Monday, November 21, 2016

Eri Udiyawati

7 Langkah yang Wajib Dilakukan Agar Resolusi di Tahun Baru Bisa Terwujud

Tak terasa waktu cepat berlalu, meski lambat menguntai sebuah mimpi, kini telah di penghujung akhir tahun. Hanya hitungan beberapa minggu saja, kita akan beranjak ke tahun 2017. Tahun baru tentunya dengan semangat baru. Dan biasanya, banyak orang-orang yang mengkampanyekan resolusi di tahun baru. Ya, tidak terkecuali diriku pribadi. Menggemborkan cita-cita, harapan, keinginan dan mimpi untuk diwujudkan di tahun yang baru.

Kita semua sering kali menyebarluaskan harapan tersebut di media sosial. Jika diperhatikan, harapan semua orang hampir mirip dengan satu sama lainnya, seperti :

  1. Keuangan yang lebih baik
  2. Punya barang mewah/memiliki sesuatu yang diidam-idamkan
  3. Punya usaha sendiri
  4. Memiliki pacar baru/Move On/Menikah
  5. Memiliki bentuk tubuh yang ideal/Cantik/Tampan
  6. Hal lain seperti : naik jabatan bagi yang sudah bekerja, nilai ujian dapat A tanpa menyontek, dan atau diterima di universitas favorit.

Saya dan teman-teman pastinya memiliki resolusi yang ajib di setiap tahun. Tetapi, apakah harapan itu tercapai? Target yang sudah kita pasang sudahkan tepat sasaran? Resolusi itu boleh banyak dan berderet-deret dari ‘A’ hingga ‘Z’. Namun, hal yang terpenting adalah proses dan cara meraih semua hal itu.

Lalu, apa yang mesti kita lakukan agar resolusi itu tercapai? Kalaupun tidak 100% terwujud, setidaknya 75-90% impian kita terpenuhi. Untuk mewujudkan harapan menjadi nyata itu memang tidak mudah. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapakan dan segera melakukan beberap langkah, seperti :

1. Kita Sadar bahwa Kita Memiliki Resolusi di Tahun Baru
Ya, langkah awal adalah kita harus menyadari dan tahu apa yang ingin kita capai di tahun yang akan datang. Bukan hanya sekedar menulis dan merancang seluruh impian tanpa menyadari kemampuannya. Makna dari resolusi itu sendiri perubahan. Dan perubahan yang terbaik adalah mulai dari diri sediri. Perlahan mulai membuang kebiasaan buruk dan digantikan menjadi cara yang baik. Hal ini merupakan langkah dasar dalam mewujudkan resolusi, agar langkah selanjutnya kita tahu dan lebih jelas.
Siap melakukan perubahan?

Dengan menyadari bahwa memiliki resolusi, sama halnya kita memiliki janji pada diri sendiri. Dan janji itu, sudah harus dipenuhi.

So, mulai saat ini sedikit demi sedikit buang kebiasan buruk.

2. Hidup Sederhana dan Hemat
Sederhana dan hemat berbeda dengan pelit ya, teman-teman. Di sini kita dituntut untuk benar-benar mengeluarkan uang atau harta untuk sesuatu yang memang sangat diperlukan, barang-barang yang kalau tidak dipenuhi kita bisa mati atau kehilangan daya. Namun, jangan lupa untuk tetap bersedekah dan berbagi.
Yuk, nabung :)

Dengan pola hidup sederhana dan hemat, kita bisa menabung, hal ini akan berefek baik karena menabung membuat keuangan kita semakin kokoh.

Ada baiknya, sebelum kita mengeluarkan uang untuk berbelanja, kita menge-list terlebih dahulu apa-apa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya ketika sedang berbelanja di toko atau swalayan, fokuslah pada catatan yang kita bawa, jangan lapar mata yang bisa mengiris is dompet.

Ayo, pada jaga mata biar enggak mudah lirik barang ini dan itu (agak susah si buatku) -_-“

3. Mengelola Ego dan Emosi
Ego yang ada di dalam diri kadang menguasi, memudahkan jiwa menjadi cepat emosi dan meletup-letup. Susah menerima pendapat orang lain meski baik dan suka meremehkan orang lain. Sifat-sifat itu sebaiknya dibuang jauh-jauh agar diri ini menjadi pribadi yang lebih baik. Memang tidak mudah, sama halnya dengan diriku ini yang masih sukar dalam mengontrol emosi.
Buang jauh-jauh sifat jelek

Sudah saatnya kita belajar dan berusaha untuk tetap rendah hati, pemaaf dan berjiwa besar. Sifat rendah hati dan mau berteman dengan siapa saja tanpa membedakan kasta, membantu kita dalam menjalin relasi. Kelak kita buka usaha tanpa disadari relasi pertama adalah orang-orang yang kenal kita dengan baik.

4. Olahraga
Mau enggak mau kita mesti jaga kesehatan, hal ini bertujuan agar tubuh tetap sehat dan bugar, serta siap menjalani aktivitas dalam perwujudan resolusi. Selain itu, olah raga membantu menjadikan tubuh ideal menjadi kenyataan. Ini sangat cocok tentunya bagi kita-kita yang ingin menjaga penampilan tetap okay.
Lari pagi juga bagus, kok :)

Dalam melakukan olah raga, juga tidak perlu yang membebani. Cukup luangkan waktu selam dua puluh hingga tiga puluh menit setiap pagi. Lakukan pemanasan, lari kecil dan senam. Selain tubuh ideal, olah raga di pagi hari juga menyehatkan dan pikiran fresh, serta siap menghadapi jadwal yang padat.

5. Membaca Buku
Ada pepatah mengatakan, “Buku adalah Jendela Dunia.” Ya memang benar adanya, dengan membaca pengetahuan kita meluas, memberikan inspirasi dan menambah ilmu. Hal ini tentunya sangat baik agar kita terus menggali ide-ide brilian yang bisa mendorong percepatan dalam meraih mimpi.
Yuk, membaca

Dengan membaca buku, juga bisa mengontrol emosi. Iya, dari pada marah-marah tidak jelas mending baca buku.

6. Berani Mengambil Keputusan
Mau hidup di zona nyaman terus atau tertantang akan sesuatu yang baru? Beranikah mengambil keputusan untuk keluar dari zona nyaman? Dalam hal ini bukan semata-mata tentang dunia bisnis yang berkaitan dengan finance, tetapi bisa juga dengan sebuah hubungan atau hal lainnya.

Yang masih dirundung kesedihan karena galau berkepanjangan, sudah saatnya untuk move on. Lupakan yang menyakiti dan mengecewakan, saatnya bertransformasi dan membuka lembaran baru, kehidupan baru dan berusaha untuk memiliki jalinan kasih sayang yang baru untuk selamnya.

Bagi yang masih berpacaran, mau sampai kapan berpacaran? Jika sudah siap menikah, mampukah untuk mengutarakannya? Kita harus berani mengungkapkan bahwa sudah saatnya untuk ke jenjang yang lebih baik. Memang ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum menikah. Tapi, langkah awal, harus benar-benar membuat si doi mengerti, bahwa saat ini sudah saatnya menikah. Langkah berikutnya, ngomong ke orang tua dong, bahwa kita sudah punya calon, dan yakinkan kepada mereka, bahwa pilihan kita adalah pilihan hati dan Insya Allah tepat.
Yuk, Nikah :D

Selain itu, ditambah juga usaha lain, yaitu bekal buat menikah. Ah, semoga yang mau menikah di tahun 2017 dikabulkan, Aaamiiin.. (termasuk yang nulis ini :D)

Lalu, yang sedang menghadapi ujian, cobalah untuk belajar lebih giat dan rajin. Jangan kebanyakan hangout atau malah berlama-lama di akun media sosial. Sudah saatnya fokus dan konsentrasi, tapi jangan lupa tetap jaga kesehatan. Sesuaikan dengan jadwal belajar dan bermain atau bersantai.

Dan teruntuk yang ingin membuka usaha baru, sebelum mengambil keputusan pergi dari tempat kerja, sudah saatnya untuk survey ke lokasi yang akan dijadikan tempat usaha. Lokasi tersebut ramai orang pada saat jam berapa, rata-rata usia yang melewati tempat tersebut kisaran umur berapa, apa yang sering dicari oleh orang-orang di sekitar lokasi tersebut dan lainnya. Dengan melakukan survey beberapa bulan, maka kita akan tahu usaha apa yang cocok di tempat tersebut. Ini memang melelahkan, belum lagi kita harus fight habis-habisan untuk mempromosikan produk yang kita jual atau jajakan. Gunakan akun media sosial dan lainnya sebagai sarana promosi, dan buat beberapa event agar orang datang dan membeli produk yang kita sediakan.
Fight abis-abisan deh


Dalam pembukaan usaha baru, kita pun dituntut untuk lebih keras dalam merintisnya. Keseimbangan emosi dan hati yang teguh, menjadi kunci utama agar kita tetap kuat dan fokus. Ditambah lagi kita mesti sabar, tabah, semangat, tawakal dan tetap optimis.

7. Berdoa
Setelah segala bentuk perjuangan usaha dilakukan. Kita juga tidak boleh lupa, bahwa diri kita ini merupakan makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Jangan menjadikan diri sebagai makhluk sombong tanpa berdoa. Seberapa besar hasil yang didapatkan dari sesuatu yang diperjuangkan, kita wajib untuk bersyukur dan tak lelah untuk terus berdoa. Selain itu, dengan berdoa, ketika pencapaian kita mendekati sempurna, kita tetap menjadi makhluk yang tetap membumi dan santun meski sedang naik daun.
Anak kecil aja mau bersjud dan berdoa, masak kita enggak?

Nah, itu tujuh langkah yang wajib kita lakukan untuk mewujudkan resolusi di tahun baru. Apa pun harapannya, cita-cita dan impian, takkan terwujud tanpa adanya usaha dan doa. Sudah saatnya kita berbenah diri, memperbaiki diri agar mimpi kita tercapai.

Yuk, mulai lakukan dari sekarang, jangan tunggu berganti tahun.

Dan, perlu diingat juga, ketika resoulsi tak terwujud, jangan putus asa apalagi mengeluh dan hilang semangat. Anggap saja Tuhan sedang menguji dan mengingingkan kita lebih giat lagi dalam usaha dan berdoa.

Semoga bermanfaat dan berhasil ^_^

Eri Udiyawati

About Eri Udiyawati

Perempuan yang suka menulis dan travelling. Blogger | Writer | Chef of Family | Traveller. contact email : eri.udiyawati@gmail.com

16 comments

Write comments
Irly -
AUTHOR
November 21, 2016 at 3:04 PM delete

Waah.. sudah bahas tahun baru aja, terdepan nih! ^^

Ngomongin soal resolusi juga saya sudah punya banyak, semoga bisa terwujud sesuai target dan berkah, untuk Mbak Ery juga. Aamiin ^^

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 21, 2016 at 3:18 PM delete

ini sebenernya permintaan temen, dia mau mengungkapkan isi hatinya buat menikah tapi masih ragu. terus minta dijadikan artikel buat perwujudan resolusi di tahun depan gitu.

yupzz laah, semangat, Mbak Irly, semoga terwujud. Aaamiin.. :)

Reply
avatar
November 22, 2016 at 8:58 AM delete

Berani mengambil keputusan itu termasuk penting ya, Mbak, sehingga resolusi itu segera menjadi kenyataan :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 22, 2016 at 9:16 AM delete

iya, kalau gak berani ambil keputusan ya dalam hidup kita gak ada yang berubah :)

Reply
avatar
Sandra
AUTHOR
November 22, 2016 at 10:25 AM delete

Jadi inget blm punya resolusi untuk tahun depan hahaha.. *anaknya woles banget* eh tapi ada ding... pengen umrom.. insha Allah semoga tahun depan terlaksana & bisa nabung buat naik haji.. amiiin... Thank you mba, tulisannya mengingatkan ku :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 22, 2016 at 11:16 AM delete

Aamiin.. semoga terwujud, Mbak :) cita-cita yang mulia itu. Semoga Allah mengabulkannya :)

Reply
avatar
Ade Putri
AUTHOR
November 22, 2016 at 8:55 PM delete

yang ke enam itu loh resolusi yang semoga bisa tercapai di tahun depan....aamin.

Reply
avatar
November 22, 2016 at 9:53 PM delete

Hai mba. 7 langkah ini emang harus sih dilakukan agar resolusi terwujud :). Suka banget

Reply
avatar
November 23, 2016 at 5:54 AM delete

sudah mbahas resolusi niih. luar biasa. menurut saya, paling pertama dan utama adalah berdoaaa. smg slrh resolusi yg bertujuan baik dilancarkan dan dimudahkan olehNya. atau diganti dengan yg lbh baik. aamiin ��

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 23, 2016 at 5:57 AM delete

Aamiin.. Semoga bisa terlaksana dan terwujud :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 23, 2016 at 5:58 AM delete

Haii juga Mbak Alida, makasih ya, semoga kita semua bisa menjalankannya :)

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 23, 2016 at 5:59 AM delete

Iya, Mbak :)

aaamiin... Insya Allah akan mendapatkan yang terbaik. Keep fight pokoknya deh

Reply
avatar
November 24, 2016 at 12:21 AM delete

Wah...nggak kerasa ya udah mau 2017...time run so fast...

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 24, 2016 at 7:11 AM delete

Iya nih, waktu begitu cepat berlalu..

Reply
avatar
helni
AUTHOR
November 28, 2016 at 10:09 AM delete

olah raga nich yang masih susah nyari celah biar lebih semangat. padahal penting banget ya mbak.

Reply
avatar
Eri Udiyawati
AUTHOR
November 28, 2016 at 12:40 PM delete

Iya, Mbak, saya juga suka kesusahan kalau buat olah raga, hihihi

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)