Desa Panusupan, Tempatnya Surga Alam Indonesia

2:03:00 PM 20 Comments A+ a-

Rumah Pohon Kenangan, Puncak Batur, Desa Panusupan
Perjalanan ini sebenarnya sudah dua minggu yang lalu. Namun, aku selalu mengingat saat travelling bersama Mba Mie dan Vetty. Dengan menggunakan kendaraan roda dua, kami melaju menuju Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Di mana di desa tersebut banyak wisata alam yang baru dibuka.

Dengan bersama tim Pokdarwis Desa Panusupan kami diantara ke Puncak Batur, sebuah wisata alam baru yang ada di Desa Panusupan. Meski masih baru, pengunjung sudah membludag (sangat banyak). Banyak wisatawan dari luar Pubalingga yang sengaja travelling ke tempat ini, bahkan ada yang dari Lampung.
Suasana area parkir di kawasan Puncak Batur yang sangat ramai

Menuju Puncak Batur memang bukan hal yang mudah, karena kita harus berjalan mendaki bukit. Selama mendaki bukit ini, kita bisa menemukan pos untuk tempat istirahat sejenak. Di tempat pos ini saja sudah bisa melihat pemandangan di bawah bukit yang begitu indah. Hamparan hijau dengan awan putih menyatu dalam balutan alam yang agung. Menjadikan mata tidak ingin berkedip untuk melihatnya.Di setiap pos juga disediakan tempat sampah, agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini cukup bagus diterapkan karena menyampah sembarangan itu bukan hal yang baik, agar alam kita tetap indah dan memberikan kesejukkan setiap saat, maka kita semua pun harus menjaga salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

Setelah berjalan kaki selama lebih kurang dua jam kita semua merasa lelah. Tetapi rasa lelah kita dibayar dengan keindahan alam yang disuguhkan di Puncak Batur. Sungguh luar biasa kekayaan alam Indonesia, begitu indah nan asrinya pemandangan dari atas Puncak Batur.
Jalan menuju Puncak Batur Terdapat Rumah Jamur sebagai tempat istirahat

Udara yang begitu sejuk dengan hembusan angin yang lembut membelai wajah, rasanya tidak ingin turun dari Puncak Batur. Namun, apa daya, waktu jua yang harus membuatku meinggalkan Surga Alam Indonesia.
Menikmati keindahan alam di atas Rumah Pohon Kenangan, Puncak Batur
Berfoto ria di atas Rumah Pohon Kenangan, Puncak Batur

Beribacara tentang Surga Alam Indonesia, Desa Panusupan memang tempatnya. Banyak lokasi wisata dengan pemandangan yang luar biasa seperti Igir Wringin yang memang sudah dibuka sebelum Puncak Batur. Menuju Igir Wringin, kita harus mempunyai persiapan lebih, karena perjalanan kakinya lebih lama dibandingkan Puncak Batur. Selain itu, ada juga tempat untuk menyaksikan Sunrise dan Sunset dari satu tempat yaitu Gunung Sendaren, Curug Pesanten dan masih banyak lagi objek wisata di Desa Panusupan.
Menikmati Sunrise di Igir Wringin
Surga Alam di atas Gunung Sendaren

Gunung Sendaren yang merupakan sebuah bukit di Desa Panusupan yang bisa dijadikan sebagai tempat camping dengan pemandangan yang luar biasa.

Siapa saja yang ingin travelling ke Desa Wisata Panusupan, tidak akan menyesal, karena di sini tempat indah bak Surga Alam Indonesia. Saya sendiri juga ingin datang lagi ke tempat tersebut. Tujuan saya tentu saja ingin menikmati alam dengan cara yang berbeda, yaitu dengan susur sungai di Kali Arus.

Untuk travelling menuju Desa Panusupan cukup mudah. Dari arah Kota Purbalingga (arah selatan Desa Panusupan), kita lurus terus sampai ke Pasar Bobotsari. Dari Perempatan Pasar Bobotsari, kita belok ke arah kanan (arah timur) dan lurus sampai ke Pertigaan Desa Rajawana, kemduian, lurus hingga Desa Panusupan. 
 
Peta Desa Wisata Panusupan
Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita bertravelling ke Desa Wisata Panusupan, dijamin, tidak akan menyeseal.

Demikianlah tulisan ini yang bertujuan untuk mempromosikan Desa Wisata Panusupan yang sudah mulai berjalan. Selain itu, untuk mengikuti Kompetisi Menulis Blog bersama sandyacaraka.org , tak lupa jua terima kasih kepada Mba Mie yang sudah menjadi 'tukang ojek' saya bersama Vety menuju Puncak Batur, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

--
Sumber Foto : Koleksi Pribadi, Koleksi Glaha Gleve dan atau Erhan Untoro.

20 comments

Write comments
Hari Mulya
AUTHOR
February 1, 2016 at 8:21 PM delete

salam kenal..
saya sebenarnya pengen liat liat ke sana.. tapi belum ada waktu buat mudik :)

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
February 2, 2016 at 3:13 AM delete

wih bagusnya , mungkin saat berdiri di puncak itu sensasinya ...

Reply
avatar
Meidi
AUTHOR
February 2, 2016 at 4:53 AM delete

wuihh kerennnn banget rumah pohonnya, tadinya aku pikir ini yg di kalibiru itu kak, beda yaa?

Reply
avatar
Anisa AE
AUTHOR
February 2, 2016 at 6:47 AM delete

Wiiiih jadi ingat paralayang :D Keren banget mah tempat ini. Bikin betah

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
February 2, 2016 at 6:53 AM delete

Salam kenal juga, Hari Mulya.. ayoo mudiik, udah ramai loh :)

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
February 2, 2016 at 6:54 AM delete

sensasinya nano nano.. hihihiih tapi kalau gak naik rumah pohonnya, gak seru :D

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
February 2, 2016 at 6:55 AM delete

beda, Kak.. ini bukan kalibiru, tapi ini objek wisata baru di Kabupaten Purbalingga :) ayo main ke sini..

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
February 2, 2016 at 6:56 AM delete

haaa.. sini mba Anisaaaaa.. main lah ke Purbalingga :D
yaa tempat ini bikin betah, pas udah di atas, aku juga gak nyadar kalau udah sore :3 jadi mesti turun :(

Reply
avatar
February 2, 2016 at 1:07 PM delete

Eh busyet rame banget parkiran nya

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
February 2, 2016 at 1:37 PM delete

iyaaa, karo hari libur itu pengunjung Puncak Batur sampai 400 orang lebih :)

Reply
avatar
ira guslina
AUTHOR
February 4, 2016 at 4:07 AM delete

Cantikk sekaliii.. apalagi yg motretnya jago. Perjalanan ke sana menyenangkan sekali ya. Terima kasih infonya. Mudah2an kapan2 kesampaian ke sana

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
February 4, 2016 at 7:11 AM delete

iyaaa, kereeen2 di sana, saya juga pengen balik lagi ke sana... di sana juga banyak fotografer handal :)

Reply
avatar
Purnama wati
AUTHOR
April 29, 2016 at 5:11 PM delete

saya takut banget dengan ketinggian, apa yang spesial di sana cuma tempat yang ada di atas pohon itu ya ? :(

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
April 29, 2016 at 10:32 PM delete

Tentu saja pemandangan di atas, sangat special :)

Reply
avatar
May 19, 2016 at 10:26 PM delete

Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Desa Panusupan, Tempatnya Surga Alam Indonesia ".
Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

Reply
avatar
eri udiyawati
AUTHOR
May 20, 2016 at 7:22 AM delete

Iya, terima kasih mbak Mey, pasti saya kunjungi :)

Reply
avatar
May 23, 2016 at 3:31 PM delete

weee ... Jembatan lampunya keren .
Roman2nya dingin suasananya
Hipnoterapi Semarang

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
May 23, 2016 at 3:52 PM delete

iya, makanya mampirlah ke sini :)

Reply
avatar
June 12, 2016 at 8:02 AM delete

Rumah Pohon-nya mirip Kalibiru di Jogja, kayaknya emang lagi hits nih spotnya, hoho.

Boleh dong Mbak mampir
disini

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
June 12, 2016 at 4:27 PM delete

Iyaaa..memang lagi seru yg ini.. :)

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)