Fenomena Penguasa di Purbalingga

www.erycorners.com
Dari judul saja sudah jelas tersirat, apa dan siapa yang dimaksud. Dari ini kita sudah tahu, fakta di Purbalingga banyak penguasa asing, terutama dari Korea yang menjadi "Penguasa Perekonomian" di Purbalingga.

Di Purbalingga banyak bangunan yang berdiri dimiliki oleh orang-orang Korea yang menjalankan bisnis di bidang rambut, baik itu bulumata palsu dan atau rambut palusu/Wig. Dari pabrik ini, puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu nyawa di Purbalingga mendapatkan pekerjaan. Meskipun gaji yang mereka terima masih di bawah upah minimum. Memang beberapa perusahaan  sudah memenuhi standar upah minimum yang berlaku, tetapi sebagian besar masih di bawah standar. Terutama mereka yang bekerja dengan target atau borongan, pasti mereka juga akan dibebani dengan lembur untuk dibawa pulang.

Ironisnya, para pekerja yang sebagian besar perempuan, sehingga mereka harus meninggalkan suami dan anak-anak (bagi yang sudah menikah). Sebagian besar dari mereka terbalik, yang berarti bahwa pencari nafkah adalah ibu/istri, sementara perawatan rumah dan atau anak adalah suami. Tapi itu tidak asing bagi mereka, karena pada kenyataannya di Purbalingga Pengusaha lebih banyak memperkerjakan perempuan daripada laki-laki.

Dan bagi mereka yang belum menikah, wanita dapat memenuhi semua kebutuhan mereka. Di dalam pabrik atau rumah mereka ditempati oleh overtimes pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi ketika mereka sedang berlibur atau bersantai dengan teman-temannya, mereka terlihat sangat berbeda, bersolek dan berdandan cantik, dan sering disebut sebagai 'Virgin Factory.'

Dengan adanya pabrik, yang menarik adalah Sumber Daya Manusia di Purbalingga meningkat atau sebaliknya? Ada segmen tertentu dari masyarakat yang berpikir bahwa anaknya telah lulus dari SMP, tidak usah melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Apa yang akan terjadi jika kebanyakan orang berpikir bahwa Purbalingga mempunyai tingkat pendidikan yang rendah? Bukankah itu akan semakin menurunkan tingkat Sumber Daya Manusia di Purbalingga? Para pengusaha di Purbalingga tidak memerlukan pendidikan tinggi karyawannya. Yang dibutuhkan oleh pengusaha adalah pembuat produk yang dapat menghasilkan produk dengan jumlah yang banyak dan tingkat kerusakan sekecil mungkin. Kenyataan di Purbalingga banyak bangunan pabrik asing berdiri, tapi upah minimum di Purbalingga masih dianggap biasa-biasa saja. Dan mungkin Purbalingga menjadi target investor asing karena upah minimum biasa-biasa saja dan Sumber Daya Manusia masih relatif rendah. Bahkan saat ini telah tercatat lebih dari 90 pabrik yang bergerak di rambut. Sudah sepantansya Pemerintah harus memikirkan kesejahteraan masyarakat yang bekerja di pabrik rambut, karena sejauh ini, investor asing selalu tepat waktu untuk membayar kewajiban kepada Pemerintah.

Baca juga: Investasi Emas

Fenomena ini telah menjadi pro dan kontra. Kebanyakan orang tidak setuju dengan pabrik rambut dibangun di Purbalingga, tetapi ada beberapa yang bersyukur karena ada pabrik rambut, karena di Purbalingga tidak ada pekerjaan atau perusahaan yang dapat menyerap banyak karyawan selain pabrik rambut. Tak bisa dipungkiri dengan adanya pabrik rambut, dapat mengurangi jumlah pengangguran di Purbalingga dan sekitarnya. Ya, itulah kenyataannya, kita dapat menilai dengan baik, apakah kita akan membantu pihak penguasa di Purbalingga dengan menjadi karyawan atau kita mencoba untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri? Semuanya ada resiko, tergantung di mana kita mampu untuk menjalani aktivitasnya. Selama kita mau berusaha dan berdoa, yakinlah apapun harapan itu akan terwujud, meskipun hanya sebagai karyawan produsen bulumata, tidak masalah selama hak-hak kita dipenuhi dengan baik.

Semoga saja dengan berjalannya waktu, akan ada investor asing yang masuk di Purbalingga, dan bukan untuk membuka usaha bulumata palsu atau wig, tapi investor kendaraan bermotor seperti mobil gitu, toh untuk mobil sekelas BMW, Knalpot-nya itu juga diproduksi di Purbalingga, tepatnya di daerah Sayangan, Purbalingga.

ini foto patung Knalpot di daerah Sayangan, Purbalingga, yang merupakan salah satu produsen Knalpot terbaik di Dunia. :)

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)