Untuk Para Pemilik Olshop, Ini Dia Tips Ampuh Jualan Online di Instagram

7:06:00 AM 6 Comments A+ a-

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial favorit untuk jualanonline di internet. Hal ini karena aplikasi ini lebih memprioritaskan foto dan video. Berikut ini beberapa tips ampuh berjualan di Instagram:

1. Buat akun khusus.
Yuk, pada fokus ke Instagram khusus buat jualan

Sebaiknya jika ingin berjualan, pisahkan dari akun pribadi. Selain untuk tujuan melindungi privasi, akun khusus olshop juga akan mempermudah Anda mencari target pasar dan memberi kesan yang menonjol dari olshop sesuai dengan kelebihan dan karakter olshop. Selain itu dengan menggunakan akun khusus, toko lebih mudah dikelola.

2. Cari follower sebanyak-banyaknya.
Setelah membuat akun khusus jualan secara online, kini saatnya Anda untuk menambah jumlah followers. Sebab tanpa followers tentu tidak akan ada yang mengenal akun dan melihat-lihat foto produk Anda. Anda bisa menggunakan cara menambah followers dengan mem-follow pengikut di akun Instagram olshop lain atau yang menjual produk sejenis seperti produk Anda. Lakukanlah following hingga mencapai ratusan setiap harinya sampai ada yang mem-follback Anda. Mulailah berhenti mem-follow jika sudah cukup banyak followers Anda. Misal sudah mencapai angka belasan ribu.

3. Buat foto sebagus-bagusnya.
Foto di Instagram menarik, dijamin panyak yang melirik

Foto-foto dengan kualitas gambar dan editing yang bagus akan membuat orang penasaran dan melihatnya. Jadi poleslah foto-foto yang Anda unggah sebaik-baiknya. Jika perlu, gunakan kamera dengan resolusi yang cukup tinggi seperti kamera DSLR. Namun jika tidak ada, Anda bisa memakai camera digital dengan resolusi kamera di atas 8.0 MP untuk hasil gambar yang jelas dan bisa dipakai auto-focus. Mintalah jasa editor foto untuk memoles foto-foto Anda sedemikian rupa sehingga tampak menarik. Jangan lupa isikan konten berupa deskripsi barang sejelas-jelas mungkin sehingga pembeli tidak banyak bertanya.

4. Gunakan hashtag yang menarik dan upload di jam-jam krusial.
Setelah memoles foto, sekarang saatnya Anda mengunggah (upload) foto-foto tersebut. Gunakan hashtag yang menarik dan populer pada foto-foto Anda untuk memperbesar kemungkinan foto-foto olshop Anda muncul pada laman search. Tak perlu sering-sering mengunggah foto, lakukanlah beberapa kali saja untuk beberapa foto dan lakukan di jam-jam yang krusial atau saat orang-orang sering membuka Instagram seperti di pagi hari, saat jam makan siang dan di sore menjelang petang.

5. Minta bantuan endorser dan beri diskon menarik.

Selain dapat menggunakan cara manual untuk promosi, seperti dengan mengunggah foto-foto terbaik untuk jualan online, Anda juga bisa meminta bantuan para endorser untuk mempromosikan produk-produk Anda. Endorser biasanya adalah para pengguna Instagram yang sudah menjadi selebgram atau yang memiliki ribuan lebih followers. Promosi berupa hadiah cuma-cuma setelah belanja dengan nominal tertentu dan atau diskon/potongan harga di periode tertentu juga cukup ampuh untuk membuat online shop milik Anda menjadi lebih populer.

6 comments

Write comments
June 9, 2017 at 8:58 AM delete

iya ni mba ery ngiler banget liat usaha lewat IG, aku pengen buat usaha online cuman masih belum kuat buat admin-nya karena kan kerja juga hehehe
Nah untuk follower sendiri kan ada jasa jual follower itu beneran kan real account?agak serem juga liat follower mpe puluhan ribu tapi liat yang likenya ga ttl banyak.

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
June 9, 2017 at 10:05 AM delete

Iya, yg follower abal-abal itu juga ngerii..

Haa, sama, Mbak Herva, aku pun belum bisa jualan online karena masih ada kerjaan di kantor

Reply
avatar
Ahmad
AUTHOR
June 21, 2017 at 11:37 PM delete

emang pemasaran di media sosial sangat berarti sekali bagi pemilik olshop ...

Reply
avatar
Limo Label
AUTHOR
June 28, 2017 at 12:03 AM delete

terimakasih, infonya sangat bermanfaat utk jam krusialnya
salam. http://www.limolabel.com/

Reply
avatar
July 12, 2017 at 9:55 PM delete

Salah satu yang bikin saya malas follow akun olshop itu selain penyakit norak berupa follow for unfollow, kalo ngaplot foto langsung 5 biji lebih. Memang nggak semua. Olshop yang elegan pun banyak.

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)