Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening PayPal yang Sudah Dibatasi

Ini adalah cerita perjalanan panjang saya dalam mengembalikan keaktifan akun PayPal. Sejak tahun 2019 akun PayPal saya tidak aktif. Saat itu rasanya tidak pernah terpikirkan untuk mengaktifkannya lagi meski ada saldo USD 15. Saya santai menanggapinya. Bahkan hampir lupa kalau saya punya rekening digital itu. Nah, di tahun 2020 saya mulai mencari tahu kenapa rekening saya dibatasi.

Mengaktifkan kembali rekening PayPal yang dibatasi



Beberapa Hal yang Pembatasan Rekening PayPal


Sebenarnya alasannya cukup sama dengan bank-bank lainnya juga, kalau ada hal yang mencurigakan pasti rekeningnya dinon-aktifkan. Dan ini beberapa hal yang membuat rekening PayPal dibatasi.

1. Tindakan yang dianggap mencurigakan


Saya juga kaget lho kenapa saya mendapati 'gelar' kalau tindakan saya mencurigakan, padahal awalnya mau beli templat blogspot di media online. Terus saya waktu itu tukar dola ke Mba Elizabeth Murni. Jadi, Mba Elizabeth itu transfer uang ke saya. Nah, habis itu dianggap mencurigakan, padahal ya enggak sama sekali yang mencurigakan.

Mungkin alasannya karena saya sangat-sangat jarang bertransaksi menggunakan PayPal. Selain itu alamat saya juga ngasal nulisnya. Hanya nama kota dan provinsinya saja yang saya tulis.

2. Salah password berkali-kali dan atau ada orang lain yang mencoba login


Ini sih sudah pasti ya, Gengs. Kalau kita bolak-balik salah masukin password, ya kayak kita masukin PIN ATM, salah ya ATM keblokir. Selanjutnya kalau ada orang yang mencoba masuk akun kita atau browser yang tidak dikenal. Ini juga membuat rekening PayPal dibatasi.

3. Melanggar peraturan dan kebijakan dari PayPal


Ada banyak peraturan dan kebijakan yang harus kita patuhi. Saya belum hapal semuanya sih.

Intinya, kita menggunakan rekening PayPal ya untuk yang normal-normal saja. Transaksi jual beli, baik fisik maupun jasa, yang tidak melanggar aturan hukum yang berlaku. Kalaupun akun PayPal kita dibatasi, kayak punya saya. Kita punya solusi untuk memecahkan masalah.


Cara Cepat Memulihkan Rekening Paypal yang Dibatasi


Aslinya mudah kok untuk mengembalikan rekening kita yang dibatasi ke kembali normal. Hanya saya saja yang santai dan malas-malasan untuk menyelesaikan masalah ini.

Langkahnya ialah berikut ini:

1. Login ke akun PayPal

2. Masuk ke Home, ada notifikasi yang menerangkan rekening dibatasi, klik saja itu mengarah ke pusat penyelesaian masalah

3. Upload foto ID diri, ini bisa KTP maupun Paspor

4. Upload bukti domisili ini berupa surat keterangan dari tempat tinggal kita. Bisa berupa surat keterangan dari desa/keluruhan setempat, atau bisa juga dari rekening koran bank

5. Menunggu hasil, maksimal 5 hari kerja akan dihubungi

Lancar, kan? Kalau saya tidak, upload foto KTP semua, baik yang ID diri maupun yang domisili. Akhirnya punya saya tidak ada respon sama sekali karena saya salah upload yang bagian domisili. Terus baru ingat kembali di pertengahan tahun 2021. Saya coba chat langsung ke Customer Service-nya. Dijelaskan kronologinya kenapa punya saya masih dibatasi. Ya, intinya kurang yang surat domisili.

Terus saya berpikir ulang, masa iya saya ke kantor desa terus minta keterangan surat domisili hanya untuk mengaktifkan rekening PayPal. Saya coba berpikir ke opsi yang kedua. Print rekening koran dari bank. Terus mikir lagi, kapan saya ke bank biru untuk minta rekening koran. Kan malas, terus tertambah kesibukan makin hari makin menjadi. Okay, fix. Singkatnya saya bisa lampirkan rekening koran dari hasil mendownload rekening koran by internet banking.

Baca juga:


Akhirnya saya chat kembali ke CS-nya, terus kirim soft file rekening koran. Belum ada 5 hari kerja, email pengaktifan kembali rekening PayPal sudah masuk. Setelah semuanya selesai, akhirnya saya senyum sendiri. Aslinya sih di dalam hati tertawa ngakak. Ampun dah, hal simple banget, kenapa juga harus nunda dari tahun 2019 baru kepikiran di pertengahan 2021, terus baru diurus bener di awal tahun 2022? Kan kalau ingat hal ini, konyol bener hidup gue! Wkwkwkwk


Penutup


Well, itulah cerita pengalaman saya untuk mengaktifkan kembali rekening PayPal. Kalau kita cermati dengan seksama, mudah sekali kok, tidak bisa melakukannya sendiri, tinggal hubungi CS-nya saja yang ramah dan sabar dengan mendengar ocehan kita.

Oh ya, rekeningku sudah jadi, nah buat temen-temen yang mau kasih dolar buat saya, langsung klik https://paypal.me/eryudya . Dan dengan begini, semoga bisa bekerja sama dengan brand luar negeri, ya yang bayarannya dolar. Aamiin.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

7 comments for "Cara Mengaktifkan Kembali Rekening PayPal yang Sudah Dibatasi"

  1. Aku baru baru ini ngaktifin Paypal mbakk, nice info.. smg akun ku baik baik saja terus 😁

    ReplyDelete
  2. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete
  3. akunku yang lama kayaknya juga beberapa kali dapat email non aktif gitu tapi karena tidak pernah menggunakannya dan gak ada saldonya juga jadi cuek aja hihih
    kemarin akun baru sempat gak sesuai juga tuh nama di KTP ama nama bank, jadilah urus-urus juga, dibantu sama CS Paypal secara online, cepat banget dooong urusannya yang penting kita ikutin semua instruksinya :)

    merindu job dollar lagi nih :D

    ReplyDelete
  4. Duh, jadi inget akun paypal saya udah lama nggak aktif juga, jangan-jangan kena pembatasan nih 🙈 thank's mba infonya, gak gitu ribet ya caranya..

    ReplyDelete
  5. Beberapa waktu lalu memang beberapa teman mengaku bahwa rekening paypalnya dibatasi. Nah karena rekening paypalku baik-baik saja waktu itu. Aku sudah mengisi data diri sesuai KTP dan beberapa kali juga bertransaksi dengan paypal. Yah meski amat sangat jarang sekali sih. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Wahh aku juga dlu sama kek gitu, tapi langsung ganti email lah. Pusing gak nemu caranya, membantu banget sih ini, izin save kak

    ReplyDelete
  7. Yang punya akun paypal harus baca nih biar kalo merasa hal serupa bisa segera teratasi. Izin save artikelnya yaa kali aja kalo punya akun paypal dan mengalami hal serupa saya bisa melakukan hal-hal di atas

    ReplyDelete