Cara Mudah Membuat About Me di Blog

by - 2:56:00 PM

Assalamu’alaikum wr wb..
Tak terasa ya, Februari 2018 sudah mau di penghujung saja. Tapi blogku masih kosong, baru ada satu postingan ini. Hahahaha.. Yaa, maklum, lagi sok sibuk sana sini. Jadi baru bisa ngurus blog di hari libur begini. Ceritanya di awal tahun 2018 saya ganti template. Bongkar template sendiri, utak-atik kode html sendiri. Kan rasanya bagi saya itu ruaaar biasaaak. Minta tolong sama Pak Suami malah dijawab, “Belajar sendiri, nanti kapan bisa ngedit sendiri kalau saya terus yang ngutak-atik itu script,” Jawaban yang sungguh tidak mengenakan. Wkwkwkwkwk, enggak ding, sebenarnya sih bagus tujuannya biar saya mau belajar, cuma asli, bikin kremod-kremod kepala. Mending saya disuguhkan dengan laporan keuangan yang amburadul dan saya perbaiki (woh sombongnya) dari pada lihat atau edit-edit kode html.


Setelah saya berhasil utak-atik itu template blog, saya tinggal mikir nih, bagaimana cara menaruh 'About Me' yang keren kayak blogger-blogger kece lainnya. Al-hasil saya googling mencari tutorialnya. Memang ada beberapa, dan akhirnya saya pun berhasil. Caranya memang harus telaten dan kudu benar-benar sabar (bagi saya ini perjuangan berat). Dan kali ini saya mau share cara yang simple, mudah-mudahan ini merupakan cara yang sangat simple.

Langkah pertama, siapkan foto profile teman-teman yang paling kece. Terus edit. Kalau saya lebih enak pakai aplikasi edit photo PhotoScape. Perkara sepele milih foto bagi saya ini juga bikin pusing, ribuan foto yang ada di HP saya pilih kok ya enggak ada yang cantik mirip Raisa atau Isyana, gitu. Kan nggapleki tenan iki. Padahal saya lihat blog teman-teman itu fotonya pada bagus-bagus. Ah, ya sudahlah, pakai foto pilihan hati saja.
cara membuat about me di blog
Edit foto pakai PhotoScape

Kemudian di PhotoScape edit foto tersebut, mau close up atau hanya wajah juga bisa. Dicrop sesuai selera. Mau bentuk foto segiempat atau elips juga okay. Kalau saya pilih yang elips. Nah klik Crop =>> centang Crop Round Image. Hasilnya jadi seperti di bawah ini.
Cara membuat about me di blog
Ya lumayan (muji diri sendiri)

Langkah kedua, klik ‘New Post’ di blog. Seperti layaknya kita mau buat postingan baru. Terus insert foto yang sudah diedit tadi. Di bawahnya tulis tentang siapa kita atau catatan singkat siapa diri kita. Setelah komplit menuliskan deskripsi tentang profile blogger, ketika ‘Read More’ di bawahnya, yang kemudian dilink-kan ke halaman ‘About Me’ kita secara lengkap. Kalau belum punya page atau post ‘About Me’ sebaiknya tidak usah menggunakan ‘Read More’ tersebut. Cukup sampai  deskripsi singkat saja juga tidak apa-apa.
Cara membuat about me di blog
Dan saya nulis tentang deskripsi diri sendiri mengalami beberapa perubahan. Bentar-bentar ganti, hihihi

Langkah ketiga, klik kolom ‘HTML’ di new post tadi. Selanjutnya copy kode html tersebut. Untuk menyimpan sementara saya copy dulu di notepad. Langkah seterusnya buka ‘Layout’ atau ‘Tata Letak’ pada blog. Pilih ‘Add Gadget’ ==>HTML/JavaScript. Beri judul ‘About Me’ atau ‘Siapa saya?’ atau bisa ‘Who am I?’ dan lainnya sesuai keinginan kita. Kemudian kolom di bawah, copy-kan kode html yang tadi. About Me yang berisi deskripsi singkat sudah jadi.
Cara membuat about me di blog
Copy kode html tersebut
cara membuat about me di blog
Pilih Layout
cara membuat about me di blog
Pilih HTML/JavaScript

Langkah keempat, sebelum klik save, ketika kita mau menambahkan link media sosial kita, bisa juga. Saya pakai cara dari tulisan wortel, di situ tertulis secara lengkap bagaimana cara membuat about me di blog. Saya mengcopy kode html yang khusus untuk media sosial saja. Yang tinggal diganti link URL media sosial punya kita. Baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lainnya.
cara membuat about me pada blog
Setelah semuanya dicopykan, tinggal klik save

Langkah kelima, setelah kode html yang yang berisikan link medsos dicopy-kan, kita klik save. Terus klik ‘Save arrangement’ dan lihat pada blog kita.
cara membuat about me pada blog
Jangan lupa untuk menyimpannya

Yes, Alhamdulillah, ‘About Me’ punya saya jadi juga. Hehehehe..
cara membuat about me di blog
Yes.. Berhasil.

Nah, itu langkah mudah cara membuat About Me di blog ala saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan Wassalamu’alaikum wr. Wb.

You May Also Like

32 comments

  1. Boleh juga nih mba nanti saya coba di blog satunya,
    Biar kekinian kaya punya mba, hehe

    ReplyDelete
  2. Yay! Makasih sharingnya mbak. Ini cara sederhana banget nanti aku mau nyoba ah. Soalnya mupeng liat yg lain, about me nya kece2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, awalnya pun aku mupeng, karena punya yang lain pada kece begitu. Jadilah saya coba-coba, hehehe

      Delete
  3. about me ku geje mbak
    secara saya blogger nubie hehe

    ReplyDelete
  4. Nice share, setiap blogger aku rasa punya cara tersendiri untuk membuatnya. Yang jelas about me ini sangat penting, guna siapa saja yang ingin kenal lebih jauh, atau dalam hal silaturahmi.

    Btw, templatenya baru lagi kah, Teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz, betul betul, kita semua punya ciri khas yang berbeda-beda alam membuat 'About Me' nya.. Iya.. ini templatenya baru lagi, heheheh :)

      Delete
  5. About me emang penting ya mba ditampilin biar pengunjung pun bisa sayang sama penulisnya *eh maksudnya bisa kenal dan tahu tentang penulisnya wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya ya boleh boleh, kan ada pepatah juga, Tak kenal maka tak sayang, hihihi

      Delete
  6. Bisa di terapkan ini about me di blog saya, makasih informasinya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, Mas Anggar, silakan dicoba, semoga berhasil ;)

      Delete
  7. Caranya gampang sekali yach Mbak, saya jadi ingat dengan blog saya yang males pasang about me, padahal peranan AM sangat penting. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata sesimple itu, hehehe.. Ayo Kang Nata buat About Me juga

      Delete
    2. Saya sudah Buat Mbak, namun tidak sempat saya tampilkan, maluuuu,,,hihihi... :)

      Delete
    3. iikh kang Nata kok besar malunya sih 🤔 ?
      Napa hayooo ... 😉 ?

      Delete
  8. Waaah, kalau gini "about me"-nya jadi keren ya, Mbak...

    ReplyDelete
  9. Makasi mb Ery aku aja ga mudeng bikin yang beginian wkwkkw...ntar mau praktekin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya, sama-sama, Mbak Herva. Aku aja pakai ribet dan semrawut dulu :D

      Delete
  10. Aku termasuk orang yang malas utak-atik blog mba. Nice sharing mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak Nur Rochma, aslinya pun aku malas, tapi ini sudah mentok dan kepepet.
      Oke, terima kasih, Mbak

      Delete
  11. Saya about me langsung pasang di menu aja, hahah... Ogah repot anaknyahhh... Biasanya kalau ada yang ngacak2 about me, nggak lama dateng email kerjaan deh, haha... Memang ini penting banget kok, termasuk menyebutkan kita blogger dari daerah mana dan passion menulisnya ke bidang apa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, aaamiin aamiin.. itu yang saya harapkan, hihihiih
      iya, saya kadang ditanya blogger dari mana? secara saya dari desa gitu, huhuhu, jauh dari hingar bingar kota :D

      Delete
  12. semoga betah mbak nge blognya hehe,,,,

    ReplyDelete
  13. Joss. jadi bisa mengenal lebih dekat dengan mbak ery lewat "about me" ini. Lanjutkan...

    ReplyDelete
  14. Haduh about me pny aku tak se unyu punya mbk :p

    ReplyDelete
  15. Sangat penting ini untuk melengkapi laman blog

    ReplyDelete
  16. NOTED! tapi aku ga jadi jadi mbaaaaaaq

    ReplyDelete
  17. Nice sharing,kak.
    Berguna buat semua blogger.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of