5 Kebiasan yang Menular Setelah Menikah

2:53:00 PM 25 Comments A+ a-

Cie.. yang bahas-bahas tentang menikah, ceritanya udah enggak jomblo lagi nih. Kalau dulu mah mana berani bahas tentang pernikahan, malah sengaja menghindar karena takut ditanya “Kapan nikah?” Sekarang, pertanyaan itu enggak muncul lagi, tapi berganti jadi “Kapan hamil?” Emang ya, kita sebagai makhluk sosial enggak akan lepas dengan beberapa pertanyaan yang diawali dengan kata ‘kapan’. Tapi saya enggak akan membahas hal begituan, takut jadi baper sendiri. Terus apa?

Jadi begini loh teman-teman, dalam hubungan pernikahan itu ada banyak hal yang terjadi baik suka dan duka dilewati bersama. Saling menguatkan, mengingatkan dan saling setia. Kalau kata lirik lagunya Ada Band, “Walau badai menghadang, ingatlah aku kan selalu setia....” Tapi lagi-lagi nih, saya enggak akan menulis tentang sesuatu yang bikin baper dalam-dalam para jomblo karena sebentar lagi tahun 2018. Saya tahu bagaimana rasanya menjadi jomblo lama, hahahaha.

Kalau yang mau serius ngilangin jomblo, bisa banget cek cara Buang Status Jomblo ini.

Okay, fix kita back to the topic. Kehidupan dalam pernikahan juga harus didasari saling pengertian dan mengasihi. Karena kalau enggak begitu, apa gunanya pernikahan? Karena dengan rasa tersebut kita merasa nyaman bila di dekat pasangan. Dan saking nyamannnya, kita sampai enggak sadar kalau kebiasaannya juga bisa menular. Bak virus cinta yang cepat menebar, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kesukaan Tontonan Favorit
Ketika weekend datang dan enggak ada acara ke mana-mana, yang dilakukan suami saya adalah menonton anime. Saking serunya dia menonton, sampai tertawa, bahkan kesal sendiri. Saya jadi penasaran dong, sebenarnya apa sih yang ditonton kok sampai begitu banget asyiknya. Tentu saya ikutan nimbrung. Awalnya emang paham apa yang ditonton, tapi karena saking seringnya akhirnya pun saya jadi ketularan. Tiap hari Jumat harus mendonwload film anime kesuakaan biar bisa ditonton pas hari Sabtu dan Minggu.

2. Virus Kegemaran Nge-game yang Menular
Punya suami yang doyan nge-game itu senang-senang sebal. Apalagi kalau sudah fokus sama layar monitor/smartphonenya. Ampun dah, bisa-bisa lupa segalanya. Bikin greget. Karena suka serius banget gitu ketika menjalankan sebuah permainan, saya lagi-lagi penasaran. Ikut lihat apa sih kok kayaknya seru banget. Dan ternyata ada beberapa game yang biasa dimainkan seperti Plants vs Zombies, Fantasy Football Manager, COC dan lainnya.

Kalau dulu saya seringnya ngeluh apa an gitu dimainkan, tetapi gara-gara sering memperhatikan malah jadi ingin ikut main juga. Akhirnya saya pinjam smartphone suami buat nge-game. Yang saya mudeng dan paham hanya Plants vs Zombies, untuk game lain kurang paham. Sampai beberapa hari saya memainkan game ini terus menggunakan HP suami, dan saya enggak mau install game apa pun di HP sendiri. Kok gitu? Egois dong..? Hmm, ya mungkin saya egois, tapi ini demi kebaikan saya juga. Pasalnya kalau di HP saya ada game, bisa-bisa kerjaan saya enggak bakalan selesai. Karena saya tahu betul diri saya ini, kalau udah kecanduan enggak bakalan berhenti buat memainkannya. Nah, kalau di HP suami kan ada yang mengingatkan saya untuk berhenti. Entah itu ada telepon atau pesan masuk. Atau memang sudah cukup lama buat nge-game. Suami pasti ngingetin.

3. Kebiasaan Usil
Saya ini memang usil, jahil, suka ngisengin gitu. Karena sudah berkeluarga, jadi kelakuan itu saya alihkan ke suami. Dulu yang jadi korban keisengan saya adik-adik saya. Karena setiap hari saya begitu, dikit-dikit iseng dan ngerjain, lama kelamaan suami saya juga ketularan. Bentar-bentar ngeledekin, bentar-bentar ngejahilin. Ya, begitulah, yang penting masih normal dan tidak melewati batas, dan yang paling penting sih, bikin kita ketawa apalagi di tanggal tua begini, suami istri belum ada yang gajian, wkwkwkwkwkw malah curhat.

4. Ekspresi Wajah
Ketika bercanda atau sedang ngobrol santai, tiba-tiba suami saya ada salah dalam ucapan, saya langsung pura-pura sinis. Pasang muka biar kelihatan marah dan sebal, meski ujung-ujungnya berakhir tawa. Dan saya sering begitu, suami jadinya tertular juga. Giliran saya salah ngomong atau apa langsung memperlihatakan muka gahar atau garang. Dan saya cukup tertawa ngakak saja.

5. Menularnya Kata-kata Ajaib
Ini bukan mantra sihirnya Harry Potter atau si Scalamander ya. Melainkan kata-kata yang keluar dari mulut saya secara ceplos.



Jadi begini, jadi perempuan yang pernah mengalami kejombloan terlalu lama, dari dulu itu suka melakukan apa-apa sendiri. Dari masalah pekerjaan, makan dan jalan-jalan, saya lebih sering sendirian. Bahkan sampai-sampai saya itu dicap sebagai Single Traveler. Dari kebiasaan yang sendiri, saya menyombongkan diri sebagai manusia yang strong, enggak cengeng dan enggak gampang baperan. Dan pas nemuin masalah, saya menganggap itu pasti berlalu dan akan kuatasi karena “Gue kan strong,”

Sampai saat ini, kata-kata itu belum bisa menghilang, kadang-kadang pas ngobrol sama suami ketika ada sesuatu tentu saja saya mengucapkan, “Gue kan strong,”

Karena sering mendengar kalimat begitu, tentunya suami saya paham dan sudah sangat-sangat tidak asing bahkan sudah merasuk ke dalam sanubarinya. Sampai-sampai kalau ada sesuatu dan saya tanya, “Yakin, Mas bisa?” Pasti dijawab, “Yakinlah, Gue kan strong..”

Dari semua itu kita bisa tertawa. Dan dalam rumah tangga kami dan teman-teman tentunya ada perbedaan. Mungkin dari teman-teman lebih dari lima hal kebiasaan yang menular, atau bisa kurang dari itu. Dan itu semua enggak masalah, karena namanya beda orang tentunya beda-beda cara membuat tertawa. Ya, sekali lagi, tulisan ini dibuat untuk menikmati kebahagiaan dengan cara yang sederhana. Karena bahagia enggak harus yang wah, akhir bulan belum gajian pun harus tetap tertawa gembira, enggak boleh baperan wkwkwkwkwkwkw (tetep ya, kata-kata yang ini dibawa lagi).
Yang penting bahagia, hahaha

Yeah, saya rasa cukup sampai di sini tulisan di penghujung tahun 2017. Semoga di tahun 2018 kita mendapatkan kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik. Amiiin..... Pesan saya, jangan lupa untuk membuat tertawa orang yang kita cintai/sayangi.

Terima kasih.
Happy New Year 2018.

25 comments

Write comments
Zalfaa Azalia
AUTHOR
January 1, 2018 at 5:23 AM delete

Waah saya jomblo dan baca ini mba, huhuhu.. Ternyata kalau udah nikah kebiasaan-kebiasaan bisa nular juga ya, mana unik-unik lagi :D.. Semoga saya dan yang jomblo pas baca ini bisa bersabar :'D aamiin..

Reply
avatar
Pramudya Dhio
AUTHOR
January 1, 2018 at 1:44 PM delete

terimaksih buat berbagi pengalamannya ,, pada kami2 yg jomblo ini mbak hehehehhe

Reply
avatar
Ery Udya
AUTHOR
January 1, 2018 at 2:31 PM delete

Hehehehe.. iya.. kadang suka begitu, ada sesuatu yang unik dan bikin greget, hiihhih... hahaha jangan baper, kalau sudah waktunya jodoh pasti bertemu :D :D

Reply
avatar
Ery Udya
AUTHOR
January 1, 2018 at 2:32 PM delete

hehehe nanti kalau sudah enggak jomblo lagi, pasti akan merasakannya, hiihhihi

Reply
avatar
Anjar Sundari
AUTHOR
January 2, 2018 at 7:48 AM delete

Selamat tinggal jomblo ya mbak.. hehe.. selamat atas pernikahannya yaa..

Untung suami saya nggak suka nge-game, kalau suka terus saya ketularan bisa berabe nih hihi, padahal game yang saya tahu selama ini cuma tetris..

Asal menularnya masih hal baik nggak apa ya mbak, yang penting saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga mbak Ery pernikahannya samara selamanya, aamiin.. :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 2, 2018 at 8:18 AM delete

Amiin amiiin... terima kasih, Mbak Anjar..

Ya begitulah,selama dalam hal kebaikan dan saling mengingatkan enggak jadi masalah ya.. hehehehe

Reply
avatar
January 2, 2018 at 11:41 AM delete

Saya masih menikmati kejombloan di awal tahun 2018...

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 2, 2018 at 1:01 PM delete

hehehe, enggak apa-apa.. nikmati dulu masa-masa single yang penuh petualangan hehehe

Reply
avatar
Andi Nugraha
AUTHOR
January 2, 2018 at 10:43 PM delete

Iya, kah. Wah baca ini belum nikah..he
Oke lah, nanti aku buktikan tulisan ini setelah menikah. Tapi nggak dalam waktu dekat ini..hehe

Lihat foto usli itu aku kira muka, eh taunya rambut :D

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 3, 2018 at 9:45 AM delete

hehehe iyaa.. semoga segera mendapatkan jodoh :D

Iya, itu rambut bukan muka :D :D

Reply
avatar
January 3, 2018 at 11:16 AM delete

Hahahahah kalau saya ketularan gaya hidup sehat, suami saya soalnya anak gym banget.

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 3, 2018 at 12:55 PM delete

wah, itu bagus banget, Mbak. Patut ditiru nih gaya hidup sehatnya :)

Reply
avatar
Anisa AE
AUTHOR
January 4, 2018 at 1:15 PM delete

Fakta banget ini Mbak :D Apalgi poin kata-kata ajaib :v

Reply
avatar
January 11, 2018 at 9:55 AM delete

Jadi teringat seorang teman yang pingin nikah dg alasan, "Biar gue nggak ditanya kapan nikah lagi!" Alamakkk... kelar ditanya kapan nikah, akan belanjut dg tanya kapan hamil, kapan melahirkan, kapan beranak lagi, kapan beranak yg ke 3 lusin, dll...

Senang dg inti tulisannya kalau banyak2lah tertawa dg ekpresi bahagia, walau mungkin bukan dalam moment yg bahagia, macam belum gajian misalnya, haha...

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 11, 2018 at 12:57 PM delete

hahhaa iya.. meski belum gajian ya harus tetep tertawa.. kami memang pasangan yang bisa dibilang absurd, kalau dapat kesialan malah ketawa ngekek..


yeah, tentang pernikahan kalau ngurusian kata orang mah gak bakalan kelar, nyatanya sudah menikah begini, belum hamil langsung dicecar berbagai pertanyaan, wkkwkwk

Reply
avatar
Dila Augusty
AUTHOR
January 12, 2018 at 8:27 AM delete

Hahaha ... Duniamu duniaku. Yang gak suka makan ikan, bisa suka makan ikan. Yang gak mau olahraga, bisa suka juga. Kalo saya, bisa tuh ditularin sama suami. Eh giliran doi, beuh gak mau aku tularin makan cumi sampe menikah 14 tahun ini. Doi teguh pendirian soal satu ini ... Hahaha

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 12, 2018 at 8:20 PM delete

Ya emang begitu, kita yang wanita mudah tertular kebiasaan suami. Tapi suami jarang yg mudah tertular kebiasaan istri.


Kalau aku soal makanan, suamiku enggak doyan jengkol sama petai, padahal udah disemur atau dimasak sedemikian rupa, tetep aja enggak doyan. Hihihi

Reply
avatar
Ella fitria
AUTHOR
January 15, 2018 at 4:08 PM delete

Mana suaranya yg jombloooo.. Uwww, pengin nabok mbak ery.. Bikin iri ajaaa, huffft.. Hahah

Reply
avatar
Chacha Dwi
AUTHOR
January 17, 2018 at 9:13 AM delete

Setuju banget sama tulisannya, mbak! :D

Gara2 saya suka nonton drama korea, suami saya juga ketularan nonton (walaupun bukan genre yang drama romantis). Kalau kami ada yg nyeplos kata2 lucu, biasanya yg lain langsung niruin dan ketawa ketiwi nggak jelas berdua hehehe

Ooya, salam kenal ya mbak Eri :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 17, 2018 at 9:58 AM delete

Hahhaa.. kamu loh, bisa aja.. jomblo juga asyik, kok. karena aku juga pernah menjadi jomblo, hiihhiih

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 17, 2018 at 10:00 AM delete

Hahhaha, iyaa.. kalau sudah berkeluarga, pasti ada saja yang menular, karena kita bersama jadi mulai paham dan meniru kebiasaan pasangan kita.

Salam kenal juga, Mbak Chacha..

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 17, 2018 at 10:01 AM delete

hehehe, Iya, Mbak Anisa :)

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
January 21, 2018 at 4:02 PM delete

Komunikasi dng suaminya sangat harmonis yach Mbak,,,, saya senang liatnya, walau cuma membayangkan sich... :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
January 24, 2018 at 9:19 AM delete

hehe iya.. Alhamdulillah, semoga bisa seterusnya bisa begini :)

Reply
avatar
Dongengtravel
AUTHOR
March 30, 2018 at 10:38 PM delete

ciee yang udah gak jomblo hehehe
mantap mbak sharenya duh jadi pengen cepet cepet nikah juga lah hahaha menyenangkan sepertinya

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)