Selamat Ulang Tahun ADOLPHE SAX KE 201

Hari ini, 06 November 2015, tampilan www.google.com kembali berbeda. Karena saya sebagai orang yang kepo akhirnya mencari tahu apa makna lambang di balik tampilan situs tersebut.



Ternyata, hari ini adalah ulang tahun Antoine-Joseph Sax yang ke 201. Dia adalah pencipta alat musik saksofon. Dia lahir di Dinant, Belgia pada tanggal 06 November 1814, dengan nama lengkap Antoine Joseph Adolphe Sax , namun dia lebih dikenal dengan nama panggilan Adolphe Sax.



Menurut laman yang terkait, kemampuan Adolphe Sax dalam merancang alat musik, hingga kemudian menciptakan saksofon, tak lepas dari faktor keturunan. Ia lahir dari orang tua perancang instrumen musik, yaitu Charles Sax dan Joseph Sax.


Sejak kecil, Adolphe Sax sangat akrab dengan segala hal berbau musik. Ketika berusia 15 tahun, ia mulai sudah menelurkan karya lewat kompetisi klarinet dan seruling. Ia semakin menekuni dunia musik dengan belajar di Royal Conservatory of Brussels.


Lepas dari Royal Conservatory of Brussels, Adolphe Sax mulai bereksperimen menciptakan instrumen baru, sementara orang tuanya tetap merancang desain untuk instrumen konvensional. Keuletan Adolphe Sax berbuah manis. Pada usia 24 tahun, ia berhasil mendapatkan hak paten atas desain bass klarinet yang ia ciptakan. Lalu, pada 1841 ia menetap di Paris.


Pada 28 Juni 1846, Adolphe Sax diganjar hak paten atas karyanya, yaitu saksofon. Alat musiknya digunakan dalam orkestra dan konser band. Ia mengembangkan saksofon ini mulai dari sopranino hingga subcontrabass. Semasa hidup, Adolphe Sax juga tercatat sebagai pengajar saksofon di Paris Conservatoire.


Adolphe Sax memiliki riwayat penyakit kanker bibir yang ia derita pada 1853-1858. Ketika itu, Adolphe dinyatakan pihak medis sembuh dari penyakit tersebut. Ia tutup usia pada 7 Februari 1894 dan dikebumikan di Cimetière de Montmartre, Paris.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)