Tips Merawat Kain Batik Tulis

by - 12:27:00 PM

Kain Batik Tulis perlu sekali perawatan khusus agar warnanya tidak pudar dan kondisi kain batik tulis tetap baik. Ada beberapa tips untuk merawat kain batik tulis. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Tidak boleh mencuci kain batik tulis dengan mesin cuci. Sebab kain batik tulis perlu penanganan ekstra hati-hati. Serta hindari penggunaan deterjen, gantilah dengan sampo atau sabun. Cuci secara perlahan-lahan kemudian rendam dengan air hangat, kemudian dibilas.
  2. Saat kain batik tulis dijemur, usahakanlah agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, cukup dengan diangin-anginkan sasja, saat disetrika, usahakan menggunakan kain pelapis, maksudnya supaya kain batik tulis tidak langsung menempel dengan setrika.
  3. Saat kain batik tulis hendak disimpan, perlu penempatan yang tepat, lipatlah kain batik tulis kemudian dibungkus dengan kertas minyak atau plastik pembungkus. Jangan membungkusnya dengan koran, dikhawatirkan tinta tulisan pada koran akan menodai kain batik tulis. Serta jangan menggunakan kapur barus dalam almari yang dijadikan tempat menyimpan kain batik tulis karena bisa merusak warna kain batik tulis.
  4. Upayakan kain batik tulis yang disimpan dalam almari dibuka setiap dua minggu sekali, lalu diangin-anginkan selama 10 - 15 menit untuk mengusir bau apek yang biasa terdapat dalam almari karena suhu yang lembab di dalamnya.

You May Also Like

2 comments

  1. tukokna kain e sik mbak ntar gak tak cuci pake mesin cuci dech

    ReplyDelete
  2. Ngomongin batik tulis jadi ingat masa SMP dulu.. Dikasih tugas sm guru utk membuat batik tulis scr individu di kain yang panjangnyaaa.. Hehe..

    Kunjungan pertama, salam kenal mba :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of