Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desa Panusupan, Tempatnya Surga Alam Indonesia

Rumah Pohon Kenangan, Puncak Batur, Desa Panusupan
Perjalanan ini sebenarnya sudah dua minggu yang lalu. Namun, aku selalu mengingat saat travelling bersama Mba Mie dan Vetty. Dengan menggunakan kendaraan roda dua, kami melaju menuju Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Di mana di desa tersebut banyak wisata alam yang baru dibuka.

Dengan bersama tim Pokdarwis Desa Panusupan kami diantara ke Puncak Batur, sebuah wisata alam baru yang ada di Desa Panusupan. Meski masih baru, pengunjung sudah membludag (sangat banyak). Banyak wisatawan dari luar Pubalingga yang sengaja travelling ke tempat ini, bahkan ada yang dari Lampung.
Suasana area parkir di kawasan Puncak Batur yang sangat ramai

Menuju Puncak Batur memang bukan hal yang mudah, karena kita harus berjalan mendaki bukit. Selama mendaki bukit ini, kita bisa menemukan pos untuk tempat istirahat sejenak. Di tempat pos ini saja sudah bisa melihat pemandangan di bawah bukit yang begitu indah. Hamparan hijau dengan awan putih menyatu dalam balutan alam yang agung. Menjadikan mata tidak ingin berkedip untuk melihatnya.Di setiap pos juga disediakan tempat sampah, agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini cukup bagus diterapkan karena menyampah sembarangan itu bukan hal yang baik, agar alam kita tetap indah dan memberikan kesejukkan setiap saat, maka kita semua pun harus menjaga salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

Setelah berjalan kaki selama lebih kurang dua jam kita semua merasa lelah. Tetapi rasa lelah kita dibayar dengan keindahan alam yang disuguhkan di Puncak Batur. Sungguh luar biasa kekayaan alam Indonesia, begitu indah nan asrinya pemandangan dari atas Puncak Batur.
Jalan menuju Puncak Batur Terdapat Rumah Jamur sebagai tempat istirahat

Udara yang begitu sejuk dengan hembusan angin yang lembut membelai wajah, rasanya tidak ingin turun dari Puncak Batur. Namun, apa daya, waktu jua yang harus membuatku meinggalkan Surga Alam Indonesia.
Menikmati keindahan alam di atas Rumah Pohon Kenangan, Puncak Batur
Berfoto ria di atas Rumah Pohon Kenangan, Puncak Batur

Beribacara tentang Surga Alam Indonesia, Desa Panusupan memang tempatnya. Banyak lokasi wisata dengan pemandangan yang luar biasa seperti Igir Wringin yang memang sudah dibuka sebelum Puncak Batur. Menuju Igir Wringin, kita harus mempunyai persiapan lebih, karena perjalanan kakinya lebih lama dibandingkan Puncak Batur. Selain itu, ada juga tempat untuk menyaksikan Sunrise dan Sunset dari satu tempat yaitu Gunung Sendaren, Curug Pesanten dan masih banyak lagi objek wisata di Desa Panusupan.
Menikmati Sunrise di Igir Wringin
Surga Alam di atas Gunung Sendaren

Gunung Sendaren yang merupakan sebuah bukit di Desa Panusupan yang bisa dijadikan sebagai tempat camping dengan pemandangan yang luar biasa.

Siapa saja yang ingin travelling ke Desa Wisata Panusupan, tidak akan menyesal, karena di sini tempat indah bak Surga Alam Indonesia. Saya sendiri juga ingin datang lagi ke tempat tersebut. Tujuan saya tentu saja ingin menikmati alam dengan cara yang berbeda, yaitu dengan susur sungai di Kali Arus.

Untuk travelling menuju Desa Panusupan cukup mudah. Dari arah Kota Purbalingga (arah selatan Desa Panusupan), kita lurus terus sampai ke Pasar Bobotsari. Dari Perempatan Pasar Bobotsari, kita belok ke arah kanan (arah timur) dan lurus sampai ke Pertigaan Desa Rajawana, kemduian, lurus hingga Desa Panusupan. 
 
Peta Desa Wisata Panusupan
Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita bertravelling ke Desa Wisata Panusupan, dijamin, tidak akan menyeseal.

Demikianlah tulisan ini yang bertujuan untuk mempromosikan Desa Wisata Panusupan yang sudah mulai berjalan. Selain itu, untuk mengikuti Kompetisi Menulis Blog bersama sandyacaraka.org , tak lupa jua terima kasih kepada Mba Mie yang sudah menjadi 'tukang ojek' saya bersama Vety menuju Puncak Batur, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

--
Sumber Foto : Koleksi Pribadi, Koleksi Glaha Gleve dan atau Erhan Untoro.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Desa Panusupan, Tempatnya Surga Alam Indonesia"