Wednesday, August 16, 2017

Eri Udiyawati

Mudahnya Cara Bayar Tagihan Listrik PLN dan Penambahan Daya Secara Online

Sekarang ini kebutuhan listrik setiap masyarakat akan bertambah banyak apalagi semakin banyaknya produsen barang-barang elektronik yang menciptakan alat baru. Selain memang mengikuti perkembangan teknologi, alat canggih juga dapat membantu para ibu-ibu rumah tangga khususnya untuk melakukan kegiatan keseharian. Sebagai pengatur rumah tangga tidak perlu khawatir untuk kesulitan dalam pembayaran biaya listrik, karena pemerintah telah menciptakan sistem bayar PLN online yang lebih praktis. Bukankah kemunculan semua alat serta sistem yang diberikan semakin membuat orang-orang lebih merasa dimanjakan. Bisa Anda bayangkan sendiri jika semua kegiatan mudah dilakukan dengan alat tenaga listrik dan sistem online.

Mulai dari lampu penerangan, kulkas, televisi, rice cooker, mesin cuci, setrika dan masih banyak lainnya yang menggunakan daya listrik cukup banyak. Tetapi para produsen alat elektronik juga bukan hanya menciptakan alat canggih, mereka juga melengkapi alatnya dengan sistem hemat listrik. Bisa dilihat banyak sekali barang elektronik yang ditawarkan dengan keunggulan pemakaian daya listrik yang sedikit. Dengan begitu masyarakat sebagai konsumen akan lebih banyak tertarik untuk menggunakan karena dapat lebih menghemat biaya. Tetapi mau tidak mau dengan semakin banyaknya alat listrik canggih mengharuskan masyarakat memiliki daya listrik yang cukup.

Mungkin ada beberapa dari masyarakat yang masih menggunakan daya listrik rendah, padahal peralatan dirumah semakin banyak. Dengan begitu Anda dapat melakukan penambahan daya sesuai dengan ketentuan. Penambahan daya dapat dilakukan secara langsung ataupun online, berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, untuk memudahkan prosesnya Anda dapat menghubungi pihak PLN terlebih dahulu, tentunya tanyakan kelengkapan berkas yang perlu disiapkan juga dana yang dibutuhkan.

Kedua, Kumpulkan dokumen seperti surat-surat atau file data diri yang diperlukan.

Sebenarnya secara data yang dibutuhkan kurang lebih sama dengan saat pengajuan awal penghubungan listrik. Bukan hanya untuk bayar PLN di toko online saja yang dapat dilakukan, untuk hal penambahan daya juga dapat dilakukan secara online. Yang membedakan tentu biaya yang dibutuhkan antara keduanya. Jika Anda tertarik untuk melakukan penambahan secara online, dibawah ini langkahnya:

  1. Sebelumnya Anda harus mengetahui situs resmi milik PLN, kemudian buka situs tersebut.
  2. Setelah Anda membukanya tampilan pada halaman utama akan ada beberapa pilihan. Yang akan Anda lakukan penambahan, jadi pilih pada tulisan penambahan daya.
  3. Kemudian Anda diminta untuk memasukan nomor pelanggan atau ID meter yang terdapat dirumah Anda, tekan next atau enter dan tunggu sampai dengan muncul informasi kelengkapan data diri dan listrik Anda.
  4. Selanjutnya pilih pada ikon penambahan daya, dan isi identitas Anda sesuai dengan kolom yang diminta pada layar. Jika memang identitas Anda telah sesuai dengan data pelanggan bisa langsung mengcopynya.
  5. Lalu lakukan pengisian perubahan daya yang Anda inginkan, dari penambahan maupun penurunan bisa dilakukan dan sesuaikan kebutuhan.
  6. Selanjutnya akan muncul sejumlah angka untuk nominal yang harus dibayarkan, jika akan menurunkan tentunya tidak dikenakan biaya.
  7. Anda yang akan melakukan penambahan harus bersedia untuk diganti dari sistem pasca bayar ke sistem prabayar.
  8. Selanjutnya setelah Anda selesai melakukan pengisian, selang beberapa waktu pihak PLN akan mengirimkan email yang meminta Anda untuk melakukan konfirmasi lebih lanjut.
  9. Setelah Anda melakukan konfirmasi, selanjutnya Anda akan diberikan kode untuk membayar biaya. Pembayarannya dilakukan ditempat sama seperti melakukan bayar PLN online, misalnya kantor pos, supermarket atau tempat lainnya. Dan setelah pembayaran biaya dilakukan, akan dilakukan penambahan sesuai lokasi diawal.


Nah, gimana? Mudah dan praktis, kan? Jadi kita enggak perlu pusing dan ribet ketika bayar tagihan listrik maupun mau menambah daya.

Eri Udiyawati

About Eri Udiyawati

Perempuan yang suka menulis dan travelling. Blogger | Writer | Chef of Family | Traveller. contact email : eri.udiyawati@gmail.com

12 comments

Write comments
August 16, 2017 at 10:11 AM delete

Mbak, nambah daya bisa online juga ternyata ya...baru tahu saya. Terima kasih sudah berbagi informasi ya :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
August 16, 2017 at 10:17 AM delete

Iya, Mbak.. saat ini hidup kita semaknin mudah yaaa.. apa apa tinggal klik, sampai nambah daya listrik juga, hihihihi

Reply
avatar
jalan seru
AUTHOR
August 16, 2017 at 4:52 PM delete

Sekarang bayar apapun akan menjadi sangat mudah dan serba online-online :D

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
August 16, 2017 at 6:57 PM delete

IYa, sekarang apa-apa tinggal klik-klik, ihihih

Reply
avatar
August 17, 2017 at 5:15 PM delete

SUPER. SUMPAH baru tau banget bisa permohonan tambah daya secara online! Bener nih era digital memang sangat memudahkan segala sesuatunya

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
August 18, 2017 at 11:41 AM delete

Hahhaa iyaa... hidup kita ini bener-bener dimanjakan, semoga dengan segala kemudahan, kita semakin bahagia.

Reply
avatar
Eny Novi
AUTHOR
August 23, 2017 at 6:40 PM delete

Sekarang semuanya bisa online wewww 😱😂 infonya bermanfaat sekali 😂 saya jadi tau bisa penambahan daya secara online 😂 s

Reply
avatar
andrieoid
AUTHOR
August 26, 2017 at 6:50 AM delete

Semuanya serba online dah, gak mau kalah nih :d

Reply
avatar
September 1, 2017 at 7:28 AM delete

serba praktis y mba er skrg ga perlu ngantri keluar ongkos pulak tgl duduk manis uda bisa bayar

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
September 1, 2017 at 9:15 AM delete

Iya.. Apa-apa saat ini jadi mudah, serba online tinggal.klik klik..

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
September 1, 2017 at 9:16 AM delete

Iya, sampai penambah daya juga pakai online..

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
September 1, 2017 at 9:16 AM delete

Iya, Mbak Herva, tiduran aja klak klik listrik terbayar, hihihi

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)