Provider Ini Tetap Bersignal Di Tempat Terpencil

by - 7:17:00 AM

Internet, sekarang sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang, termasuk saya yang setiap hari berselancar untuk mencari informasi penting. Selain berselancar, aktivitas saya juga sebagai blogger tentunya sangat memerlukan koneksi internet. Saat di kota, saya tidak bingung mau menggunakan koneksi internet dari mana, karena banyak wifi gratis yang muncul. Tetapi, pada saat di rumah, saya mulai memutar otak mencari provider andalan agar koneksi stabil.

Dulu, sering kali terjebak oleh iklan-iklan di televisi yang mempromosikan paket internet murah dan koneksi kencang di manapun. Saya pun ikut-ikutan menggunakan provider 3 untuk koneksi internet, ternyata lemah, akhirnya pindah ke Smartfren, cukup andal namun kalau cuaca buruk ya sama saja. Akhirnya, dari beberapa provider yang digunakan, saya coba pakai simpati, awalnya coba dari simcard di hp, terus copot pasang ke modem. Ternyata lancar. Wuss wuss..

Meskipun paket internet simpati tergolong mahal, apa boleh buat, hanya simpati satu-satunya provider yang bisa bertahan di tempat tinggalku. Paket flash ultima yang 2 GB aja sampai Rp 77.500. Memakai provider itu memang banyak tantangan, kita harus pintar-pintar mengelola kuota agar paket tidak terbuan sia-sia. Terlebih ketika kita ada wifi, maka matikan saja paket data internet kita di smartphone, yang pakai laptop atau pun komputer, tidak usah pasang modem.

Berbicara tentang provider memang ada yang cocok dan ada yang tidak tergantung daerah atau tempat tinggal. Seperti halnya di desa saya yang jauh dari keramaian kota, provider yang cocok untuk berinternetan memang hanya simpati. Sedangkan provider yang sangat buruk di desa saya, adalah '3', jangankan untuk internetan untuk sms atau telepon saja tidak bisa karena tidak ada signal.

Hanya SimPATI yang bisa 'hidup' di tempat seperti ini

Jika harus memilih wifi atau provider telekomunikasi, tentu saja memilih wifi, karena koneksi lebih cepat dan stabil. Selain itu, gratis, hihihi... Terebih, saya bekerja di salah satu perusahaan swasta yang full wifi dan koneksi gratis, maka dari pagi sampai sore saya bebas menggunakannya. Saking asyiknya menggunakan wifi gratis, saya jarang ke warnet lagi. Kalau dulu, masih sering ke warnet meksipun hanya untuk buka sosial media. Dan semenjak hadirnya paket data, wifi dan jaringan internet lainnya, warnet banyak yang gulung tikar karena sepi pengunjung. Dulu pada saat masih menggunakan seragam putih abu-abu, sering kali pulang sekolah mampir ke warnet, tapi sekarang tidak lagi.

Karena lebih sering menggunakan wifi, kuota yang saya pakai menggunakan provider simpati hanya 2GB setiap bulannya. Jadi bisa berhemat.Lalu, bagaimana tips dan triknya untuk menggunakan internet agar tidak terbuang sia-sia? Ini dia caranya :
  1. Matikan paket data saat ada koneksi wifi dan atau pun sedang tidur
  2. Jangan mendonwload apa pun ketika menggunakan kuota data
  3. Jangan mengupload data atau viedo dengan kapasitas besar, karena hal ini bisa menguras paket kuota.


Ya, itulah cerita saya tentang menggunakan paket internet di desa yang jauh dari keramaian kota. Terpencil memang tidak, tapi masuk ke dalam memang iya, hahahaha..

You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of