya kita semua menjaga hutan-hutan Indonesia.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)