Ketika Blogger Kelas Teri Ngomong di Depan Banyak Orang

1:35:00 PM 20 Comments A+ a-

Ah, rasanya itu luar biasa dan groginya pun enggak ketulungan.

Jadi, pas hari Minggu, 29 Oktober 2017 kita mengadakan workshop untuk pelatihan blog. Alhamdulillah, pesertanya enggak jauh meleset dari yang sebelumnya sudah pada mendaftar. Pas info ini disebar ada 21 orang yang mendaftar, tapi pas hari H, yang hadir 18 orang. Ah, enggak apa-apa. Toh yang 3 orang karena memang ada acara keluarga dan lain sebagainya.

Pas hari Minggu pagi, aku sama Pak Suami mulai rempong. Dari yang mengambil snack, menata ruang, nyiapin proyektor dan lainnya atau intinya gladi resik lokasi lah. Menginjak jam 9, satu per satu mulai berdatangan. Awalnya psimis banget. Takut cuma 5 orang saja yang ikut. Nah, pas jam 9.30 Alhamdulillah pada datang. Ya, enggak bisa marah ke mereka juga, karena alasannya memang sama dan logis, hujan. Minggu pagi di daerah kami hujan, jadi kebanyakan mereka menunggu reda terlebih dahulu.

Setelah mereka berkumpul semua dan mendapatkan snack serta air mineral ukuran 600 ml, tepat jam 10.00 acara dimulai. Materinya memang untuk blogger pemula banget, dipandu oleh Febri Simon Laksono. Kita semua diajarkan bagaimana cara membuat blog dari awal. Jangan heran ya, kita di sini memang jarang banget yang bisa ngeblog, dan sebagian besar peserta juga masih awam, kita pandu step by step untuk ngeblog.
blogger kelas teri
Rasa tegang dan spanengnya emang terlihat sii :D

Ada yang langsung mudeng, ada juga yang dari tadi menatap layar laptop. Bingung, gimana caranya. Pertanyaan-pertanyaan seputar awal pembuatan blog pun muncul. Dan tampang mereka pun sangat-sangat serius. Katanya sudah kayak mau ujian nasional aja. Tapi, yang patut diacungi jempol mereka serius dan mau belajar bagaimana cara membuat blog.

Materi awal berakhir 11.30, kita break untuk istirahat, makan siang dan salat zuhur. Sambil makan siang kita juga tetap berdiskusi. Saling tanya jawab mengenai apa itu blog. Kita sangat memaklumi karena masih awam.
blogger kelas teri
Break dulu, nyantai dan ngobrol-ngobrol

Setelah satu jam istirahat, kita lanjut untuk belajar. Mereka semua pada semangat, tapi justru yang mengantarkan materi yang groginya minta ampun. Iya, materi kedua saya sendiri yang menyampaikan. Merasa takut, was-was dan deg-degan pokoknya campur aduk deh.

Dengan perasaan yang luar biasa grogi, saya pun maju untuk menjelaskan tentang bagaimana kita membuat blog. Melanjutkan dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya oleh Simon. Dari materi yang saya bawa, tentang kita-kiat berjualan melalui blog, bagaimana cara memasarkannya dan bagaimana cara aktif ngeblog.
blogger kelas teri
Rasanya itu, super grogi deh :D :D

Rasanya memang bertolak belakang dari apa yang saya alami. Karena blog yang saya punya pun jarang terawat dan bukan blog jualan. Terlebih, saya bukanlah blogger kondang, hanya blogger yang suka menulis untuk menuangkan ide atau unek-unek di hati. Intinya, saya mah apa atuh, jauh dari profesional. Ibarat kata, bisa dibilang blogger 'Kelas Teri'. Hahahahaha.

Well, tapi dalam tahap belajar kali ini kita tidak memandang siapa. Apalagi saya mengajak mereka untuk berdiskusi dan aktif tanya jawab. Beberapa pertanyaan pun muncul, ada yang bikin saya tertawa, bingung jawabnya, dan ada juga jauh dari topik.

Mbak, kira-kira jualan apa ya? Yang cepat laris dan mudah bikin kaya?”

Sontak kita ketawa semua, karena bapak yang melontarkan pertanyaan juga sambil tertawa. Namun demikian, saya coba menjawabnya dengan bijak, meskipun jawaban masih jauh dari harapan.

Semua jualan membuat kita kaya. Yang penting itu niat dan kegigihan, ketekunan dan ketelatenan kita. Dan yang paling penting, barang atau jasa yang kita jual adalah sesuatu yang halal dan tidak melanggar peraturan yang ada,"

Ketika kita membuka usaha, pastinya tidak langsung kaya, ada prosesnya. Rugi kadang juga menghampiri, tetapi kita harus yakin dan tetap tekun. Jangan lupa promosi juga ke teman-teman, saudara dan lainnya,” lanjut saya.

Setelah jawaban saya yang cukup bijak, ada yang langsung melontarkan pertanyaan lagi.

Mbak, saya sudah promosi ke mana-mana, tapi kenapa saya masih sering rugi? Kenapa enggak cepat sukses? Terus mereka yang baru buka usaha kok langsung ramai dan laris manis,”

Aduh aduuh, ini mah pertanyaan makjleb. Kudu jawab opo? Karena memang pada kenyataan, di sekitar kita banyak yang sudah bertahun-tahun jualan, tapi enggak laku-laku sedangkan yang baru dagang langsung cetar membahana dan pesanan membludag. Memang sebuah pertanyaan yang cukup sulit untuk saya jawab, aselii saya bingung.
blogger kelas teri
Mencoba berdiri biar makin dekat untuk diskusi (alibi aslinya menghilangkan rasa grogi)

Jangan berhenti untuk menawarkan produk kita. Tentu saja juga jangan nyepam (membuat spam). Selain itu, kita juga perlu belajar dan memahami apa si yang menyebabkan dagangannya enggak laku? Sudah promosi ini dan itu, tetap saja sepi. Berarti ada sesuatu hal yang kurang baik dan tidak tepat dalam berpromosi. Kita wajib memperbaikinya,” jawab saya, semoga benar.

Selain pertanyaan tersebut juga masih ada pertanyaan yang lainnya, seperti halnya, “Apakah Mba Ery suka jalan-jalan? Saya lihat di blog www.travelingku.net ini isinya jalan-jalan dan kuliner. Saya punya Warung Mie Ayam Manalagi, apakah Mba Ery mau mampir juga?”

Hahahaha, pertanyaan apakah ini? Tentu saya jawab, “Iya, Pak, tentu saya mau mampir dan menikmati Mie Ayam Manalagi buatan Bapak,”

Tanya jawab selesai, kita lanjut praktek langsung pada blog. Mereka memang benar-benar baru di dunia blog. Bahkan ada yang baru membuat email di gmail.

Tak terasa juga, waktu semakin cepat berlalu, sudah begitu hujan deras mengguyur. Al hasil, kita saling ngbrol dan kayak belajar kelompok, karena kalau bicara satu per satu suara enggak kedengeran meski sudah pakai pengeras suara.
Dalam kesempatan workshop ini, saya sedikit memberikan tips-tips untuk teman-teman yang mau membuat blog khusus untuk berjualan.
lukman belut
MC Kondang kita :D :D

Oh ya, hampir lupa juga, acara Workshop dan Pelatihan Blog ini dipandu oleh MC kondang seantera Purbalingga bahkan Barlingmascakeb. Beliau ini selain aktif di kegiatan sosial, kepemudaan dan lainnya; juga merupakan juragan belut. Yupz, beliau di rumah membuka usaha dagang khusus jualan belut. Cukup sederhana saja namanya, 'LUKMAN BELUT'.

Selain itu, dari acara ini saya juga bisa belajar, bagaimana cara menghadapi banyak orang agar enggak grogi. Sedikit demi sedikit saya berhasil membunuh rasa takut dan malu untuk berbicara di depan umum begitu, meskipun aslinya cukup sering saya dipaksa maju ke mimbar untuk memberikan sepatah dua patah kata. Tetapi rasa was-was tetap ada.


Semoga acara seperti ini akan terus ada. Dan yang terpenting, kita tetap belajar bersama dan saling support dalam kebaikan. :)

20 comments

Write comments
November 10, 2017 at 1:44 PM delete

tepuk tangan untuk mbak, hip hip hore.
bagus mbak, pancing mereka dan kenalkan mereka apa itu blog.
seandainya deket, psati saya datang juga.

mbak, mbak bukan blogger kelas teri. mbak itu blogger kelas pemula sama seperti saya.
tetep semangat ya mbak.

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 10, 2017 at 1:55 PM delete

hahahaa iyaa.. makasih, Mas Fajar.. di tempat saya memang masih jarang yang ngeblog.

Hmm.. ya apa lah itu namanya, yang jelas masih nol besar deh ilmu ngeblog saya, hihihihi

Reply
avatar
November 10, 2017 at 4:19 PM delete

Sedikit demi sedikit, mereka akan tahu n mengenal apa itu blog. Setelah mbak kasih tahu.
😁😁 Dan ilmu yg mbak beri dengan mereka walau sedikit. Akan menjadi amal.

Ilmu ngeblog itu menulis. Jangn merendahkan diri gitu mbak. Kita sama sama belajar 😀

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 10, 2017 at 4:30 PM delete

Hheee.. aamiin.. semoga bermanfaat, meski ilmu secuil ya.. terima kasih, Mas Fajar. :)

Reply
avatar
November 11, 2017 at 5:52 AM delete

sama sama mbak, lebih baik berbagi ilmu walau secuil dihadapan manusia tapi bermanfaat. daripada berbagi hoax :).
tetep semangat mbak

Reply
avatar
November 11, 2017 at 8:41 AM delete

jos gandos temen ... aku ora ana deneng

Reply
avatar
November 11, 2017 at 9:55 AM delete

Pengalaman yg menarik dan luar biasa kak..

Mau tanya adakah tips buatku untuk mengatasi grogi ketika di depan umum?

Kebetulan aku punya harapan bisa jadi pembicara kayak kakak dan klo bisa lebih baik lagi

Srannya dong yaaa ehee

Reply
avatar
Ikrom Zayn
AUTHOR
November 11, 2017 at 2:08 PM delete

wah jempol jempol buat embak
ini mah bukan kelas teri lagi
apalagi bisa berbagi
tapi bener sih kata mbak, jangan nyepam, promosi boleh
btw nama MC nya lucu ya hihi

Reply
avatar
Ery Udya
AUTHOR
November 11, 2017 at 3:12 PM delete

heheh, sarannya gak ada yang gimana-gimana, lah wong aku ya grogrinya minta ampun, masih ada beberapa yang belepotan ngomongnya. hikkss hiksss

Reply
avatar
Ery Udya
AUTHOR
November 11, 2017 at 3:14 PM delete

hahaha iya, yang penting bukan nyepam, aku mah masih apa atuuh.. hikss hiksss...

hahahaha, MC nya namanya keren, itu nama bekennya, karena dia jualan Belut, jadi lebih terkenal sebagai 'Lukman Belut'.

Reply
avatar
November 12, 2017 at 8:21 AM delete

Halo mbaa
Keren banget bisa berbagi dengan banyak orang tentang ilmu blog. Smoga makin banyak yang bergabung dan menjadi blogger terbaik ya mba :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 12, 2017 at 9:11 AM delete

Aamin.. Terima kasih, Mbak Alida. Saya juga masih belajar ini 😊😊

Reply
avatar
November 12, 2017 at 9:09 PM delete

Saya juga pernah mengalami hal yang sama. Kalau saya menyampaikan materi ngeblog di ekskul jurnalistik anak SMA. Waktu itu Ada 20 orang. Saya berharap ada respon dari mereka. Tapi mereka diem semua, hening sekali. Disitulah saya jadi grogi. hihi

Reply
avatar
Artha
AUTHOR
November 13, 2017 at 5:18 AM delete

Udah keren banget, mbak! Ini pelatihan blog tingkat kota ya? Keren ih dipercaya isi acara...berarti mbak bukan kelas teri lah

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 13, 2017 at 7:39 AM delete

iya, kalau hening itu kita bingung banget, apa mereka mudeng, atau gagal paham apa yang kita sampaikan, atau mereka malah makin bingung, hihihi

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 13, 2017 at 7:40 AM delete

hahaha, bisa aja ni.. ya ini di kota saya, karena memang masih jarang banget yang ngeblog :)

Reply
avatar
Ratu Kupret
AUTHOR
November 15, 2017 at 2:55 AM delete

Waaah mbaknya hebat.
Aku lha kalo disuruh ngomong depan orang banyak ya kabur duluan...
tapi mbaknya terlalu low-profile. haha masa sih kelas teri... yg kelas teri tuh aku. Postnya mbak udah banyak. Lah aku cuma 3 bijik.. 😟 hahaha

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 15, 2017 at 10:24 AM delete

hahhaa, jangan gitu laah, aku jadi malu.. aku masih belajar, hehehehe

Reply
avatar
Cahaya Surga
AUTHOR
December 9, 2017 at 12:32 PM delete

mantaf dah Kapan yah bisa kak gitu hew hew

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)