Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Cermat dalam Bertindak

Setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentunya kita harus punya perencanaan yang matang dan tidak tergesa-gesa. Karena hasil dari sesuatu yang terburu-buru tidaklah baik, maka disarankan kita wajib untuk cermat dalam bertindak.

Bukan hanya tentang bagaimana menguasai pangsa pasar, tetapi juga memperhatikan segala bentuk risiko, sebab akibat, untung dan ruginya serta konsekuensi yang harus ditanggung ketika melakukan suatu hal.


Dalam dunia bisnis, cermat dalam bertindak sangat penting demi kelancaran usaha dan mendapatkan profit yang bagus.



Manfaat Cermat dalam Bertindak dalam Bisnis


Manfaat cermat dalam bertindak

Sebelum lanjut sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu. Apa sih itu cermat dalam bertindak?

Cermat dalam bertindak bisa dikatakan sebagai suatu proses kehati-hatian demi memperoleh hasil maksimal dengan memperhatikan situasi, membuat perencanaan yang matang, dan memperhitungkan risiko apa yang harus ditanggung.

Dengan begitu, cermat dalam bertindak sangat besar manfaatnya dalam dunia bisnis, di antaranya:

1. Memiliki Perencanaan yang Matang


Sebenarnya bukan dalam dunia bisnis saja, dalam kehidupan sehari-hari pun untuk mewujudkan suatu impian harus dibuat planning yang matang dan terperinci.

Dalam dunia bisnis, sebuah perencanaan sangatlah penting. Karena dari perencanaan ini akan diketahui berapa banyak produksi, pemasaran, termasuk biaya-biaya yang harus dikeluarkan.


2. Sesuatu yang Ditargetkan Tidak Meleset


Ketika sudah memasang target dari awal. Maka langkah-langkah yang diambil jelas dan sistematis. Sehingga sesuatu yang ditargetkan tidak meleset. Kalau pun apes, melesetnya tidak terlalu jauh.

3. Meminimalisir Kerugian/Risiko


Cermat sebelum bertindak itu sangat penting untuk meminimalisir kerugian, lho. Hal ini tidak menjadikan kita gegabah alias mentang-mentang. Akan tetapi, membuat kita hati-hati, dan tidak grusa-grusu. Sehingga ketika menghadapi risiko pun tidak terlalu jatuh, dan terseok.

4. Bijaksana dalam Mengambil Keputusan


Para pebisnis harus memiliki sifat seperti ini, bijaksana dalam mengambil keputusan. Sehingga usahanya akan jalan dan lancar.

Semua itu terjadi ketika pemimpinnya selalu bertindak cermat sebelum melakukan keputusan. Pandai menganalisis data, juga menerima masukan yang membangun dari karyawannya.

Serta ketika menghadapi suatu masalah internal, tidak serta merta langsung menjudge, melainkan dicermati dan diselidiki akar penyebab masalah tersebut.

5. Mengetahui Konsekuensi Seperti Apa yang Akan Ditanggung


Dalam pengambilan keputusan, harus sadar betul apa yang akan dihadapi. Konsekuensi seperti apa apabila mengambil sebuah keputusan. Untuk itu, sangat pentingnya, berpikir cermat terlebih dahulu sebelum bertindak.

Manfaat dari berpikir dahulu sebelum bertindak ini cukup banyak. Sangat pantas diaplikasikan pada dunia kerja maupun individu. Nah, masalahnya, banyak di antara kita yang masih jarang sekali untuk membiasakan diri cermat dalam bertindak. Kelihatannya sih mudah, yakin semudah itu?

Cara untuk Membiasakan Diri Cermat dalm Bertindak


Cermat dalam bertindak

Untuk membiasakan diri cermat dalam bertindak, ada beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Kesabaran adalah Kunci


Impian menjadi kenyataan tentu saja ada jalan panjang yang harus dilalui. Untuk itu, kita mesti sabar dalam berusaha. Tetap kokoh pada pendirian, meskipun sangat berat untuk dilaluinya. Kesabaran itu membawa keberkahan, dan membuat kita menjadi pribadi yang tenang. Sehingga keputusan yang diambil bisa tepat. Dan kesabaran ini merupakan skill yang tak terwujud nyata, namun sangat penting.


2. Menikmati Sebuah Proses Bukan Hanya Hasilnya Saja


Proses itu melelahkan, capek, dan kadang bikin frustasi. Tapi ya itu realitanya. Kita harus menerima dan menikmati setiap proses yang dijalani. Jangan hanya fokus terhadap hasil maksimal, tapi prosesnya dilupakan.

Sebuah proses itu sangat penting agar kita mengetahui cara mana yang tepat dan kurang tepat.

3. Belajar Sedikit Bicara dan Banyak Mendengarkan


Orang yang cerewet seperti saya tentu akan susah ketika dituntut untuk sedikit berbicara. Namun harus kita lakukan, dan mulai belajar mendengarkan dari dua arah. Sehingga apa yang akan dikeluarkan dari mulut kita bukan sesuatu yang asal-asalan, melainkan sesuatu yang sudah dicermati dengan benar.

Penutup


Well, cermat dalam bertindak itu suatu sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang. Baik para pelaku usaha maupun untuk pribadi diri sendiri. Karena manfaat dari cermat dalam bertindak sangatlah penting bagi kehidupan.

Untuk itu, yuk kita selalu menerapkan poin-poin cermat dalam bertindak, agar hasil yang kita peroleh sesuai dengan yang diharapkan dan risiko yang dihadapi cukup ringan.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

20 comments for "Pentingnya Cermat dalam Bertindak"

  1. hingga saat ini, aku juga masih melatih kesabaran untuk melakukan segala hal :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar memang kunci segala kunci, ya, Mbak. Mengontrol kita biar enggak gegabah.

      Delete
  2. Aku setuju mba, untuk urusan apapun jangan ingin tergesa-gesa pelajari dulu cermati dulu. Atau setidaknya tarik nafas dulu biar bisa berpikir harus melakukan apa dan agar tidam salah langkah juga y

    ReplyDelete
  3. kecermatan jadi kunci ya Mba, dalam segala tindakan memang sebisa mungkin kita bisa melakukannya secara cermat. Kadang sebagai orang yang cenderung merasa tertuntut utk agak2 perfect kalau belum detail di pencermatan terutama persiapan

    ReplyDelete
  4. Cermat dalam bertindak, memang harus diterapkan dalam setiap hal kehidupan kita ya mbak, bukan cuma dalam soal bisnis saja. Supaya tak ada sesal dikemudian hari karena grusa grusu

    ReplyDelete
  5. Cermat bertindak bukan hanya untuk pebisnis ya, tapi buat emak - emak juga.Hahah... secara, tugas emak tuh berat banget karena harus mengurus semua urusan rumah tangga:)

    ReplyDelete
  6. Setuju, Mbak, cermat dalam bertindak itu penting sekali. Selain meminimalisir resiko yang muncul, juga dapat menjadi acuan untuk mengambil keputusan.

    ReplyDelete
  7. Setuju ! dalam melakukan segala hal harus cermat dan teliti, ada baiknya juga dipertimbangkan sebelum memyesal dibelakang. Bersikap bijak serta sabar harus selalu diterapkan

    ReplyDelete
  8. memang sih dalam berbagai hal itu kita harus cermat biar bisa mendapat hasil yang memuaskan yaa

    ReplyDelete
  9. Benar banget ini dengan begitu kita juga jadi lebih hati-hati juga dalam bertindak ya. Apalagi dalam dunia bisnis, harus direncanakan sebaik mungkin segala sesuatunya.

    ReplyDelete
  10. Soal bicara itu emang kadang gak semua orang mau mendengarkan, maunya ngomong mulu yaa.
    Cermat dalam bertindak itu bisa diartikan seperti jangan grusa-grusu ya. Ketika berproses ya kudu menikmati prosesnya jangan keburu ingin cepat2 berhasil ya. Emang kesabaran dalam hal apapun penting.

    ReplyDelete
  11. Yang sering orang lupa, maunya langsung gol sukses padahal kudu ada proses panjang dulu ya. Jadi kita bisa menikmati langkah tiap langkah agar tahu makna sebenarnya dan bisa menghargai apa yang ada

    ReplyDelete
  12. Cermat dalam bertindak adalah PR yang tak ada ujungnya nih, selalu direminder disetiap kegiatan baik dalam kerjaan/berbisnis ataupun buat personal.
    Masih terus belajar juga nih, bener2 kesabaran adalah koenjti

    ReplyDelete
  13. Yupss setuju sedikit bicara banyak mendengarkan, apalagi di dunia bisnis. Harus pandai melihat keadaan.

    ReplyDelete
  14. Mbaaakk, makasih tulisannya ya... betul kita nggak boleh gegabah dalam bertindak, kudu cermat dan banyak pertimbangannya. Apalagi zaman sekarang kita nggak bisa bgt ngontrol reaksi orang lain, suka di luar nurul aja gitu..

    ReplyDelete
  15. Setuju dengan tips 'sedikit bicara banyak bekerja' karena sekarang memang mengomentari seseorang sudah sangat biasa dilakukan orang lain bahkan tanpa mengenal terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih remindernya... Kita memang harus terbiasa untuk cermat ya sebelum bertindak, apalagi dalam bisnis...

    ReplyDelete
  17. Bertindak secara cermat dan tepat memang harus diperhatikan pula langkah-langkahnya, alias berpikir dulu sebelum bertindak. Jangan sampai salah bikin keputusan yang bisa merugikan.

    ReplyDelete
  18. Yang paling susah itu sabar, melenceng sedikit saja dari rencana terkadang udah bikin gusar kalau saya. Pengennya segera ambil tindakan, hehe

    ReplyDelete
  19. Kebetulan banget, aku ada rencana buat bangun bisnis kecil-kecilan. Tapi, masih belum clear perencanaannya. Sembari menyusun rencana, sembari menyiapkan modal untuk bangun usahanya hehe

    ReplyDelete