Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudahnya Cara Bayar Tagihan Listrik PLN dan Penambahan Daya Secara Online

Cara mudah bayar listrik
Sekarang ini kebutuhan listrik setiap masyarakat akan bertambah banyak apalagi semakin banyaknya produsen barang-barang elektronik yang menciptakan alat baru. Selain memang mengikuti perkembangan teknologi, alat canggih juga dapat membantu para ibu-ibu rumah tangga khususnya untuk melakukan kegiatan keseharian.

Sebagai pengatur rumah tangga tidak perlu khawatir untuk kesulitan dalam pembayaran biaya listrik, karena pemerintah telah menciptakan sistem bayar PLN online yang lebih praktis. Bukankah kemunculan semua alat serta sistem yang diberikan semakin membuat orang-orang lebih merasa dimanjakan. Bisa Anda bayangkan sendiri jika semua kegiatan mudah dilakukan dengan alat tenaga listrik dan sistem online.


Mulai dari lampu penerangan, kulkas, televisi, rice cooker, mesin cuci, setrika dan masih banyak lainnya yang menggunakan daya listrik cukup banyak. Tetapi para produsen alat elektronik juga bukan hanya menciptakan alat canggih, mereka juga melengkapi alatnya dengan sistem hemat listrik. Bisa dilihat banyak sekali barang elektronik yang ditawarkan dengan keunggulan pemakaian daya listrik yang sedikit. Dengan begitu masyarakat sebagai konsumen akan lebih banyak tertarik untuk menggunakan karena dapat lebih menghemat biaya. Tetapi mau tidak mau dengan semakin banyaknya alat listrik canggih mengharuskan masyarakat memiliki daya listrik yang cukup.


Mungkin ada beberapa dari masyarakat yang masih menggunakan daya listrik rendah, padahal peralatan dirumah semakin banyak. Dengan begitu Anda dapat melakukan penambahan daya sesuai dengan ketentuan. Penambahan daya dapat dilakukan secara langsung ataupun online, berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, untuk memudahkan prosesnya Anda dapat menghubungi pihak PLN terlebih dahulu, tentunya tanyakan kelengkapan berkas yang perlu disiapkan juga dana yang dibutuhkan.

Kedua, Kumpulkan dokumen seperti surat-surat atau file data diri yang diperlukan.

Sebenarnya secara data yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan saat pengajuan awal penghubungan listrik. Bukan hanya untuk bayar PLN di toko online saja yang dapat dilakukan, untuk hal penambahan daya juga dapat dilakukan secara online. Yang membedakan tentu biaya yang dibutuhkan antara keduanya. Jika Anda tertarik untuk melakukan penambahan secara online, dibawah ini langkahnya:

  1. Sebelumnya Anda harus mengetahui situs resmi milik PLN, kemudian buka situs tersebut.
  2. Setelah Anda membukanya tampilan pada halaman utama akan ada beberapa pilihan. Yang akan Anda lakukan penambahan, jadi pilih pada tulisan penambahan daya.
  3. Kemudian Anda diminta untuk memasukan nomor pelanggan atau ID meter yang terdapat dirumah Anda, tekan next atau enter dan tunggu sampai dengan muncul informasi kelengkapan data diri dan listrik Anda.
  4. Selanjutnya pilih pada ikon penambahan daya, dan isi identitas Anda sesuai dengan kolom yang diminta pada layar. Jika memang identitas Anda telah sesuai dengan data pelanggan bisa langsung mengcopynya.
  5. Lalu lakukan pengisian perubahan daya yang Anda inginkan, dari penambahan maupun penurunan bisa dilakukan dan sesuaikan kebutuhan.
  6. Selanjutnya akan muncul sejumlah angka untuk nominal yang harus dibayarkan, jika akan menurunkan tentunya tidak dikenakan biaya.
  7. Anda yang akan melakukan penambahan harus bersedia untuk diganti dari sistem pasca bayar ke sistem prabayar.
  8. Selanjutnya setelah Anda selesai melakukan pengisian, selang beberapa waktu pihak PLN akan mengirimkan email yang meminta Anda untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut.
  9. Setelah Anda melakukan konfirmasi, selanjutnya Anda akan diberikan kode untuk membayar biaya. Pembayarannya dilakukan ditempat sama seperti melakukan bayar PLN online, misalnya kantor pos, supermarket atau tempat lainnya. Dan setelah pembayaran biaya dilakukan, akan dilakukan penambahan sesuai lokasi diawal.
Nah, gimana? Mudah dan praktis, kan? Jadi kita enggak perlu pusing dan ribet ketika bayar tagihan listrik maupun mau menambah daya.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

3 comments for "Mudahnya Cara Bayar Tagihan Listrik PLN dan Penambahan Daya Secara Online"

  1. Mbak, nambah daya bisa online juga ternyata ya...baru tahu saya. Terima kasih sudah berbagi informasi ya :)

    ReplyDelete
  2. Sekarang bayar apapun akan menjadi sangat mudah dan serba online-online :D

    ReplyDelete
  3. serba praktis y mba er skrg ga perlu ngantri keluar ongkos pulak tgl duduk manis uda bisa bayar

    ReplyDelete