Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Belanja Mukena Secara Online

Ramadan tiba, Ramadan tiba, tiba-tiba Ramadan.

Bahagia rasanya kita sebagai umat muslim akan dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan yang jatuh di tanggal 12 Maret 2024 (sebagian sudah mulai menjalankan puasa di 11 Maret 2024). Berbicara tentang Ramadan, tentu saja kita mengingat hal-hal yang harus dilakukan. Dari meniatkan diri untuk beribadah, mengerem emosi, dan tentu saja menahan diri dari segala godaan setan.

Nah, di bulan Ramadan kita lebih banyak beribadah, salah satunya menjalankan ibadah taraweh. Buat kita-kita yang wanita sudah kepikiran dong, mau pakai mukena yang mana. Enggak harus baru, yang penting nyaman dan sesuai syariat, ya. Kalau pun mau beli juga enggak masalah, itu tergantung kemauan dan kemampuan setiap orang.

Apalagi belanja mukena saat ini tergolong mudah. Bisa belanja online dari mana saja.



Tips Beli Mukena Online Biar Tidak Mengecewakan


Tips Beli Mukena Online

Sebenarnya ini pengalaman pribadi saya yang sudah belanja mukena murah tapi hasilnya bikin tertawa ngakak. Saya tergoda dengan harga Rp 59.500/set mukena di salah satu e-commerce kesayangan. Pas datang, ukuran sih sesuai besar, tapi bahannya tipis dan menerawang. Saya sampai tepok jidat sendiri.

Berikut tips sederhana untuk belanja mukena atau barang lain di online shop.

1. Cari Toko Online Terpercaya


Ini bukan hanya belanja online untuk mukena saja ya. Bisa untuk belanja segala barang di online shop, harus mencari toko yang terpercaya. Biasanya saya akan masuk ke official store atau toko dengan rating tinggi dan yang belanja juga banyak.


2. Jangan Mudah Tergoda Harga Murah


Harga murah memang menggiurkan, tapi ketika kita akan checkout barang, sebaiknya cek ulang lagi. Jangan sampai kejadian seperti saya menimpa teman-teman. Harga murah tapi barangnya kurang sreg. Kan kayak jadi nyesel gitu.

Harga standard mukena biasanya 150 - 300 ribu an. Kok ya bisa-bisanya saya beli harga di bawah 100 ribu. Ya sudah jelas lah kualitasnya seperti apa. Ini yang namanya “Ada harga, ada barang.”

3. Cek Detail Ukuran dan Bahan


Langkah selanjutnya tentu saja harus memperhatikan detail ukurannya. Apakah pas dipakai oleh kita atau enggak. Kalau saya tentu saja pilih mukena yang jumbo size. Kemudian jangan lupa perhatikan bahannya. Karena kalau bahannya asal-asalan, nanti kayak punya saya juga. Sudah tipis, menerawang, dan cukup panas.

4. Memperhatikan Ulasan dan Komentar dari Para Pembeli


Hal yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan ulasan dan membaca komentar dari para pembeli. Biasanya para pembeli akan memposting dan memberikan komentar pada suatu produk yang sudah dibelinya. Nah, apakah produk yang sedang kita incar ulasan dan komentarnya bagus, atau malah sebaliknya? Kalau bagus, tentu saja kita bisa lanjut beli, tapi kalau ulasan jelek, lebih baik urungkan niat, dan cari toko yang lainnya.

5. Bertanya Langsung ke Penjualnya


Tidak ada salahnya ketika kita inbox ke penjual untuk menanyakan mukena yang akan kita beli. Dari segi ukuran, bahan, warna, bahkan coraknya. Biasanya dengan senang hati dari penjual juga akan memberikan info detailnya. Karena mereka menyadari, bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Selain itu, kalau bisa kita meminta real foto untuk produk mukenanya, biar makin mantap hati kita untuk membelinya.


6. Pastikan Transaksi Pembeliannya Aman


Setelah mantap untuk membeli mukena tersebut, saatnya checkout. Saran saya lebih baik menggunakan pembayaran yang sudah tersedia yang bekerja sama dengan e-commerce kesayangan. Jangan mentransfer uang secara langsung ke pihak penjual. Hal ini adalah untuk keamanan transaksi kita.


Well, itulah beberapa tips untuk membeli mukena secara online. Apakah ada tips lain dari teman-teman? Jangan lupa share di kolom komentar, ya. Terima kasih, dan selamat menjalankan ibadah puasa.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

22 comments for "6 Tips Belanja Mukena Secara Online"

  1. huaa akhirnya ada yang sehati denganku!
    Yup mbak bener banget, yang namanya Ada Harga Ada Rupa itu ga bohong. Coba deh secara logika kan harga 100-200 tapi online jadi 50 an ya pastinya ...nggg....
    dan it happened to me, jadi sekarang kalau beli sesuatu yang kusuka tampilannya - mending bolak balik lihat yang di toko aja, karena bisa pegang barangnya, bisa dicoba dulu juga :))))

    ReplyDelete
  2. Pernah beli mukena online dan alhamdulillah sesuai dengan ekspektasi. Kalo mukena atau barang lain yg dijual terlalu murah emang too good to be true ya?

    Kadang ada yg curang. Sellernya majang foto mukena yg bagus eh dia kirim barang yg kw.

    ReplyDelete
  3. Ada harga ada kualitas ya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, nanti kualitasnya juga murah. Apalagi kalo beli online nggak bisa milih barangnya

    ReplyDelete
  4. Eh bener sekali harga murah memang menggoda. Dan biasanya sih ada harga ada rupa pastinya. Beberapa kali beli mukena online alhamdulilah sesuai keinginan. Tokonya amanah.

    ReplyDelete
  5. Aku kemarin pas Tiktok mau tutup tuh berasa kesempatan belanja murah terakhir kan yaa..
    Jadi, beli mukena harga under 50. Pas dateng, alhamdulillah.. memang sesuai dengan ekspektasi sii... Warnanya gak terlalu gonjreng ((aku suka pink, hehhe.. jadi aga khawatir kalo pas dateng pink gonjreng kan yaa)). Alhamdulillah bisa buat gonta-ganti sama anak-anakku yang beranjak remaja.

    ReplyDelete
  6. membeli barang secara online, termasuk membeli mukena memang harus jeli dan teliti ya, Mbak. Karena memang sesuai hukum dagang, ada harga ada rupa. Jadi jangan tergiur harga murah. Beda kalau beli offline, bisa dicek langsung barangnya.

    ReplyDelete
  7. Pas banget nih udah mau deket lebaran dan emang perlu mukena baru. Sepertinya ini bisa banget untuk diterapkan kalau mau belanja online supaya mendapat mukena yang bagus dan ciamik saat sholat ied nanti yes

    ReplyDelete
  8. detail dan ukuran ini amat penting buat dilihat lebih dulu sebelum CO
    biar pas nanti mukenanya datang gak ada kesalahan karena ukurannya gak muat atau bahannya gak sesuai harapan ya.

    ReplyDelete
  9. Emg sih skrg belanja mkn mudah. Tak perlu repot hrs muterin pasar utk bs tahu produk yg kita cari. Tinggal rebahan aja, kita bs cari produk dgn mudah. Apalagi mukena. Barang yg dipake buat beribadah kepada yg kuasa. Tentu hrs pilih yg adem, bgs dan perawatannya mudah. Hrs super teliti sih ya utk bs cari mukena yg bgs tnpa perlu meraba lgsg spt di toko.

    ReplyDelete
  10. Saya kalau belanja online juga suka lihat komentar pembeli, sama lihat real picture dari pembeli. Jadi lebih percaya dan yakin kalau banyak review bagus

    ReplyDelete
  11. Tipsnya bermanfaat banget nih, Kak. Kebetulan saya mempunyai rencana tuk beli mukena di toko orange. Ulasan dan rating pelanggan itu perlu banget euy buat mutusin beli atau tidaknya.

    ReplyDelete
  12. Kalo baju aku jarang beli di marketplace tanpa merk. Aku beli yang branded tapi diskon mbak, Alhamdulillah jarang gagal.

    ReplyDelete
  13. Belanja online memang kudu pintar dalam memilih. Baik memilih toko, maupun layanan transaksinya yang aman. Bagian paling menentukan adalah cek review, dan juga harganya. Bisa juga tanya spesifikasi bahan dan ukuran kepada penjual langsung.

    ReplyDelete
  14. Bener sekali tuh saya pernah beli online, eh ukurannya kekecilan. Sejak itu beneran memperhatikan sampai detail deh kalau beli secara online...

    ReplyDelete
  15. Aaakk alhamdulillaah 2 hari yang lalu aku baruu aja transaksi online buat beli mukena anakku yang agak adem. karena dua mukena yang dia punya semuanya bikin gerah. eh alhamdulillah yg datang emang sesuai ekspektasi

    ReplyDelete
  16. Membeli apapun secara online memang butuh kehati-hatian ya. Terlebih belanja mukena, kita harus tau betul jenis kainnya supaya nyaman digunakan. Jangan asal tergiur dengan harga murah yaa...

    ReplyDelete
  17. Bener banget, belanja online emang seru, tapi kudu hati-hati juga ya, apalagi buat beli mukena yang emang penting banget nyaman dan syar'i. Aku jadi lebih aware lagi nih pas mau beli barang online, biar gak kejadian kayak cerita lucu itu, hahaha! 🛍️✨

    ReplyDelete
  18. pas banget nih, lagi mau beli mukena traveling dan mukena di rumah. pengen ibadahnya nyaman dengan mukena yang adem tapi tetap bagus dilihatnya ^^

    ReplyDelete
  19. Saya kira tips-nya sudah komprehensif. Dan saya sepakat, jangan tergoda dengan mukena yang di bawah harga pasaran. Kebanyakan pas datang nggak sesuai ekspektasi, dan ujungnya malah nyesel. Uang lenyap, barang pun kurang bermanfaat jadinya.

    ReplyDelete
  20. Saya beberapa kali beli mukena online terutama mukena anak karena harganya lebih murah daripada di pasar. Alhamdulillah bahannya bagus intinya sih memang kita harus teliti banget sebelum belanja online ya, mbak.

    ReplyDelete
  21. Wah iya
    Ramadah banyak yg beli mukena baru
    Beli mukena baru secara online tentu lebih praktis ya

    ReplyDelete