Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puasa Tetap Lancar Bagi Penderita Asam Lambung

Puasa lancar bagi penderita asam lambung

Halo, semuanya. Alhamdulillah, sudah melewati 10 hari pertama bulan Ramadan. Bagaimana puasa teman-teman? Semoga lancar, ya.

Saya sendiri kurang lancar. Sejak awal puasa mulai terserang batuk pilek. Belum selesai batuk pilek, asam lambung naik. Kalau pagi rasa mual itu kayak nggak tertahankan.



Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


Pada dasarnya puasa itu baik bagi kesehatan termasuk bagi penderita asam lambung. Pasalnya kita mampu menahan dari berbagai godaan makanan yang tidak sehat.

Berikut manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Puasa Mampu Meringankan Asam Lambung


Meskipun pada saat berpuasa mendapatkan rasa yang tidak nyaman di perut, faktanya puasa justru mampu meringankan asam lambung. Melansir dari IHC Telemed, puasa mampu meringankan gejala asam lambung selama kita mengonsumi makan-makanan yang tepat, berat badan tetap ideal, dan tidak stres.

2. Membantu Menyehatkan Pencernaan


Siapa nih yang kalau nggak puasa setiap hari ngunyah terus? Bentar-bentar laper, dikit-dikit jajan. Kasihan sekali lambungnya. Dengan berpuasa kita membantu sistem pencernaan pada tubuh kita untuk beristirahat. Sehingga bagi penderita asam lambung bisa mengurangi gangguan lambung.

3. Mengurangi Risiko Diabetes


Pada saat puasa, metabolisme tubuh kian meningkat. Pembakaran kalori serta lemak pun terjadi lebih besar dari pada ketika tidak puasa. Dengan begini, berat badan akan turun dan bisa mengurangi risiko diabetes.

Seindah itu manfaat puasa bagi kesehatan. Namun, memang perlu diperhatikan baik-baik bagi penderita asam lambung. Karena, terkadang makan dan nggak makan sama-sama salah.

Asam lambung aman, puasa pun lancar



Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Asam Lambung


Bagi penderita asam lambung itu memang rumit ya kalau mengosongkan perut. Makan salah, nggak makan lebih salah lagi. Perubahan pola makan dan jam makan juga bikin kaget. Tiba-tiba tanpa sebab langsung mual. Nah, berikut merupakan tips agar puasa lancar bagi penderita asam lambung:

1. Makan dengan Perlahan, dan Sedikit demi Sedikit


Pada saat berbuka puasa dan sahur, hendaknya makan dan minum dengan perlahan. Meskipun lapar dan dahaga sudah terasa sekali, kita mesti sabar. Minum perlahan jangan langsung mengagetkan lambung dengan langsung satu gelas besar habis.

Ketika makan menu utama, diharapkan jangan langsung melahap semua hidangan. Sebaiknya sedikit demi sedikit. Lambung kita itu tidak kuat, kalau seharian sudah kosong, tiba-tiba diisi makan dan minum yang banyak, justru bisa menambah rasa sakit.

2. Hindari Makanan yang Memicu Naiknya Asam Lambung


Penting banget buat menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung jadi naik. Seperti makanan pedas, bersantan, asam, terlalu asin, dan makanan yang beraroma menyengat. Dah lah, kita memang ditakdirkan untuk menikmati makanan yang lembut, manis pun jangan terlalu manis. Makan perlahan, yang lain sudah menghabiskan satu piring, kita separuhnya dulu. Hahahaha.

Bagi penderita asam lambung, please banget hindari seblak, bakso mercon, minuman soda, minuman berkafein, dan juga junk food.


3. Jangan Tidur di Saat Perut Masih Kenyang


Biasanya nih, setelah salat subuh pada tidur lagi. Please jangan. Perut kita masih berisi makanan dan perlu dicerna dengan baik. Kalau tidur setelah subuh yang ada bangunnya perut begah, kembung, dan terasa mau mual. Sungguh tidak mengenakan.


4. Hindari Minuman Es di Saat Berbuka Puasa


Minum air putih hangat saja harus perlahan, sudah barang tentu untuk menghindari minuman yang dingin. Padahal kesegarannya sudah terbayang di mata sampai tenggorokan. Tapi ya sudahlah, demi kesehatan, please jangan berbuka puasa dengan minuman dingin/es.


5. Jangan Stres, Cemas dan Khawatir Berlebihan


Asam lambung ini bukan hanya dipicu dari makanan atau minuman, melainian pikiran yang stres, merasa cemas dan khawatir yang berlebih juga dapat memicunya. Untuk itu, demi kesehatan sudah seharusnya kita menghindari stres. Mari kita bawa santai saja hidup ini.

Penutup


Well, buat teman-teman yang seperti saya mengalami asam lambung dan sering mengganggu aktivitas. Bisa coba beberapa tips di atas agar puasa kita lancar.

Apakah teman-teman ada tips lainnya? Boleh share di kolom komentar, ya.

Terima kasih. 😊


Tulisan ini diikutsertakan di BPN Ramadan Blog Challenge 2024.

———————————


Sumber referensi:

  • https://telemed.ihc.id/artikel-detail-810-Manfaat-Puasa-Bagi-Penderita-Asam-Lambung.html
  • https://rsudpariaman.sumbarprov.go.id/read-post/sakit-maag-lakukan-tips-berikut-saat-puasa.html
  • https://www.halodoc.com/artikel/6-tips-aman-puasa-bagi-pengidap-sakit-lambung
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

23 comments for "Puasa Tetap Lancar Bagi Penderita Asam Lambung"

  1. Puasa banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita ya, Kak. Karena pastinya lambung kita tidak seberat waktu ga puasa, ada banyak waktu istirhat dari kegiatan nyemil, ngunyah, ngebakso, dll

    ReplyDelete
  2. Masyaallah suka kagum sama orang yang punya sakit tapi tetep istiqomah puasa. Bahkan dengan penuh keyakinan bahwa puasa ini ibadah yang memiliki banyak hikmah bagi yang melakukannya.

    ReplyDelete
  3. Tips puasa buat yang punya masalah lambung? Penting banget! Semoga tipsnya bisa membantu menjalani puasa dengan lancar tanpa gangguan.

    ReplyDelete
  4. Strugglenya penderita asam lambung adalah melawan keinginan makanan-makanan pedas yang enak itu. Akupun merasakannya. Di mulut enak, tapi efeknya bisa kepanjangan. Jadi dilema akhirnya. Sehat-sehat badan.

    ReplyDelete
  5. Bener mbak, saya penderita asam lambung dan puasa bikin asam lambung saya jarang kambuh. Di awal puasa memang berat, saya akali dengan banyak tidur siang biar kuat puasa. Tapi lama-lama makin enak alhamdulillah.

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata ada triknya supaya puasa aman bagi penderita asam lambung, ya... Termasuk tidak minum es saat berbuka.

    ReplyDelete
  7. Menghindari minum minuman dingin pas buka itu paling sulit, bawaannya pengen minum yang dingin-dingin aja pas buka

    ReplyDelete
  8. Dengan mengikuti beberapa tips yang tepat, penderita asam lambung tetap bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar ya mbak

    ReplyDelete
  9. Bagi penderita asam lambung, waktu berbuka terkadang kudu benar benar diatur mau mengonsumsi apa biar asam lambung tidak kambuh. Penuh godaan pastinya, apalagi setelah berpuasa seharian tentunya lekas meminum es teh manis akan menyegarkan sekali ya. Belum lagi santapan makanan yang banyak pilihan dan takjil juga

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat iklan obat sakit maag yang paling sering muncul kalau bulan puasa. Memang harus perawatan ekstra ya kalao mau puasa lancar tapi maag gak kumat. Semangattt puasanya.

    ReplyDelete
  11. Poin nomor 4 agak gampang2 susah apalagi cuacanya panas dan kadang lapar mata memperparah segalanya. Semangat puasa teman-teman...

    ReplyDelete
  12. Padahal kalau tau hal-hal yang perlu dihindari maka bisa lebih lancar puasanya ya. Biasanya sih menghindari es nih saat berbuka yang sulit saya hindari,huhuhu

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak yang harus dihindari ya agar asam lambung tidak naik. Syukurnya selama ini saya sudah melakukan tips-tips di atas. Huff

    ReplyDelete
  14. Makasih tips nya kak kebetulan aku suka es nih brarti memang harus di kurangi atau dihilangkan kebiasaannya semoga lambung aku makin sehat

    ReplyDelete
  15. Puasa bagi orang penderita asam.lambung emang perjuangan bngt tapi pelan2 inshaa Allah dengan niat ibdah bisa menjalankannyaa smngat

    ReplyDelete
  16. Cocok banget ini buat keponakan dan kakak saya yang sering kambuh maag dan asam lambungnya. Tips-tipsnya sangat bermanfaat, Kak. Thanks for sharing ya.

    ReplyDelete
  17. Ah iya benar, minuman hangat terutama air putih itu ngebantu banget buat penderita asam lambung. Yang penting minuman hangatnya jangan yang bersantan karena tentu efeknya nggak baik untuk asam lambung

    ReplyDelete
  18. dilema sih ya yang punya riwayat maagh dan gerd kalau mau puasa. tapi setelah dijalani alhamdulillah aman sih, tetep konsumsi herbal dan makan gak terlalu lahap, gak makan pedes dan gak es setelah berbuka

    ReplyDelete
  19. Jaga perut biar nyaman saat berpuasa memang harus sih. Soalnya daku pernah mengalami pas lambung lagi kurang sehat, dan beberapa tips nya kak Ery memang jadi solusinya

    ReplyDelete
  20. Puasa itu obat, puasa itu mengatur pola makan. Insya Allah tidak masalah bagi penderita asam lambung selama masih mengatur pola makannya saat berbuka puasa dan sahur.

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah aku punya asam lambung dan puasa tetep lancar banget tahun ini. padahal agak takut, karena tahun lalu lumayan kumat asam lambungnya pas puasa

    ReplyDelete
  22. Wah padahal buka puasa pakek es itu enak banget, ternyata kurang ramah lambung ya

    ReplyDelete
  23. Ya Allah iya yaa... kalau ada makanan pemicu aslam naik.
    Aku jadi inget kalau kebiasaan yang ka Ery tulis di atas juga kadang aku lakukan. Kaya yang namanya sahur kan aga berat yaa.. Beres sahur leyeh-leyeh kadang sambil tiduran. Reminder banget buat kita semua untuk tetap nyaman dengan kebiasaan yang baik.

    ReplyDelete