Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Piring Gizi Seimbang dengan Kreasi So Good Chicken Sweet and Sour Saouce

Sebagai orang yang boleh dikatakan sibuk dengan berbagai kegiatan. Terkadang, saya mengalami drop dan cepat lelah. Tak jarang ketika badan ini mulai lelah dan letih, saya langsung ke dokter. Jawaban dari dokter pun enggak yang gimana-gimana banget. "Mbak ini kecapekan, sekarang banyak-banyak istirahat dan pola makannya dijaga. Asupan gizinya harus seimbang biar tubuh tetap fit," Hampir setiap kali saya periksa, pasti deh, kebanyakan pola makan saya yang harus dibenerin dengan menu gizi yang seimbang.

Yaa, itu saya akui, saya memang belum menjaga kesehatan dengan baik dan benar. Seringkali makanan cepat saji tanpa memperhatikan kadar gizi, saya embat begitu saja. Lebih parahnya lagi, saya suka makan yang penting kenyang, tanpa memikirkan kadar protein dan vitamin yang masuk ke tubuh.

Rasanya cuma bisa ngelus dada doang kalau sakit. Dan itu kesalahan sendiri. Tapi mulai sekarang pola hidup sehat pun harus terjaga. Apalagi saya sedang mengharapkan kehamilan pertama, tentunya menu makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah baik dan tepat.

Untuk memulai kebiasaan biar hidup sehat itu memang sedikit berat. Harus dipaksakan. Dimulai olah raga kecil waktu pagi hari. Meskipun hanya lima belas sampai dua puluh menitan. Kemudian tidur malam tidak sampai larut. Maklum, saya tipe orang yang suka begadang meski hanya untuk nonton sebuah film. Ngehe banget deh gue. Selain itu, pola makan mulai diubah. Sekarang lebih banyak makan olahan dari rumah. Masak sendiri, biar jelas sehatnya makanan tersebut.

Berbicara tentang gizi seimbang, itu bukan hanya kita makan banyak dan jumlah lauknya banyak. Namun harus mengandung beberapa unsur seperti :

35% Karbohidrat. Bisa berupa nasi, jagung, ubi, kentang, dll
15% Lauk Berprotein. Seperti ayam, telur, daging sapi atau kambing, tahu, tempe, dll
35% Sayuran. Bisa sayur kangkung, kacang panjang, bayam, buncis, selada, sawi, kobis, dll
15% Buah. Buah juga banyak macamnya, bisa buah apel, jeruk, pir, pisang, dll.

Khusus untuk protein, tentunya ada dua jenis yaitu :
Pertama, protein nabati atau dari tumbuhan kacang-kacangan, kedelai dan sejenisnya. Kalau dioleh bisa menjadi tahu, tempe; yang setiap hari saya makan.

Kedua, protein hewani atau dari hewan seperti daging, ayam, telur.

Untuk memudahkan melengkapi kandungan protein saya berusaha untuk mengkonsumsi protein hewani. Dan yang mudah didapatkan tentunya ayam. Selain harganya terjangkau, nilai gizinya pun cukup tinggi. Dan saya memilih Ayam Potong So Good karena terbukti kualitasnya.

Untuk membuang rasa bosan makan ayam yang dimasak gitu-gitu saja (dibaca : digoreng), saya mencoba mengkreasikan So Good Ayam Potong Bumbu Kuning menjadi sebuah masakan yang lain dari pada sebelum-sebelumnya. Saya sulap (masak) jadi Chicken with Sweet and Sour Sauce.

Rasanya enak loh, ada manis, asin, asam dan gurihnya. Hmm, yummy banget deh lezatnya. Selain itu, untuk membuatnya juga praktis, tidak memerlukan bumbu yang terlalu banyak. Kita cuma siapin bumbu untuk sausnya.

Ingin tahu caranya? Yuk, simak bahan dan cara pembuatannya.
so good ayam potong bumbu kuning
So Good Ayam Potong Paha dan Dada Bumbu Kuning

Bahan :
450 gram Ayam potong bumbu kuning So Good
150 ml Minyak goring
ayam potong so good
Ayam potongnya dah ada bumbunya, praktis

Bumbu Saus :
7 siung Bawang putih
4 siung Bawang merah
3 buah Tomat
1 buah Jeruk nipis
3 batang Serai
2 batang Daun bawang
1 sendok teh garam
2 sendok makan gula pasir
50 ml Air
Daun seledri secukupnya
bumbu masak
Bumbu sausnya simple

Cara memasak :
Pertama, saya memanaskan minyak di wajan, setelah mendidih, langsung memasukan ayam potong bumbu kuning So Good. Saya tidak menambahi bumbu lagi, karena ayam potong kemasan ini sudah dilumuri dengan bumbu. Jadi praktis. Goreng ayam sampai matang atau warna hingga kecokelatan. Setelah itu, tiriskan.

Kedua, bawang merah dan bawah putih dihaluskan. Untuk tomat dan daun bawang, potong-potong sesuai selera. Setelah selesai, kita kembali panaskan minyak yang baru. Kemudian masukan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga aroma wanginya keluar. Selanjutnya, masukan irisan tomat, aduk rata hingga matang. Lalu, campurkan air jeruk nipis. Cukup memotongnya menjadi dua bagian lalu memerasnya. Masukan 3 batang serai yang sudah dimemarkan terlebih dahulu, aduk rata dan tambahkan air sebanyak 50 ml. Jangan lupa juga tambahkan garam 1 sendok teh dan gula pasir sebanyak 2 sendok makan. Hal ini saya lakukan biar manis asamnya dapat. Jadi perbandingan garam dan gulanya cukup jauh berbeda.

Ketiga, setelah saus mulai mengental, masukan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk rata biarkan beberapa menit agar bumbunya meresap dan matang sempurna. Setelah itu, angkat dan hidangkan.

Yeee, jadi deh Chiken with Sweet and Sour Sauce ternyata untuk membuatnya mudah juga, yaa...

Nah, itu untuk proteinnya. Sedangkan untuk sayurnya saya membuat tumis kacang panjang. Selain mudah banget buatnya. Masaknya juga cepet. Bumbunya juga cuma bawang merah dan bawang putih, garam dan gula merah serta minyak secukupnya.

Tinggal potong kecil-kecil kacang panjangnya. Kemudian iris tipis bawang merah dan bawang putih. Panaskan minyak di wajan, masukan bawang merah dan bawang putih, setelah warna bawang mulai berubah, masukan kacang panjang, gula merah dan garam secukupnya. Aduk sebentar, kemudian tunggu beberapa menit. Angkat dan hidangkan.

Dan ini Menu Piring Gizi Seimbang ala saya dengan kreasi So Good Chicken Sweet and Sour Sauce. Ada nasi, sayur kacang, ayam saus asam manis dan buah pir. Ayamnya saya suka yang paha, biar yang ada tulangnya, hehehe (enggak nyambung).

so good
Menu simple, tapi kadar gizi komplit

Untuk buahnya saya sengaja memilih buah pir, biar setelah makan ada penghilang rasa asam manisnya itu dapat. Serta tetap mampu memberikan vitamin dan cairan yang baik bagi tubuh.

Sangat mudah kan, untuk membuat makanan yang memenuhi menu piring gizi seimbang? Next time, saya juga akan mencoba membuat kreasi baru dari produk So Good. Karena masih banyak yang belum saya coba.

Demikian tulisan ini saya buat untuk mengikuti Lomba Blog Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang SO GOOD.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

14 comments for "Menu Piring Gizi Seimbang dengan Kreasi So Good Chicken Sweet and Sour Saouce"

  1. Nyam nyam nyam, sama nasi hangat wenak banget ini. Tambah kerupuk semakin kriuk. Hehehe, Good luck ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya maknyus.. dan aku kegirangan, hore.. aku berhasil masak, kekekekekek

      Aamiin.. terimakasih, Mbak.

      Delete
  2. wah enak nich makan so good, apalagi ditraktir teman, asikkkk,,,,,,

    ReplyDelete
  3. Mashaallah, mantap jiwa nih mba.. Selain keliatan "meyakinkan" makanannya namun gizi teteup jadi perhatian nomor satu donk ya mbaa.. Sip sip dah kalau tiap hari bisa masak kayak gini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Zalfaa. Kalau masak sendiri, Insya Allah gizi seimbang terpenuhi, tapi rasa juga tetap enak.

      Delete
  4. Enak banget nih kelihatannya, iya kelihatannya, soalnya saya belum makan so good lagi..hehe
    So good emang juara dah.

    ReplyDelete
  5. So Good ayam bumbu kuning ini enaknya memang udah bisa tinggal goreng aja ya, nggak perlu dibumbuin lagi. Jadi tinggal kasih bumbu lainnya aja deh kalau mau diolah jadi masakan lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cocok banget buat mamak muda zaman now kek saya, ihihhihi tinggal goreng aja beres :D

      Delete