4 Metode Mengedukasi Anak di Rumah

4 METODE MENGEDUKASI ANAK DI RUMAH



Oleh : Ery Udya


Anak adalah buah hati yang merupakan anugerah terbesar dalam hidup bagi siapa saja. Sudah sepantasnya, sebagai orang tua, harus menyayangi, menjaga dan melindungi serta memberikan pendidikan yang baik untuk buah hati. Sebagian besar orang di Indonesia, pendidikan sekolah di usia dini merupakan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka. Padahal, hal itu belum tentu baik, karena hal yang paling dibutuhkan oleh anak adalah berinteraksi dengan orang tua.
Sumber : Google Image

Dan berikut adalah metode-metode sederhana untuk mendidik anak di rumah :

  1. Mendidik Agar Anak Memiliki Rasa Percaya Diri
Terkadang orang tua terlalu khawatir jika anaknya bergaul dengan teman sebayanya atau anak melakukan kreasi baru di rumahnya sendiri. Seharusnya, sebagai ibu yang baik, jangan melarang anaknya untuk berteman atau pun berkreasi, biarkan mereka tumbuh dan berkembang untuk memupuk rasa percaya diri dari sejak kecil. Jika kita sebagai orang tua merasa khawatir atau pun was-was, kita bisa memperhatikannya dengan tidak langsung. Kita harus mendukung kegiatan anak-anak selama kegiatan itu positif. Biarkan mereka memiliki rasa percaya diri, agar di kemudian hari, dia tidak menjadi orang yang rendah diri, tetapi tetap bisa rendah hati.

  1. Biarkan Anak Mengembangkan Pengetahuannya
Anak yang cerdas, mereka adalah yang sering bertanya tentang hal-hal yang baru saja dilihatnya. Begitu banyak pertanyaan-pertanyaan dari anak karena mereka ingin tahu. Hal itu sangat bagus, kita harus menjawab pernyataan-pertanyaan itu dengan baik dan benar. Selain itu, kita harus mengarahkan tentang pengetahuan tersebut secara perlahan, agar mereka juga tidak bosan. Kita bisa belajar sambil bermain di halaman rumah. Mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, bukan hanya di bangku sekolah, tetapi di rumah juga bisa.
Sumber : Google Image

  1. Ajarkan Anak Untuk Hidup Sederhana
Di zaman yang semakin maju dan pesat, kebutuhan ekonomi juga semakin meningkat. Kita dituntut untuk berhemat dalam berbagai hal. Untuk itu, tidak salahnya kita mengajarkan anak untuk hidup sederhana. Caranya cukup mudah, dari pola keseharian makan, berpakaian, dan melaukan permainan. Pola makan sehari-hari, biasakan makan dengan kebutuhan makanan yang mudah dicari, di pasar tradisional mudah di dapat. Jangan ajak anak sering makan di luar, baik di cafe atau pun junk food, selain tidak baik untuk kesehatan, makan di luar juga akan menimbulkan gaya yang boros.Begitu juga dalam berpakaian dan membelikan permainan ke anak, belikan yang sederhana saja. Adakalanya memang memberikan hadiah yang cukup mewah untuk anak, tapi janjikan hal itu jika anak telah mendapatkan sebuah prestasi. Agar dia juga mau berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal.

  1. Mendidik Anak Agar Menjadi Pribadi Yang Baik
Perkembangan anak terkadang tidak bisa diduga oleh orang tua. Mereka bisa begitu cepat untuk mengetahui beberapa hal dari dunia luar. Sebagai orang tua yang baik, dukunglah perkembangan tersebut dengan dukungan moril. Selain menjadi anak yang cerdas, tetapi dia juga memiliki hati yang baik, bisa bersosialiasi dan peka terhadap lingkungan dengan baik. Untuk itu, contohkanlah dalam aktvitas sehari-hari menjadi pribadi yang baik. Karena, anak selalu mencotoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Dan perlu diingat anak pada usia dini dari umur 1 - 5 tahun, mereka cenderung memperhatikan tingkah laku ayahnya, meskipun keseharian anak tersebut lebih sering dengan ibunya.

Demikianlah empat metode sederhana untuk mendidik anak di rumah. Karena pendidikan itu tidak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah, maka kita wajib memberikan contoh yang baik serta mendukung pada setiap perkembangan anak. Agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi orang yang hebat.


No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)