Selamat Ulang Tahun HEDY LAMARR ke 101

7:48:00 AM 0 Comments A+ a-

Siapakah Hedy Lamarr itu? Masih sangat asing di telinga kita siapakah sosok wanita itu, mengapa www.google.com hari ini mengucapkan selamat ulang tahun ke 101 kepadanya. Hedy Lamarr merupakan aktris Hollywood yang lahir pada tanggal 09 November 1914.

Dari Wikipedia menerangkan, bahwa pada masa keemasannya, Lamarr bertemu dengan seorang komposer musik George Antheil pada suatu pesta, mereka saling berdiskusi tentang gelombang radio yang selama ini menjadi andalan dalam mengendalikan torpedo dan rudal, mereka berdua sepakat bahwa teknologi gelombang radio tidak tepat untuk sebagai pengendali karena memiliki celah untuk diubah gelombangnya oleh musuh. Karena saking excited-nya Lamarr menuliskan nomor telponnya dengan lipstiknya pada sapu tangan untuk Antheil.

Bersama Antheil, Lamarr mematenkan penemuannya “Secret Communcation System” yang merupakan versi awal dari bentuk frequency hopping yang merupakan sinyal radio yang lebih kompleks hingga sulit untuk dideteksi oleh musuh, penemuan ini adalah cikal bakal teknologi spread-spectrum communication yang menjadi basis dari teknologi komunikasi modern seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS dan CDMA.

Sayangnya penemuan Lamarr tidak dilirik oleh militer, baru pada saat Amerika Serikat memasuki babak krisis dengan Kuba, penemuan mereka digunakan oleh kapal perang militer. Namun sayang bagi Lamarr, saat penemuannya mulai digunakan, hak patennya sudah kadarluarsa.

Tidak ada dokumentasi tentang bagaimana Lamarr dapat memperoleh ilmunya itu, atau bagaimana ia bisa hidup dengan mengeluti dua dunia yang berbeda ; satu dunia glamor dan satunya lagi dunia sains dan teknologi. yang jelas Lamarr bisa membuktikan bahwa menjadi aktris cantik dan terkenal bisa memiliki otak yang cerdas juga. dibalik kehidupannya yang glamor dan suka bergonta-ganti suami (Lamarr menikah sebanyak 6 kali) ia memiliki hobi yang cukup aneh, suka mengutak-atik rumus-rumus matematika yang rumit; salah satu penemuannya yang lain adalah tablet yang jika dilarutkan dalam air putih akan berubah menjadi minuman soda, seperti redoxon pada saat ini.

Pada akhir hidupnya Lamarr menjauh dari dunia glamor, menulis buku biografinya, hidup dengan biaya dari royalti buku tersebut, dan dia meninggal pada awal tahun 2000, tepatnya pada tanggal 19 Januari.


Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)