Recruitment Software dalam Menjaring Talenta Berkualitas

LinovHR


HRD setiap tahunnya akan membuka rekrutmen sesuai kebutuhan perusahaan, tergantung bagaimana permintaan dari tiap divisi yang ada. Sudah menjadi hal yang wajar jika HRD berusaha untuk mendapatkan kandidat berkualitas dan bersaing dengan perusahaan lain untuk hal tersebut. Menjaring kandidat berkualitas yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan sangatlah mudah jika dilakukan dengan bantuan Recruitment Software.

Mengapa HRD Perlu Menjaring Kandidat Berkualitas? 

Karyawan adalah kunci keberhasilan perusahaan dalam menjalankan operasional. Seberapa besar pun skala perusahaan, karyawan tetap menjadi penentu kualitas output. Keberadaan karyawan yang berkualitas juga dapat mempengaruhi karyawan lain yang belum mampu bekerja optimal menjadi lebih optimal. Itulah sebabnya mengapa perusahaan butuh karyawan yang berkualitas agar mampu mendukung keberlangsungan perusahaan. 

Setiap tahunnya perusahaan membuka rekrutmen yang ditangani langsung oleh HRD. Biasanya manajer akan meminta rekrutmen kepada HRD ketika sebuah divisi membutuhkan tenaga bantuan untuk mendukung perkembangan perusahaan yang semakin besar. Ada banyak kandidat berkualitas di luas sana, tetapi belum tentu cocok dengan budaya kerja perusahaan. Seberapa besar talenta karyawan tidak mampu bekerja dengan optimal apabila tidak cocok dengan budaya perusahaan. Oleh karenanya HRD dan manajerial dapat melihat dan menilai apakah kandidat tersebut cocok atau tidak melalui interview dan psikotest.

LinovHR


Recruitment Software dari LinovHR: Maksimalkan Rekrut Kandidat Terbaik

Karena keberadaan karyawan terbaik memegang kunci penting dalam perusahaan, rekrutmen dinilai menjadi ujung tombak dalam menentukan apakah perusahaan mampu menjaring kandidat terbaik atau tidak. HRD bersaing dengan HRD dari perusahaan lain untuk mendapatkan kandidat terbaik dengan menawarkan berbagai manfaat dan keuntungan jika mereka memutuskan berkarir di perusahaan tersebut. 

Namun, proses rekrutmen tak selalu berjalan lancar. Rekrutmen manual yang melibatkan banyak dokumen fisik seperti CV, surat lamaran, dan lain-lain akan menumpuk di meja kerja. Belum lagi email masuk yang menumpuk dan sulit disortir. Masalah dalam pengelolaan informasi kandidat ini dapat membuat HRD kewalahan dalam mencari kandidat terbaik. Akibatnya, kandidat terbaik bisa luput dari pandangan. 

Tidak hanya masalah mengenai pengelolaan informasi kandidat. Masalah lain yang menjadi persoalan adalah sulitnya melacak siapa staf HRD yang bertanggung jawab atas rekrutmen seorang kandidat. Hal-hal yang seperti ini seharusnya menjadi lebih transparan agar lebih mudah memahami bagaimana progres tiap staf HRD dalam melaksanakan rekrutmen. 

Recruitment software dari LinovHR dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dalam rekrutmen. 

LinovHR Sendiri merupakan platform Software HR Indonesia yang telah terbukti kualitas nya, banyak modul dan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh HR dalam kegiatan operasional HR salah satunya adalah dalam melakukan kegiatan rekrutmen.

Sistem yang dapat menampung informasi kandidat dapat memudahkan HRD dalam menyeleksi kandidat mana yang cocok untuk bergabung. HRD juga dapat menyusun perencanaan SDM melalui LinovHR secara sistematis dan terperinci, yang kemudian dapat ditinjau ulang oleh pihak berwenang dalam perusahaan. Dengan adanya kemudahan tersebut, tentunya proses rekrutmen menjadi lebih efektif. 

Demikian informasi tentang LinovHR, semoga bisa membantu teman-teman yang akan merekrut karyawan bisa menemukan kandidat terbaik untuk masa depan perusahaan. Terim kasih. :)

14 Comments

  1. penting nih bagi meraka yang hendak memperbaiki kualitas SDM, langkah yang paling sederhana adalah saat perekrutan, jangan sampai keliru misalnya dengan menggunakan sooftware ini

    ReplyDelete
  2. sistem hrd sekarang udah canggih yaa udah ada linovhr untuk membantu para hrd menyeleksi kandidat para calon karyawan wah wah mantab

    ReplyDelete
  3. LinovHR memudahkan dan membantu HRD dalam proses menjaring SDM dalam suatu perusahan ya, jadi gak dilakukan secara manual lagi

    ReplyDelete
  4. Jaman sekarang memang perlu adanya software semacam ini, penseleksian dilakukan oleh sistem. Namun menurut saya setelah dapat kandidatnya, tetap penting dilakukan interview secara langsung. Karena penting bagi saya mengenal pribadi dan karakter si kandidat.

    ReplyDelete
  5. Teknologi digital sangat membantu kita di berbagai segi kehidupan ya, termasuk bagi mereka yg bekerja di bagian HRD. Penggunaan software semacam ini memungkinkan HRD merekrut karyawan sesuai kualifikasi yg dibutuhkan perusahaan

    ReplyDelete
  6. Zaman belum digital, aku engga kebayang, berkas-berkas lamaran yg numpuk diapain? Trus sortirnya gimana ya? Ad software gini, memudahkan banget yah menyaringnya. Calon karyawan hrs terkoneksi juga atau gimana ya?

    ReplyDelete
  7. kece banget sih ini, dengan platform Software HR ngebuat kerja HRD bakalan jauh lebih mudah karena semua sudah tersaring otomatis. Membayangakan kalau lamaran ampe ribuan..... bisa pusing deh

    ReplyDelete
  8. SDM memang susah susah gamnpang untuk dikelola, memang agak sulit menginterpretasikan Sumber daya manusia kedalam sebuah software. Tapi klo di dunia informatika ada yang namanya istilah sistem penunjang keputusan. mungkin ini juga pengaplikasian dari situ ya kakak. Thank infonya kak

    ReplyDelete
  9. Sungguh menarik kemajuan jaman! Canggih beut bahkan rekrutmen pun ada softwarenya. Sangat setuju asalkan proses rekrutmen jadinya fair dan adil:)

    ReplyDelete
  10. Wah sekarang banyak aplikasi menarik yang bisa dipakai perusahaan ya. Salah satunya LinovHr ini. Kayanya one day kalau udah punya bisnis bakal pakai nih aplikasi.

    ReplyDelete
  11. Dewi dulu HRD di Bank, semua dikerjakan manual saat itu. Kalau bisa mengenal LInovHR saaat kerja dulu pasti sangat membantu sekali nih untuk proses administrasi dan bisa fokus pada pengembangan kualitas karyawan:)

    ReplyDelete
  12. Jadi inget jaman masih bantuin teman-teman HRD dulu. Jaman dulu mah gak ada software, nyeleksi administrasinya aja udah mumet palaku. Apalagi melototin email masuk, hadehhh.. sehari bisa puluhan. Belum lagi pas harus bantuin interview dan praktik. Halamak, coba dari dulu ada software begini ya. Lebih praktis dan minim kesalahan karena kelewatan kali yak.

    ReplyDelete
  13. baru tahu nih software untuk membantu memilih kandididat pegawai, bisa merencanakan perencanaan DM secara detil, membantu banget mencari yang terbaik untuk bergabung dengan perusahaan

    ReplyDelete
  14. Kalo udah pake aplikasi pastinya lebih objektif ya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)