Rendang Padang, Makanan Tradisional Yang Mendunia

Sumber : www.pixabay.com
Rendang Padang? Siapa sih yang tak kenal dengan makanan tradisional khas Minangkabau itu. Rendang yang merupakan masakan bersantan dan menggunakan dengan daging sapi sebagai bahan utama, kini digemari penduduk di seluruh negeri ini, bahkan dunia. Dengan bumbu-bumbu yang sangat komplit seperti : cabai, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dll (konon ada 12 macam bumbu rahasia untuk memasak Rendang yang sangat lezat, mengalahkan Fried Chicken yang menggunakan 11 bumbu rahasia). Jadi, dengan bumbu yang komplit itu menjadikan daging sapi terasa empuk dan sangat lezat (bahasa kerennya uuueeenaaakk tenaaan..). Terus terang saya sendiri masih kurang pandai memasak Rendang (maklum dong,, masih single jadi lebih suka masakan ibu, atau beli ke Warung Nasi Padang, hihihihi..). Di keluaraga besar saya, semuanya menyukai Rendang, pada saat hari raya seperti Idul Fitri, dan Idul Adha, keluarga saya pasti memasak Rendang. Rendang bisa menyatukan keluarga besar saya yang seleranya berbeda-beda. Dari kakek-nenek hingga cucu-cucunya yang masih anak-anak, menu favorit dan utama adalah rendang.

Dan kegemaran saya menikmati Rendang tak hanya di rumah atau di lingkungan keluarga besar saja. Tetapi, ketika hari kerja, saya dan teman-teman sering menikmati Rendang di waktu makan siang (Bos saya yang berkebangsaan Korea juga sangat suka makan Rendang, hehe). Saya sendiri menyukai Rendang dari usia belasan tahun, karena memang ibu sering memasaknya. Namun, kesukaan saya ke Rendang mulai meningkat setelah kerja di Jakarta, saya mempunyai teman yang berasal dari Padang, dan dia mempunyai Warung Nasi Padang di daerah Mangga Dua, Jakarta Utara. Hampir setiap malam saya makan malam di situ, dan di situlah saya benar-benar merasakan nikmatnya makan Rendang, dan menjadikan Rendang sebagai makanan favoritku. Dan semenjak itu, tiada hari tanpa Rendang, padahal Rendang itu pedas dan bertentangan dengan lambung saya yang tak mampu untuk menahan pedas. Tapi saya punya banyak cara dan akal untuk tetap menikmati Rendang yang nikmat, hehehe...


Sampai saya kembali ke kampung halaman, saya pun masih menyukai Rendang. Dulu mencari Warung Nasi Padang di kota saya tergolong susah, tetapi sekarang Alhamdulillah ya, Warung Nasi Padang di kota saya sudah banyak, tinggal pilih yang mana, semua enak dan lezat masakannya. Jadi, kalau ibu saya tidak memasak Rendang, saya tidak bingung lagi untuk makan Rendang, karena dimana-mana sudah ada.

Rendang sendiri itu merupakan warisan leluhur khas Minangkabau (Sumatera Barat), yang tahun 2011 dinobatkan sebagai "World 50 most delicious food". Makanan paling lezat sedunia versi CNN Internasional. Kontes tersebut melibatkan 35 ribu "rakyat" dunia maya. Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga, karena Rendang menjadi makanan terlezat di dunia dan bisa menjadi ikon kuliner Indonesia.

Baca juga: Mendoan

Kini Rendang tidak hanya terdengar di negeri ini saja, tetapi sudah terkenal hingga berbagai belahan negeri seperti Hongkong, Amerika, Eropa dan Austalia. Kini banyak cara untuk mendapatkan Rendang, karena Rendang Kemasan pun kini sudah tersedia seperti Rendang Restu Mande. Rendang kemasan Restu Mande tidak menggunakan bahan pengawet dan MSG (Monosudium Glutamat) sehingga sehat dan higienis. Rendang kemasan ini mempunyai masa simpan mencapai 459 hari (1 tahun lebih, lebihnya hitung sendiri ya.. hehehe). Selain tidak menggunakan bahan pengawet,Rendang Restu Mande juga sangat praktis, jadi kita yang mempunyai hobi traveling, tidak usah bingung-bingung membawa bekal, kita bisa membawa Rendang Restu Mande sebagai bekal. Kita juga tidak perlu bingung atau pusing bagaimana cara mendapatkan Rendang Restu Mande, selain bisa diorder via online di situs www.restumande.com, juga telah tersebar agen-agen di wilayah Nusantara, Rendang Restu Mande juga memiliki cita rasa yang unik dan khas, sehingga mampu merambah ke pasar Internasional seperti di kawasan Amerika, Eropa, Hongkong dan Australia.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)